MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Jadwal dan Pratinjau Grand Prix F1 Emilia Romagna 2021

APR 14, 2021@17:00 WIB | 253 Views

Setelah jeda tiga minggu, kejuaraan dunia Formula 1 musim 2021 dilanjutkan dengan putaran kedua di sirkuit Imola untuk Grand Prix Emilia Romagna. Menyusul balapan pembuka di Bahrain, paddock F1 telah kembali ke Eropa untuk menggulirkan kompetisi di Imola.

Lewis Hamilton memimpin klasemen kejuaraan pembalap F1 berkat kemenangan dramatis di Grand Prix Bahrain, setelah Max Verstappen mengembalikan keunggulan pada tahap penutupan karena dinilai telah menyalip pembalap Mercedes itu dengan cara keluar lintasan.

Tapi dengan Red Bull memiliki mobil yang lebih cepat awal musim ini, pembalap asal Belanda itu menuju ke Imola sebagai favorit melawan duo Mercedes (Hamilton dan Bottas).

Semua mata juga akan tertuju pada Sergio Perez setelah menjalani debut bersama Red Bull di Bahrain. Setelah kehilangan Q3, pembalap Meksiko itu mengalami masalah kelistrikan dengan Red Bull-nya sehingga dia harus memulai balapan dari pitlane. Pembalap Meksiko itu benar-benar memulihkan situasidengan solid untuk menempati posisi kelima, tetapi dia akan berjuang untuk mencetak podium di Imola.

Di belakang dua tim teratas, lini tengah F1 terlihat semakin kompetitif, dengan McLaren mengambil keuntungan lebih awal berkat Lando Norris yang mengamankan posisi keempat di Bahrain dengan Daniel Ricciardo di posisi ketujuh meski mengalami kerusakan lantai dalam bentrokan dengan Pierre Gasly (AlphaTauri).

Mengingat tata letak trek Imola yang ketat dan berkecepatan tinggi, kualifikasi akan menjadi penting pada hari Sabtu bersama dengan strategi balapan pada hari Minggu.

Apakah yang dimaksud Grand Prix F1 Emilia Romagna?

Mengikuti tren yang dimulai karena revisi kalender F1 2020, nama balapan baru dan asing digunakan sebagai bagian dari double-header di sirkuit yang sama atau balapan menggunakan nama baru karena judul balapan nasional sudah digunakan atau tidak tersedia.

Dengan balapan yang berbeda tidak diperbolehkan menggunakan nama yang sama di musim kejuaraan dunia F1 yang sama, dan Grand Prix Italia dikonfirmasi di Monza akhir tahun ini, putaran Imola telah kembali ke nama balapan baru yang diadopsi tahun lalu - Grand Prix Emilia Romagna - yang dinamai sesuai letak area sirkuit.

Balapan F1 sebelumnya yang diadakan di Imola disebut Grand Prix San Marino (1981-2006), sedangkan Grand Prix Italia berlangsung di Imola pada 1980 ketika Monza direnovasi besar-besaran.

Mengapa balapan Formula 1 di Imola?

Dengan pandemi Covid-19 mengganggu kalender motorsport, awal musim F1 2021 telah dibentuk kembali setelah Grand Prix Australia ditunda hingga November dan Grand Prix China dibatalkan untuk tahun ini. Alhasil, seperti musim lalu, Imola masuk sebagai pengganti bersama Grand Prix Portugal yang memakan waktu beberapa pekan.

Kalender F1 2021 kembali ke jadwal yang akrab dengan Grand Prix Spanyol dan Grand Prix Monaco yang berlangsung pada bulan Mei.

Prakiraan cuaca untuk Grand Prix Emilia Romagna

Imola tampaknya berjalan dalam kondisi kering tapi cerah dan berawan untuk balapan akhir pekan, dengan kemungkinan hujan minimal. Sepanjang akhir pekan diperkirakan suhu tertinggi 15 derajat Celcius.

Akankah penggemar diizinkan di Grand Prix Emilia Romagna?

Penggemar tidak akan diizinkan untuk menghadiri Grand Prix Emilia Romagna, dengan Imola akan ditutup dari penonton untuk balapan F1. Langkah-langkah dan protokol kesehatan telah diberlakukan karena pandemi Covid-19.

Waktu sesi Grand Prix F1 Emilia Romagna 2021

Formula 1 akan terus menjalankan jadwal yang direvisi untuk tahun 2021, dengan sesi latihan yang lebih pendek pada hari Jumat. Dua sesi latihan bebas yang berlangsung masing-masing selama 60 menit pada hari Jumat diikuti dengan sesi latihan bebas tambahan yang juga berlangsung selama 60 menit pada Sabtu pagi.

Format kualifikasi gaya knockout Q1, Q2 dan Q3 juga dipertahankan pada Sabtu sore untuk menentukan grid Grand Prix Emilia Romagna pada hari Minggu.

Selama persiapan untuk balapan, F1 mengonfirmasi perubahan pada jadwal hari Jumat dan Sabtu untuk Grand Prix Emilia Romagna demi menghindari bentrok dengan pemakaman Pangeran Philip.

Baik FP3 dan kualifikasi hari Sabtu akan berlangsung satu jam lebih awal dari jadwal semula, sedangkan FP1 dan FP2 pada hari Jumat akan berjalan 30 menit lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya untuk memenuhi peraturan F1.

F1 dan FIA telah mengonfirmasi bahwa jadwal Grand Prix Emilia Romagna telah diubah ‘untuk menghormati’ pemakaman Pangeran Philip yang berlangsung di Windsor pada pukul 3 sore waktu setempat pada hari Sabtu. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Jumat, 16 April 2021

- Latihan bebas (FP) 1: 11:00-12:00 waktu setempat

- Latihan bebas (FP) 2: 14:30-15:30 waktu setempat

Sabtu, 17 April 2021

- Latihan bebas (FP) 3: 11:00-12:00 waktu setempat

- Kualifikasi: 14:00-15:00 waktu setempat

Minggu, 18 April 2021

- Balapan: 15:00 waktu setempat

Tags :

#
grand prix f1 emilia romagna 2021,
#
jadwal grand prix f1 emilia romagna 2021,
#
f1 emilia romagna 2021,
#
f1 2021