MENU
icon label
image label
blacklogo

Dari Sepeda Motor Listrik Triumph Hingga BMW R18 karya VTR Customs

APR 04, 2021@11:00 WIB | 369 Views

Minggu ini kita akan melihat beberapa proyek sepeda motor listrik Triumph, selain restomod Yamaha RD400, dan kondisi asli BSA Gold Star flat tracker, dan R18 yang berkelas dari BMW VTR Customs.

Sepeda motor listrik Triumph

Diumumkan sejak dua tahun lalu, dengan bantuan pendanaan dari pemerintah dan mitranya, TE-1, adalah proyek sepeda Motor Listrik Triumph yang masih dirahasiakan. Namun ternyata sudah memasuki fase dua dari empat fase yang harus mereka rampungkan.

Dari dua fase yang mereka rampungkan, tampak prototipe baterai dan drivetrain, serta sketsa konsep sepeda motor yang mereka buat.

Diprakarsai F1, Williams Advanced Engineering bekerja habis-habisan untuk membuat sebuah inovasi yang berfokus pada pengurangan massa baterai, dengan mengintegrasikan unit kontrol ke dalam unit baterai. Menggunakan Integral Powertrain Limited membuat motor bertenaga 10 kilo ini tetap dapat menghasilkan tenaga 130 kW (hampir 180 hp).

Terinspirasi dari Speed Triple, Triumph telah berbicara banyak tentang teknologinya, tetapi masih belum jelas tentang spesifikasi finalnya. Jadi kita tunggu saja kabar terbarunya.

Yamaha RD400 restomod

Memiliki kiprah yang layak diperhitungkan sejak berusia 19 tahun, Alan Phillips pendiri Two Stroke Heaven, kini membawa fanatisme ke tingkat yang baru dengan Yamaha RD400 Daytona 1987 miliknya.

Dengan bantuan Lester Harris dari Harris Performance, dan Mark Dent dari Performance Fabrications, rupanya Alan ingin memaksimalkan kinerja RD400 yang legendaris, tetapi tetap membuatnya tetap dapat dikenali sebagai RD.

Seperti semua restomods yang bagus, RD400 tampak gagah dengan rangka hasil sentuhan yang disesuaikan dengan swingarm Harris, dan suspensi Öhlins di kedua ujungnya. Velgnya terbuat dari carbon fiber dari BST, dilengkapi ban Pirelli Super Corsa dan rem Brembo.

RD dibekali mesin twin 35 mm Keihin PWK carbs, sistem blok buluh VForce 4 dan filter pod. Dilengkapi kunci kontak Ignitech, dan sistem pembuangan Performance Fabrications yang dibuat khusus.

BSA Gold Star flat tracker

BSA Gold Star mengingatkan kita pada On Any Sunday, dengan adegan Jim Rice dari pembalap trek datar. Selama 25 tahun Gold Star mencetak 11 kemenangan Isle of Man TT, dan menjadikannya meraih sukses besar atas produksi sepeda motor berkinerja tinggi.

Dimodifikasi untuk balap trek datar, Gold Star khusus disiapkan tanpa suspensi belakang atau rem depan, sproket belakang yang besar, dan knalpot di sisi kanan.  Sayangnya, sejak terakhir mengikuti balapan, sepeda motor ini ditinggalkan begitu saja.

Di bulan April ini, Gold Star akan dilelang Mecum.

BMW R18 oleh VTR Customs

Dibuat VTR Customs di Swiss, kini MBW R18 yang merupakan transformasi sekaligus perpaduan cerdas antara komponen khusus dan baut, disiapkan untuk segera menyerbu dealer.

Sepeda motor ini dibekali dengan Velg aluminium billet 19F / 18R dari katalog aftermarket BMW, dan setang dari BMW R1250GS. Kontrol rem dan kopling berasal dari Magura, dan lampu sein LED, lampu belakang combo dari Kellermann, yang terselip di bawah spatbor.

Memiliki peredam suara Hattech, VTR merancang sadel tunggal dengan jok kulit berwarna coklat dari Yves Knobel. Spatbor depan telah dipangkas, dan spatbor belakang model bob yang dibuat khusus.

Terinspirasi dari acara TV Australia “Miss Fisher’s Murder Mysteries”, sepeda motor ini beri cat enduros klasik sekelas über R18. Tak hanya itu, sentuhan visual ekstra juga ditambahkan dengan bit krom yang dibuat ulang antara tembaga dan titanium. Sebagai sentuhan akhir mereka memasang juga logo dan lencana khusus . [eli/asl/timBX]

Tags :

#
motor listrik triumph,
#
bmw r18,
#
motor custom,
#
vtr customs