MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Porcshe Makin Komit dengan Formula 1

SEP 06, 2017@19:00 WIB | 186 Views

Porsche, pabrikan mobil asal Stuttgart, Jerman tersebut baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mereka sangat mempertimbangkan dengan serius untuk bisa kembali ke arena balap Formula 1 sebagai pemasok mesin utama.

Sebelumnya saat balapan di Monza, Italia. Lutz Meschke selaku dewan direksi keuangan dan TI Porsche mengadakan pertemuan dengan Ross Brown dan pimpinan Formula 1 lainnya. Sejak 1991 Porsche memutus hubungan dengan F1 sejak adanya keretakan hubungan dengan Footwork, meski begitu Porsche memiliki keterlibatan komersil secara tidak langsung dengan menyelenggarakan Porsche Supercup sebagai program pendukung F1.

Untuk kembali ke ranah balap Formula 1 bagi Porsche sepertinya sudah terbuka lebar disebabkan Porsche sudah menghentikan proyek LMP1 pada akhir musim ini. Porsche menganggap proyek tersebut adalah proyek yang tidak membuahkan hasil yang maksimal dan pengeluaran dari proyek tersebut sangat setara apa bila Porsche masuk ke balap Formula 1.

Porsche pun telah menyatakan komitmennya bergabung dengan Formula E mulai musim 2019/2020. Juga mengirim perwakilan guna menghadiri pertemuan membahas regulasi mesin F1 2021. “Mungkin F1 adalah tempat yang tepat,” ucap Meschke “Seperti Anda pahami, Formula E sangatlah penting bagi kami saat ini. Dan F1 selalu merupakan topik menarik untuk didiskusikan. Saya pikir kami berada dalam diskusi produktif mengenai mesin baru.”

Ketika ditanya apakah rencana saat ini dengan mesin V6 twin-turbo mampu memikat Porsche ke F1, ia menyatakan: “Tentu saja. Kita harus menekan biaya di F1. Dan [regulasi] ini adalah cara bagus untuk mencapainya.”

Meschke juga mengonformasi bahwa “muncul diskusi sebagai penyuplai,” dan tidak ada rencana hadir sebagai tim pabrikan. Dan sudah tercium beberapa calon partnernya  adalah Williams yang menjalin hubungan teknis dengan Porsche sebelum menjual divisi Hybrid Power. Atau Red Bull yang memiliki hubungan erat dengan VW Group. McLaren juga memiliki sejarah panjang dengan Porsche melalui kolaborasi TAG turbo pada 1983 – 1987. Tetapi saat ini merupakan kompetitor di pasar sportscar. [yus/timBX]

Tags :

#
porsche,
#
blackauto,
#
autonews,
#
formula 1