MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: 2019, F1 Akan Rubah Bodywork di Mobil Balapnya

JAN 22, 2018@19:00 WIB | 147 Views

2019, sepertinya mobil-mobil balap Jet yang tergabung dalam balapan Formula 1 akan adanya perubahan pada bodywork disetiap mobilnya. Kenapa demikian? Dari beberapa sumber media sport luar menyebut, perubahan pada bodywork mobil F1 dikarenakan pihak F1 ingin meremajakan dan ingin ramah terhadap para sponsor yang mendukung setiap tim di F1.

Topik mengenai visibilitas logo sponsor yang tertempel pada mobil semakin hangat diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir ini. Setelah mencuat, hal tersebut kembali dibahas pada pertemuan Grup Strategi F1 pekan lalu. Lima tim telah mengajukan prooposal, dan dua diantaranya telah disetujui untuk diterapkan mulai musim 2019.

Di 2019, tinggi bargeboard diturunkan sehingga bagian samping sasis di sekitar kaki pembalap menjadi lebih jelas terlihat. Tim berpendapat bahwa area tersebut merupakan area premium bagi para sponsor.

Selain itu, tim juga harus menyediakan bagian permukaan rata pada endplate sayap belakang. Hal tersebut dilakukan agar nantinya logo sponsor tidak terkena dampak dari lekukan kisi-kisi (louvres) sayap.

Kedua perubahan tersebut sudah didiskusikan dengan Grup Kerja Teknis, sehingga konsekuensi performa sudah diperhitungkan. Sempat juga muncul diskusi soal penyederhanaan bentuk sayap depan untuk alasan yang sama. Tapi konsensus yang didapat adalah dampak aerodinamika dinilai akan terlalu besar, jika hanya untuk alasan non-teknis.

Sirip hiu yang kembali muncul pada tahun lalu telah dilarang untuk musim 2018. Meski menawarkan permukaan yang cukup luas untuk sponsor, Grup Strategi tidak memiliki rencana untuk membawanya kembali. [yus/timBX]

Tags :

#
formula 1,
#
blackauto,
#
autonews