MENU
icon label
image label
blacklogo

Ducati Mencapai Puncak dengan Multistrada V4 Pikes Peak

NOV 03, 2021@21:00 WIB | 136 Views

Pentolan baru Ducati resmi diluncurkan. Motor berlabel Multistrada V4 Pikes Peak ini, disebut-sebut sebagai puncak dari model Multistrada berkat peningkatan kinerja signifikan.

Multistrada V4 Pikes Peak hadir dengan swingarm satu sisi yang baru, lebih ringan, roda 17 inci, geometri kemudi yang direvisi, elektronik yang ditingkatkan dan posisi berkendara yang lebih sporty. Belum lagi livery MotoGP yang bersemangat, sehingga tidak ada alasan untuk meragukan klaim perusahaan Italia tersebut bahwa ini adalah "Multistrada paling sporty".

Model Pikes Peak pertama kali datang pada tahun 2011, dan tahun 2019 untuk versi terakhir yang dirilis. Butuh waktu dua tahun bagi perusahaan untuk kembali menghadirkan Multistrada baru, yang terinspirasi oleh kesuksesan Ducati di hillclimb Amerika.

Seperti pendahulunya, Pikes Peak yang baru menampilkan replika balapan, yang dalam hal ini terinspirasi dari MotoGP livery. Gaya kendaraan juga direvisi termasuk smoke, cut-down screen, two-tone black/red seat lengkap dengan logo V4, ditambah Ducati Corse bergaya balapan dan lencana di paruh depan.

Ada perubahan yang lebih besar di bawah kulitnya. Meskipun mesin Granturismo 170bhp Multistrada V4 tidak berubah, Pikes Peak hadir dengan peredam titanium dan karbon Akrapovic yang legal dan mendapatkan mode berkendara Race tambahan. Mode ini merupakan yang pertama untuk keluarga Multistrada V4.

Baca juga: Mulai 2023, Ducati Jadi Produsen Ekslusif MotoE

Hal ini memungkinkan intervensi yang lebih bertahap dari rev-limiter, seperti yang diinginkan saat berkendara dengan keras pada putaran tinggi. Respons throttle yang lebih langsung ditambah pengaturan quickshifter baru, memungkinkan penurunan gigi yang lebih agresif.

Tetapi perubahan terbesar adalah pada sasis motor. Diciptakan secara eksklusif sebagai mesin jalan raya dan trek, Pikes Peak mendapatkan roda depan 17 inci bergaya jalan raya. Sementara pelek depan dan belakang terbuat dari bahan aluminium tempa Marchesini yang menghemat 2,7 kg dibandingkan dengan Multistrada standar.

Rangka monocoque Multistrada V4 juga mendapat revisi geometri kemudi untuk mengimbangi ukuran roda baru. Rem juga sedikit ditingkatkan, dengan bantalan yang lebih berorientasi balapan dari superbike Panigale V4. Adapun swingarm satu sisi yang segar adalah yang pertama pada Multistrada V4.

Akhirnya, Pikes Peak juga mendapatkan posisi berkendara yang direvisi secara signifikan yang dimaksudkan agar lebih sporty daripada Multistrada V4 standar.

Baca juga: Ducati Mulai Produksi Panigale V2 Edisi Spesial

Di tempat lain, Pikes Peak mewarisi sebagian besar peralatan terdepan di kelasnya dari Multistrada V4 S, termasuk suspensi semi-aktif Ohlins, Adaptive Cruise Control (ACC) yang dikendalikan radar dan dasbor TFT warna 6,5 inci dengan spesifikasi teratas. Harga resminya masih belum diumumkan, tetapi Pikes Peak diharapkan di dealer pada awal Desember.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ducati,
#
motor ducati,
#
ducati multistrada v4 pikes peak,
#
motor terbaru ducati