MENU
icon label
image label
blacklogo

Protes Mercedes Gagal, Max Verstappen Jadi Juara Dunia F1 2021

DEC 13, 2021@10:00 WIB | 272 Views

Max Verstappen telah dikonfirmasi sebagai juara dunia F1 2021 setelah dua protes Mercedes di Grand Prix Abu Dhabi ditolak oleh FIA.

Keputusan pertama diumumkan terkait tuduhan menyalip Lewis Hamilton di bawah Safety Car, sedangkan yang kedua menyangkut prosedur di mana lampu berubah menjadi hijau untuk satu lap terakhir, di mana Verstappen menyalip driver Inggris itu untuk mencetak kemenangan balapan dan gelar pertamanya.

Mercedes menentang klasifikasi balapan setelah mereka merasa FIA telah melanggar Pasal 48.12 dari peraturan mereka dengan hanya mengizinkan mobil-mobil pilihan untuk menyalip Safety Car, alih-alih semuanya seperti yang ditentukan dalam aturan. Verstappen memenangkan balapan di Abu Dhabi setelah menyalip Hamilton secara dramatis di lap terakhir, dengan mobil yang memisahkan dia dan pesaingnya diizinkan melewati Safety Car.

Itu memungkinkan satu lap balap lagi dan driver Red Bull itu menyalip Hamilton untuk merebut gelar juara dunia pertamanya, namun FIA menyelidiki kedua masalah tersebut setelah protes Mercedes.

Bagian yang relevan dari Pasal 48.12 berbunyi: “Jika petugas menganggap aman untuk melakukannya, dan pesan “MOBIL LAPPED MUNGKIN DIIZINKAN UNTUK OVERTAKE” telah dikirim ke semua kontestan melalui sistem pesan resmi, setiap mobil yang telah disalip oleh leader akan diharuskan melewati mobil pada lead lap dan Safety Car.

“Ini hanya akan berlaku untuk mobil yang melakukan putaran pada saat mereka melintasi garis di akhir putaran di mana mereka melewati garis Safety Car pertama untuk kedua kalinya setelah Safety Car dikerahkan. Kecuali jika petugas lintasan menganggap kehadiran Safety Car masih diperlukan, setelah mobil lap terakhir melewati yang terdepan, Safety Car akan kembali ke pit di akhir lap berikutnya.” [dhe/zzz/timBX]

Tags :

#
max verstappen,
#
formula 1,
#
f1 2021,
#
f1