MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Massa Akan Pensiun Dari Formula 1

NOV 06, 2017@11:33 WIB | 145 Views

Felipe Massa mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari Formula 1 pada akhir 2017 ini, mengakhiri 15 tahun karir dalam olahraga tersebut, yang menghasilkan 11 kemenangan dan posisi runner-up di tahun 2008. Massa sebenarnya sudah mengungkapkan keinginannya itu pada Grand Prix Italia tahun lalu bahwa ia akan meninggalkan F1 pada akhir 2016, dan menerima tanda perpisahan yang emosional di dua babak final di Brasil dan Abu Dhabi.

Namun, setelah Nico Rosberg menyatakan pensiun setelah meraih Juara Dunia, dan Valtteri Bottas pindah dari Williams ke Mercedes, membuat kekosongan di tim Inggris tersebut. Williams merayu Massa untuk tidak pensiun dulu dan dia akhirnya menjadi bagian dari tim untuk tahun 2017, di samping pebalap rookie, Lance Stroll, dan memberi isyarat niatnya untuk bertahan di tahun 2018.

Meski begitu, Williams mulai mengeksplorasi pebalap lain, termasuk mengevaluasi Robert Kubica, dan prospek Massa yang tersisa bersama tim menjadi semakin tipis. Pada hari Sabtu, menjelang Grand Prix di Brasil, Massa mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari F1 setelah putaran final di Abu Dhabi.

"Seperti semua orang tahu, setelah mengumumkan pensiun dari Formula 1 tahun lalu, saya setuju untuk kembali musim ini untuk membantu Williams saat telepon dari mereka datang," kata Massa yang kini berusia 36 tahun. "Saya sekarang menikmati empat tahun bersama tim, tapi karir saya di Formula 1 pada akhirnya akan berakhir musim ini.

"Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang yang telah mendukung saya selama ini: istri dan ayah saya, seluruh keluarga saya, manajer saya Nicolas [Todt] dan semua teman, rekan kerja dan sponsor saya.

"Saya juga ingin terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua penggemar yang telah sangat mendukung selama ini." Saya membawa begitu banyak kenangan indah saat mempersiapkan dua balapan terakhir saya di Brasil dan Abu Dhabi, dan meskipun akan menjadi balapan yang emosional, saya menanti-nantikan untuk mendapatkan prestasi tinggi dan mempersiapkan sebuah babak baru dalam karir saya. "

Massa bergabung dengan Formula 1 pada tahun 2002 bersama Sauber dan berkompetisi untuk tim tersebut kembali di tahun 2004/05, setelah menghabiskan satu tahun sebagai pebalap penguji dengan Ferrari. Massa menjadi pebalap Ferrari untuk tahun 2006 dan merebut kemenangan pertamanya di Turki, sebelum bersaing memperebutkan gelar di tahun 2007 dan 2008, yang secara terkenal kehilangan angka dari Lewis Hamilton di GP final yang dramatis di kandang sendiri.

Sebuah cedera kepala serius memupuskan kesempatannya untuk tampil di musim 2009 namun ia kembali beraksi di tahun 2010, meski sering menjadi pebalap kedua bagi Fernando Alonso, sebelum pindah ke Williams untuk tahun 2014. Prestasi Massa cukup bagus, telah meraih 11 kemenangan, 16 posisi pole dan 41 podium dari 270 Grand Prix yang dijalaninya. [bil/timBX]

Tags :

#
formula 1,
#
blackauto,
#
autonews