MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Proyek Besar! Madrid Bakal Bangun Sirkuit Baru untuk Formula 1

FEB 21, 2021@17:00 WIB | 95 Views

Sebuah proyek untuk membangun sirkuit berkecepatan tinggi di kotamadya Madrid, Morata de Tajuña, akan dimulai dan Formula 1 adalah tujuannya.

Morata de Tajuña, Madrid, rumah bagi sekitar 7.500 orang, telah dipilih oleh promotor Stream Motor Fire sebagai lokasi di mana sirkuit yang didanai swasta akan dibangun dengan tujuan membawa kembali Formula 1 dan MotoGP ke ibu kota Spanyol tersebut.

Formula 1 terakhir kali ada di Madrid pada tahun 1981 ketika Gilles Villeneuve memenangkan Grand Prix Spanyol untuk tim Ferrari di Jarama. Sejak itu, Grand Prix Spanyol digelar di Jerez dan Barcelona, ​​sedangkan Grand Prix Eropa digelar di sirkuit jalanan Valencia antara 2008 dan 2012.

Beberapa awak media luar negeri melaporkan bahwa 60 hektar lahan, yang terdiri dari tambang tua, telah dibeli oleh pengembang untuk proyek tersebut. “Sirkuit itu akan memiliki panjang 4,5 kilometer, dengan garis finish 650 meter, enam tikungan ke kanan dan tujuh ke kiri dan lebar maksimum 20 meter (14 di garis finish lurus),” menurut laporan tersebut.

“Desain awal mencakup kurva lebar pertama ke kanan, dengan akses dari pit ke dalam,sektor pertama dengan beberapa jalur cepat dan perubahan arah dan kemiringan, kemudian sektor kedua dengan beberapa pengereman berat dan itu juga akan mencakup kurva lima sudut dari mana mobil akan keluar dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam dan finish di garis lurus sepanjang 850 meter."

Angel Sánchez, walikota Morata de Tajuña, mengatakan: “Lima tahun lalu, promotor menghubungi kami karena mereka mencari lokasi untuk membangun speedway. Kami melihat itu adalah proyek yang menarik yang dapat menggerakkan perekonomian daerah tersebut.

"Dewan Olahraga Komunitas Madrid dan balap motor Spanyol serta federasi sepeda motor mendukung proyek ini."

Sirkuit tersebut akan siap digunakan dalam waktu tiga tahun di bawah rencana, dengan harapan Formula 1 dan MotoGP bisa digelar waktu lima tahun. “Sejak awal, kami mencoba memastikan bahwa ini bukan orang yang datang ke sini untuk berspekulasi dengan tanah itu,” tambah Sánchez.

“Padahal dalam klausul jual beli tanah itu termasuk untuk peruntukannya dan dalam lima tahun setelah mendapat izin, semuanya harus diselesaikan. Jika dalam 10 tahun mereka berhenti mengejarnya, tanah itu akan dikembalikan ke dewan kota. Kami menginginkan proyek untuk kota itu."

Manuel Aviñó yang menjabat sebagai presiden Federasi Olahraga Motor Kerajaan Spanyol, menambahkan: “Ini adalah proyek yang sangat kami sukai. Saya pikir itu bagus untuk dunia motorsport. Spanyol adalah negara terdepan dalam hal infrastruktur motorsport dan kemungkinan sirkuit seperti ini akan lebih menonjolkan merek Spanyol di kota legendaris seperti Madrid.

“Kami bersemangat dan berharap bahwa proyek ini akan terus berjalan, karena ini akan sangat membantu untuk motorsport di berbagai kejuaraan. Dari sini, kami akan siap membantu organisasi yang memajukannya dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kami akan melihatnya dibangun.

“Saya yakin akan ada minat lokal dan internasional karena akan menarik bagi tim dan individu.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
sirkuit baru madrid,
#
f1 2021,
#
formula 1 2021