MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Promotor Grand Prix China Ingin Tunda Jadwal Pada 2021?

JAN 10, 2021@16:00 WIB | 251 Views

Grand Prix China akan menjadi balapan Formula 1 kedua yang ditunda pada 2021 karena promotor mengupayakan perubahan tanggal menjadi akhir tahun ini.

Balapan tahun lalu di Shanghai adalah yang pertama dibatalkan setelah merebaknya pandemi Covid-19, dengan 12 balapan lainnya terpaksa dibatalkan pada musim 2020.

F1 meluncurkan kalender yang lebih umum untuk 2021 pada November lalu, mendaftar 23 balapan, tetapi sudah diatur untuk menunda pembuka musim yang direncanakan di Australia karena pandemi yang sedang berlangsung dan pembatasan global yang berlaku.

Keraguan mulai muncul atas kelayakan perlombaan yang direncanakan di China pada 11 April, tetapi promotor perlombaan sekarang telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengupayakan penundaan hingga akhir tahun ini.

"Kami telah melakukan kontak (dengan F1) melalui telepon konferensi hampir setiap minggu", Yibin Yang (manajer umum promotor balapan Juss Event) mengatakan kepada media lokal.

"Meskipun kalender telah ditetapkan seperti biasa, saya pikir sangat tidak pasti balapan F1 akan berlangsung pada paruh pertama tahun ini, pada bulan April.

"Kami bertujuan untuk menukarnya ke paruh kedua tahun ini, dan kami telah secara resmi mengajukan permintaan yang kami harap dapat dipindahkan ke paruh kedua tahun ini."

Penundaan balapan akan membuka slot bebas kedua pada bulan April, bersama dengan tanggal 25 April yang awalnya ditujukan untuk balapan Vietnam yang sekarang ditinggalkan.

Dapat dipahami bahwa Portimao dan Imola - sirkuit tuan rumah pada jadwal 2020 yang mengalami revisi - akan mengisi celah ini, karena keduanya bersaing untuk menggantikan Vietnam dan memulai musim Eropa.

Beberapa media pun memahami rencana saat ini untuk Portimao menjadi tuan rumah Grand Prix Portugal pada 11 April, menggantikan China, sementara Imola akan menggelar balapan pada 25 April di tempat Vietnam.

Penjadwalan ulang Grand Prix China hanya akan menambah tantangan yang dihadapi F1 di paruh kedua tahun ini, dengan Australia juga akan mencari slot tanggal yang direvisi.

Saat ini hanya ada empat akhir pekan bebas antara akhir liburan musim panas dan putaran final musim Abu Dhabi pada 5 Desember, yang berarti menyesuaikan kembali Australia dan China akan membutuhkan sejumlah perubahan.

“Formula 1 telah menetapkan 23 kalender balapan untuk 2021 dan kami sepenuhnya berharap untuk mewujudkan rencana itu,” kata juru bicara F1 saat dihubungi oleh awak media.

"Kami membuktikan pada 2020 bahwa kami dapat kembali balapan dengan selamat dan memiliki rencana serta prosedur untuk melakukannya lagi dan berharap untuk memulai musim kami pada Maret." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Kemungkinan revisi kalender F1 2021

- 28 Maret – Grand Prix Bahrain

- 11 April – Grand Prix Portugal

- 25 April – Grand Prix Emilia Romagna

- 9 Mei – Grand Prix Spanyol

- 23 Mei – Grand Prix Monaco

- 6 Juni – Grand Prix Azerbaijan

- 13 Juni – Grand Prix Kanada

- 27 Juni – Grand Prix Prancis

- 4 Juli – Grand Prix Austria

- 18 Juli – Grand Prix Inggris

- 1 Agustus – Grand Prix Hungaria

- 29 Agustus – Grand Prix Belgia

- 5 September – Grand Prix Belanda

- 12 September – Grand Prix Italia

- 26 September – Grand Prix Rusia

- 3 Oktober – Grand Prix Singapura

- 10 Oktober – Grand Prix Jepang

- 24 Oktober – Grand Prix Amerika Serikat

- 31 Oktober – Grand Prix Mexico City

- 14 November – Grand Prix Sao Paulo

- 28 November – Grand Prix Arab Saudi

- 5 Desember – Grand Prix Abu Dhabi

- TBC – Grand Prix Australia

- TBC – Grand Prix China

Tags :

#
promotor grand prix china,
#
f1 2021,
#
formula 1 2021,
#
grand prix china