MENU
icon label
image label
blacklogo

Dovi Banyak Membantu Aprilia Mengembangkan RS-GP21, Menuju Lima Besar Klasemen

JUL 28, 2021@19:00 WIB | 141 Views

Serangkaian test RS-GP 21 telah diselesaikan Andrea Dovizioso, keseluruhan empat kali, tinggal sekali di minggu ini. Direktur Teknis Aprilia Romano Albesiano bakal memperjelas kemajuan yang dibuat di RS-GP dan tes kerja dengan Andrea Dovizioso.

Sementara Aprilia sudah menorehkan pengalaman positif, mengambil langkah maju dengan RS-GP21 pada balap  pembuka di Doha, Aleix Espargaró melintasi garis finis di balapan kedua hanya 5,382 detik di belakang pemenang Fabio Quartararo (Yamaha) .  Pembalap Spanyol itu kemudian menangani GP Jerman di Sachsenring dari posisi ke-3 di grid. Ini adalah pertama kalinya sejak Jeremy McWilliams menempatkan Aprilia di barisan depan di GP Australia 2000.

Espargaro yang hampir berusia 32 tahun sekarang berada di urutan kedelapan di Kejuaraan Dunia dengan 61 poin setelah sembilan balapan. Perolehan tersebut sudah 19 poin lebih banyak daripada di 14 poin di Grand Prix musim 2020.

Sementara Aprilia menargetkan tempat 5 besar yang dirindukan belum tercapai, balapan dua tempat di Portimo dan Jerez adalah penampilan terbaik tahun ini. Rekan setimnya di Aprilia Lorenzo Savadori (Piala Dunia ke-23), dia adalah salah satu rookie kelas, hanya mengumpulkan empat poin.

Dalam sebuah wawancara dengan motogp.com, Romano Albesiano menggambarkan keseimbangan sementara yang positif:

“Kami tim Aprilia berada di paruh pertama musim yang sangat positif. RS-GP21 langsung menunjukkan karakteristik positif dalam hal mesin, pengiriman tenaga, stabilitas, fase pengereman dan akselerasi. Saat cornering juga tidak buruk, kami mungkin harus meningkatkan di area itu, tapi tidak apa-apa."

“Aleix dalam kondisi terbaiknya. Hasilnya adalah siklus positif,  motor RS-GP21 memberinya perasaan yang baik, dia merasa lebih nyaman sebagai hasilnya - dan semuanya bekerja dengan sangat baik, ”kata direktur teknis Aprilia.

Mengenai kemajuan keseluruhan, Albesiano mengatakan: “Dalam beberapa tahun terakhir, potensi departemen balap kami telah meningkat pesat, sekarang kami melihat hasilnya di trek. Kami mulai melakukan pengembangan yang tidak bisa kami lakukan sebelumnya. Kami telah berkembang pesat di beberapa area - aerodinamika, dinamika berkendara, elektronik."

“Kami juga meningkat dalam hal mesin, tetapi dalam dua tahun terakhir kami telah membuat perubahan radikal pada mesin dua kali, jadi Anda sedikit menderita. Yang saya maksud dengan itu: Anda harus mulai dari awal setiap saat, ”aku orang Italia itu.

“Namun, konfigurasi mesin kami saat ini memiliki potensi besar. Jadi ke depan akan datang sesuatu yang jauh lebih baik,” ujarnya optimis.

Tetapi karena kepadatan tenaga di kelas MotoGP saat ini sangat tinggi, tidak mudah untuk menemukan area di mana Anda bisa mendapatkan sesuatu darinya.  "Tentu saja, semakin banyak kekuatan yang Anda miliki, semakin baik kinerjanya. Tetapi ada juga rute seperti Sachsenring yang tidak begitu penting. Ada detail kecil yang perlu kami tingkatkan. Itu hal-hal kecil, ”Albesiano menegaskan.

Dalam kondisi fine-tuning ini, Aprilia juga mengandalkan masukan dari wakil juara dunia tiga kali MotoGP dan pebalap lama pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso. Dengan 35 tahun, tes keempat di RS-GP direncanakan minggu ini.

"Ini pengalaman yang sangat positif, dia pembalap yang cerdas," puji Albesiano. “Dia memahami pekerjaan di balik mesin dengan sangat baik, tetapi pada saat yang sama tidak ingin menjadi insinyur itu sendiri. Dia menyampaikan kesannya yang jelas."

“Pengalamannya sangat membantu kami,” yakin direktur teknis Aprilia. “Kami menyelesaikan tiga tes, salah satunya hampir sepenuhnya dibatalkan karena hujan. Namun, pada tes pertama dan terutama pada tes terbaru, itu memberi kami informasi yang sangat penting. Sangat menyenangkan bekerja dengannya, dia banyak membantu kami." [Ahs/timBX]

Tags :

#
andrea dovizioso,
#
tim aprilia,
#
alex espargaro,
#
romano albesiano