MENU
icon label
image label
blacklogo

Dijejali Mesin V10 Dari Formula 1, Toyota Supra A90 (MK5) Muntahkan Tenaga 750HP

JAN 27, 2022@15:30 WIB | 189 Views

Nama besar Toyota Supra terkenal memiliki performa mesin yang mumpuni, seperti Toyota Supra terbaru alias A90 (MK5) satu ini milik Ryan Tuerck yang juga seorang drifter professional. Setelah puas menggarap Toyota 86 bermesin V8 dari Ferrari 458 kali ini ia pun kembali membuat project 'nakal'.

Pilihannya sebuah Toyota Supra A90 yang dirombak total mulai dari eksterior, interior, kaki-kaki sampai jantung pacu yang didesain untuk sanggup menerima performa tinggi. Salah satu ide gila Tuerck pada Toyota Supra A90 garapannya ini adalah membuat sedan sport Toyota ini punya performa lebih gahar dan untuk digunakan sebagai tunggangan dikejuaran drift professional.

Enggak main-main, mesin orisinal 3000cc twin turbo ini pun dipensiunkan diganti dengan mesin yang dicangkok dari mobil balap  Formula1. Mesin yang dimaksud yaitu Judd GV4 4.0 liter V10. Bagi yang belum tahu, mesin Judd V10 GV4 4.0 V10 ini menjadi salah satu mesin menonjol di Formula1 era tahun 90-an. Secara khusus, GV4 V10 mencapai 24 Hours of Le Mans dan kemenangan keseluruhan untuk Doran Lista di Rolex 24 di Daytona pada tahun 2002.

Jelas dengan menggendong mesin 4000cc naturally aspirated tersebut kini Toyota Supra A90 berkelir hitam doff tersebut mampu memuntahkan output tenaga sebesar 750 BHP. Sementara untuk menyalurkan tenaga gila mesin tersebut terpasang sebuah garden milik Ford Explorer yang didukung dengan transmisi sekuensial enam kecepatan Holinger.

Mesin seberat 145 kg dengan tinggi 24 inchi tersebut mampu mencapai tenaga maksimal di putaran mesin 7.000RPM dengan batas putaran tertinggi di 11.000 RPM

Puas bahas sektor mesin, untuk membuat mobil sport Toyota ini makin lincah dan ringan Tuerck pun mengganti bodi aslinya dengan bodi yang dipesan khusus berbahan serat karbon. Begitu juga dengan interior mobil yang sudah didesain untuk kebutuhan balap dengan banyak terlihat rangka besi melapisi bodi dan aksesori berlabel OMP.

Terakhir, sektor kaki-kaki pun ikut diupgrade dengan mengganti pelek berdiameter lebih besar dan lebar yang dibalut ban khusus standart drifting dengan setup dua roda depan memiliki opset keluar dan chamber guna mendapat radius putaran roda lebih besar. [aziz/zz/timbx] berbagai sumber

Tags :

#
toyota supra a90