MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Tidak ada Mediasi - Mclaren Siap Ceraikan Honda

AUG 31, 2017@13:38 WIB | 176 Views

Tim Mclaren Formula 1 hanya tinggal menunggu ketok palu untuk memastikan bercerai dengan Honda sebagai pasokan mesin utama yang digendongnya. Kabar ini sekaligus mewujudkan keinginan pebalapnya Fernando Alonso untuk menggunakan mesin baru pada musim 2018 mendatang.

Menyusul ketidakpastian tentang performa mesin Honda terhadap Mclaren selama beberapa bulan terakhir ini membuat Mclaren mencari pendamping baru untuk menyusun rencana masa depan untuk musim 2018. Sebelumnya, Ilmor sebagai alih daya bantuan untuk mesin Honda tidak cukup meyakinkan Mclaren akan performa mesin dari pabrikan Jepang tersebut.

Dengan makin sempitnya waktu untuk merencanakan masa depan yang akan diambil oleh tim Mclaren dan juga tekanan yang datang dari Fernando Alonso yang diklaim bakal hengkang bila masih bermitra dengan Honda. Dan Mclaren sepertinya lebih baik kehilangan mitranya dibanding kehilangan pebalapnya. Dalam upaya tersebut Mclaren sepertinya sudah siap untuk menghentikan era Honda di Formula 1 bersama Mclaren. Dan kabar tersirat bahwa Renault siap menjadi pacar baru untuk Mclaren.

Namun ada bocoran skenario yang dibuat Mclaren untuk menjaga Honda tetap di ranah balap Formula 1 dan sekaligus mengambil alih Renault dari Toro Rosso. Berikut scenario yang didapat: cara paling mudah bagi McLaren untuk mencapai hal ini, adalah meyakinkan ikatan antara Honda dengan Toro Rosso untuk 2018 dan seterusnya.

Ini akan membebaskan Toro Rosso dengan perjanjian suplai mesin Renault. Sehingga bisa dengan mudah dialihkan ke McLaren. Pindahnya Toro Rosso ke Honda merupakan hal paling masuk akal dan akan memberikan tambahan finansial bagi tim berbasis Faenza ini, dan menjaga Honda tetap di F1 dan menolong perbaikan performa McLaren di masa depan.

Pembicaraan atas skenario ini telah mencapai tahapan kritis dan terus dilakukan. Walau sempat dikabarkan skenario ini masih dalam pertimbangan antara kedua belah pihak. Namun baik Toro Rosso dan Honda menyangkal adanya pembicaraan resmi seperti ini. Akan tetapi, sumber lain menyebutkan kalau Honda tidak ingin beralih ke Toro Rosso. Tidak mau pisah dengan McLaren.

Ini berarti tidak akan terjadi titik temu antara Honda dan McLaren. Karena kedua pihak sepertinya tidak mau berunding lebih lanjut demi mendapatkan kesimpulan. [yus/timBX]

Tags :

#
mclaren,
#
formula 1,
#
f1,
#
blackauto,
#
autonews