MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Panthera Team Asia Targetkan Slot F1 di Tahun 2022

MAY 09, 2020@13:00 WIB | 325 Views

Panthera Team Asia masih bertujuan untuk berada di grid Formula 1 pada tahun 2022 ketika peraturan dengan kategori baru mulai diberlakukan.

Operasi yang didukung Asia dengan basis di Inggris menyatakan niatnya untuk menjadi peserta baru F1 pada akhir musim panas lalu. Harapannya untuk bergabung dengan kejuaraan dunia pada tahun 2021, ketika aturan baru yang semula akan dimulai, digagalkan oleh pengumuman direktur pelaksana F1 Ross Brawn pada Agustus tahun lalu bahwa calon pendatang harus menunggu paling lambat tahun 2022.

Ketua Panthera Team Asia Benjamin Durand mengatakan bahwa keterlambatan ini dan krisis kesehatan dunia tidak akan mengakhiri upaya organisasi untuk masuk ke ajang Formula 1.

"Sudah cukup dengan pasang surut, tapi kami masih hidup dan proyeknya belum selesai," katanya. "Kami sudah mengincar tahun 2022 sebelum krisis saat ini melanda dan kami masih mencari jalan masuk.

"Kami memiliki sekelompok orang yang mengerjakan mobil, melakukan pekerjaan pendahuluan di sisi aero, dan terus bekerja dengan investor."

Durand, yang sebelumnya menjalankan tim Racing SMP yang berbasis di Rusia, menekankan bahwa ketidakpastian masa depan F1 berarti rencana Panthera tetap memungkinkan.

"Kami menunggu untuk melihat apa yang terjadi dengan F1 sebelum kami mengatakan lebih banyak," katanya. "Orang-orang berbicara tentang kemungkinan bisa membeli mobil dari tim lain, jadi kita harus menunggu dan melihat apa yang terjadi."

Durand mengungkapkan bahwa Panthera memiliki dasar kesepakatan untuk penyediaan mesin dan bagian lain dengan produsen pada awal tahun ini sebelum pandemi Covid-19.

Jika tim dapat menyusun proyek secara lengkap, itu bisa menjadi keuntungan dari batas biaya baru F1 yang akan mulai berlaku musim depan. Tetapi pihak F1 masih belum mengadakan pembicaraan formal dengan calon tim terkait bergabung dengan grid untuk musim 2022.

F1 mengatakan pada Oktober lalu bahwa ‘tidak ada diskusi serius dengan orang atau perusahaan tentang masuknya tim baru’ menyusul minat dari Panthera dan tim Spanyol Campos Racing. Setiap calon tim baru harus melalui proses tender yang diawasi oleh FIA jika mereka ingin bergabung dengan grid.

Sebuah tender yang mengundang aplikasi untuk tim baru F1 terakhir dikeluarkan pada 2015, tetapi dua proposal yang diterima tidak dianggap memenuhi kriteria sesuai persyaratan FIA. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
slot f1 2022,
#
panthera team asia,
#
ross brawn,
#
benjamin durand