MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Regulasi Mesin Formula 1 2021 di Sambut Pertentangan

NOV 07, 2017@21:30 WIB | 237 Views

Rencana perubahan regulasi mesin F1 pada 2021 kini sudah menghasilkan detail-detail rencana mesin terbaru F1 di 2021, namun banyak yang menganggap ini adalah sebuah harapan bahwa ajang 'jet darat' bisa kembali ke masa keemasan mereka.

Tapi mengapa, konsep mesin yang lebih sederhana, lebih murah, dan lebih bising, justru disambut pertentangan dari pabrikan mesin seperti Mercedes dan Renault? Ferrari bahkan satu langkah lebih ekstrem dengan mengancam akan keluar dari Formula 1.

Renault dan Mercedes tentunya menjadi pihak yang memiliki pemahaman tinggi soal pengembangan mesin dengan regulasi yang saat ini berlaku. Menurut mereka, regulasi mesin 2021 akan menuntut perubahan yang tidak kecil. Jadi bisa dibilang, mereka harus memulai dari awal untuk mengembangkan unit mesin 2021.

Konsep V6 turbo yang dipertahankan untuk 2021, seolah-olah memberikan ilusi bahwa pengembangan mesin tidak akan jauh berbeda dari yang ada saat ini. Tapi Renault dan Mercedes tidak setuju dengan anggapan tersebut. Meski mengaku telah belajar banyak soal teknologi hibrida, mereka menilai pengembangan mesin 2021 tetap saja harus dilakukan dengan "kertas kosong".

Efisiensi panas dan proses pembakaran yang rumit, telah menjadi pokok dari era hibrida. Tapi hal tersebut akan semakin rumit, karena regulasi baru menaikkan karakteristik aliran bahan bakar dan profil batas rev. Sementara hilangnya MGU-H juga menuntut pemikiran ulang soal ukuran dan ruang performa turbocharger. Begitu juga dengan MGU-K yang akan kembali ke konsep kendali manual.

Para penyuplai mesin yang saat ini terlibat di F1 merasa bahwa regulasi ini sengaja dirancang untuk mengundang minat dari pabrikan mesin luar. Ini dianggap tidak adil karena mereka harus menjalankan dua program mesin secara berbarengan dalam tiga tahun ke depan. Sementara calon penyuplai mesin baru bisa fokus sepenuhnya pada regulasi 2021.

Sebagai solusi untuk memudahkan transisi ke regulasi baru, aturan pembatasan aliran dan jumlah bahan bakar akan dilonggarkan. Kedua poin tersebut juga menjadi halangan terbesar bagi para pabrikan baru yang ingin bergabung. [yus/timBX]

Tags :

#
formula 1,
#
blackauto,
#
autonews