MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Statistik Menarik Lewis Hamilton Dalam Memenangkan Grand Prix F1 ke-100

OCT 10, 2021@15:00 WIB | 144 Views

Lewis Hamilton mencapai tonggak sejarah Formula 1 beberapa waktu lalu saat meraih kemenangan ke-100.

Di sini, kita akan melihat statistik kunci dari perjalanan Lewis Hamilton tanpa henti selama 15 tahun berkarir di Formula 1 dan mencetak berbagai rekor.

100 Kemenangan Lewis Hamilton Berdasarkan Musim Dan Tim

Lewis Hamilton telah memenangkan balapan di setiap musim Formula 1 selama 15 tahun, suatu prestasi yang tidak pernah dicapai oleh driver lain.

Sebagian besar kemenangan itu datang setelah bergabung dengan Mercedes dari McLaren pada 2013, dan terutama pada era hybrid baru F1 pada musim berikutnya. Sejak 2014, Hamilton telah memenangkan 78 dari 153 balapan. Dia juga hanya gagal meraih kemenangan dua digit pada tahun 2017 ketika Sebastian Vettel dan Ferrari melakukan pertarungan gelar yang lebih baik melawan dia dan Mercedes.

Baca juga: F1: Lewis Hamilton Ingin Mobil Mercedes Kembali Berwarna Silver

Rekor Kemenangan dan Persentase Kemenangan Lewis Hamilton

91 kemenangan milik Michael Schumacher sudah lama dianggap tidak mungkin tercapai. Bagaimanapun, itu setelah mengalahkan rekor 50 kemenangan milik Ayrton Senna.

Tapi Lewis Hamilton dengan cepat mencapai rekor itu bersama Mercedes dan kemudian memecahkannya di GP Portugal tahun lalu, tepat sebelum dia menyamai rekor Schumacher dengan gelar ketujuh. Satu hal yang pasti, Hamilton telah menjadi tonggak tertinggi. Sebagai referensi, saingan gelar saat ini yaitu Max Verstappen memiliki 83 kemenangan lebih sedikit daripada dia.

Trek yang Paling ‘Menguntungkan’ Lewis Hamilton

Sirkuit Montreal (Kanada) telah lama menjadi favorit Lewis Hamilton, dan memang di sanalah dia mengklaim kemenangan pertamanya pada tahun 2007.

Namun karena absen secara paksa dari kalender dalam dua musim terakhir, Hamilton telah meraih dua kemenangan masing-masing di sirkuit Hungaria dan Inggris, menjadi yang terbaik di Hungaroring dan Silverstone.

Baca juga: F1: Lewis Hamilton Cetak Kemenangan ke-100 di Formula 1

Kemenangan Dari Posisi Grid

Lewis Hamilton memiliki 101 pole position sehingga tidak mengherankan jika mayoritas dari 100 kemenangannya berasal dari slot grid paling disukai di F1, sementara 86 di antaranya datang dari barisan depan.

Hamilton tidak menang dari posisi lebih rendah dari urutan keempat di grid hingga 2017, sementara comeback terbesarnya untuk meraih kemenangan datang satu musim kemudian di Grand Prix F1 Jerman, ketika dia menghadapi kondisi trek basah. Menariknya, kemenangan di Sochi - di mana dia memulai dari posisi keempat - adalah keenam kalinya dia menang dari posisi lebih rendah dari tiga besar.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
formula 1 2021,
#
lewis hamilton,
#
kemenangan lewis hamilton