MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Lewis Hamilton Menjadi Pebalap Tercepat dalam Sesi FP2

OCT 07, 2017@13:00 WIB | 182 Views

Dalam guyuran hujan yang mengakibatkan kondisi lintasan sirkuit Suzuka yang sangat basah, Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton kini menjadi yang tercepat di sesi FP2 Formula 1 GP Jepang meski hanya ada lima pebalap yang mencetak waktu.

Hujan yang sudah turun sejak akhir FP1 mengguyur deras sirkuit Suzuka saat FP2 dijadwalkan dimulai. Tapi karena kondisi lintasan yang masih terlalu basah, sesi latihan kedua harus ditunda cukup lama. Bernd Maylander, pengemudi Safety Car FIA terlihat beberapa kali mengitari Suzuka untuk memeriksa kondisi lintasan. Sementara beberapa tim berusaha memberikan hiburan dengan membuat perahu kertas.

Sementara itu dalam sisa waktu 45 menit. Kimi Raikkonen menjadi pebalap pertama yang turun ke lintasan dalam kondisi sangat basah dan menantang. Pembalap Finlandia itu kemudian iikuti duo pembalap Renault, Nico Hulkenberg dan Jolyon Palmer.

Sedangkan duo pebalap Force India yang membukukan waktu pertama di FP2. Sergio Perez mencetak waktu 1 menit 51,345 detik. Sementara rekan setimnya, Esteban Ocon, bisa melaju 1,827 detik lebih cepat untuk naik ke posisi teratas meski sempat tergelincir di tikungan pertama.

Pemuncak klasemen Lewis Hamilton kemudian menggeser Ocon di posisi teratas setelah meraih waktu 1 menit 48,719 detik. Lance Stroll nyaris menabrak dinding pembatas setelah tergelincir akibat genangan air yang menggenang sebagian tikungan pertama – serupa seperti yang dialami Ocon. Pebalap Kanada itu sempat melebar ke jebakan kerikil sebelum kembali bergabung ke lintasan. "Saya mengalami aquaplanning." lapornya di radio tim.

Sisa delapan menit, Hamilton kembali keluar dari garasi Mercedes untuk turun ke lintasan meski kondisi cuaca tidak kunjung membaik. Tapi ia tidak mencetak waktu dan langsung kembali masuk ke pit. Fernando Alonso juga sempat menjajal lintasan basah Suzuka sebelum dipanggil kembali oleh McLaren. "Ya kita telah mendapat data yang diperlukan, bawa mobil kembali secara hati-hati," ujar teknisi balap McLaren kepada Alonso.

Hingga bendera finis dikibaskan, raihan Hamilton bertahan di posisi teratas meski hanya ada lima pebalap yang mencetak waktu di FP2. [yus/timBX]

Tags :

#
lewis hamilton,
#
blackauto,
#
autonews