MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Fakta-fakta Mengejutkan Brad Binder Sang Pencetak Sejarah Baru di MotoGP Ceko 2020

AUG 09, 2020@21:30 WIB | 434 Views

Ajang balap MotoGP Ceko 2020 selain penuh sensasi juga mencatatkan sejarah baru, di mana Rider KTM Red Bull, Brad Binder secara mengejutkan menjadi yang pertama mencapai garis finish di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB. Inilah sejumlah fakta tentang Brad Binder.

Brad Binder yang memulai balapan dari posisi ketujuh dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik dengan penampilan luar biasa berhasil mengambil alih posisi terdepan dari pebalap Reale Avintia, Johann Zarco, yang sempat terkena penalti saat balapan menyisakan sembilan lap lagi. 

Adalah kemenangan perdana bagi Brad Binder dalam karirnya di MotoGP. Di mana pebalap berusia 24 tahun itu musim lalu masih berlaga di ajang Moto2. 

Atas kemenangan ini, pembalap kelahiran Potchefstroom menjadi yang pertama menorehkan sejarah sebagai pembalap Afrika Selatan pertama yang mampu memenangi balapan MotoGP.

Bahkan, berkat Brad Binder menempati posisi pertama podium di GP Ceko membuat lagu kebangsaan Afrika Selatan berkumandang untuk kali pertama di akhir balapan MotoGP. 

Tak hanya itu, Brad Binder pun berhasil menjadikan kemenangan pertama bagi pabrikan asal Austria tersebut di ajang MotoGP. 

Prestasi tersendiri bagi Binder yang mana hanya butuh tiga balapan untuk merebut kemenangan pertama di MotoGP sebagai pembalap rookie. Binder menang atas Franco Morbidelli di MotoGP Ceko 2020 dengan keunggulan 5,266 detik.

Pasalnya, Binder termasuk yang telat masuk ke kelas MotoGP. Sebab, rider berjuluk Bradical itu baru masuk MotoGP musim ini di usia 24. Padahal ia memulai karier Grand Prix dengan tampil di kelas 125cc sudah sejak musim 2011.

Adapun prestasi terbaik Binder adalah merebut gelar juara dunia Moto3 pada musim 2016. Musim lalu Binder menjadi runner-up Moto2 2019 setelah kalah dari Alex Marquez. 

Berdiri di podiom MotoGP merupakan impian Binder sejak usia kanak-anak dan impian tersebut barhasil ia raih di MotoGP Ceko 2020. 

"Jujur saja, saya kehilangan kata-kata. Ini impian saya sejak masih anak-anak, dan hari ini semua jadi nyata. Saya sangat senang. Saya berharap orang tua saya ada di sini, karena mereka mendukung saya sejak awal. Terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya," ujar Binder via MotoGP.com.

Ia mengaku tidak akan bisa cukup mengucapkan terima kasih kepada timnya yang telah mempersiapkan RC16 dengan sangat baik. Binder mengaku sulit memahami bagaimana dirinya bisa menang di atas motor yang baru meraih satu podium sejak 2017 itu.

"Tim mempersiapkan motor yang sungguh 'gila' untuk saya. Saya tak tahu bagaimana kami bisa menang, tapi rasanya sungguh menyenangkan. Saya angkat topi untuk kru saya. Terima kasih juga pada semua orang di rumah yang telah mendukung saya. Semoga ini hanya awal dari banyak kemenangan selanjutnya," ungkapnya. [asl/timBX]

Tags :

#
brad binder,
#
hasil motogp ceko 2020,
#
rider ktm red bull,
#
juara motogp ceko 2020