MENU
icon label
image label
blacklogo

Dampak Airbag Cacat, Honda Accord - City - Jazz Kena Recall

JAN 23, 2018@08:30 WIB | 385 Views

Kabar terkini menyebut bahwa Honda telah mengumumkan penarikan sukarela sebanyak 22.834 unit untuk model mobil lansiran 2013 dari ketiga mobilnya yaitu, Honda Accord, City and Jazz. Honda mempunyai kekhawatiran potensial terkait dengan inflata airbag Takata yang salah. Mobil-mobil tersebut diproduksi pada tahun 2013. Dalam rencana recall tersebut akan mencakup 22.084 unit sedan City, 510 unit sedan Accord dan 240 unit hatchback Jazz.

Pihak perusahaan akan langsung menghubungi pelanggan yang terkena dampak dalam beberapa hari mendatang untuk melakukan penggantian yang tidak akan dibebankan oleh customer. Pelanggan dapat memeriksa apakah mobil mereka adalah salah satu kendaraan yang terkena dampak atau tidak dengan memasukkan VIN (Vehicle Identification Number) mereka ke lokasi mikro resmi Honda.

Namun recall ini sepertinya hanya menyangkut di wilayah India seperti yang diungkap pada sebuah pernyataan resmi, Honda Cars India mengatakan: "HCIL secara sukarela akan mengganti inflator airbag depan Takata dari 22.834 kendaraan model Accord, City dan Jazz 2013 sebagai bagian dari kampanye recall global Honda yang mengingatkan pada inflator airbag depan Takata".

"Penggantian itu akan dilakukan tanpa biaya di dealer HCIL di seluruh India secara bertahap," Ungkap pihak HCIL. Langkah ini merupakan bagian dari kampanye recall global yang mempengaruhi jutaan mobil dari berbagai produsen. Kendaraan lansiran 2013 tersebut dilengkapi dengan kantung udara cacat yang diproduksi oleh Takata Corporation yang berbasis di Jepang.

Pemberitaan secara global menyebut sekitar 12 kematian dan 180 cedera dilaporkan terjadi secara global karena masalah kantong airbag yang rusak.

Perusahaan suku cadang otomotif Jepang, Takata membayar denda sebesar US $ 1 miliar kepada orang-orang yang terluka atau terbunuh (USD 125 juta) karena kantong udara yang rusak dan produsen mobil (USD 850) yang menggunakan kantung udara. Ini juga termasuk denda USD 25 juta. Sementara Honda adalah merek yang paling terpengaruh, hal itu juga berdampak pada merek lain termasuk Mercedes-Benz, Audi, Jaguar, BMW, Ford, Jeep, Toyota dan lainnya. Dan apakah di Indonesia terkena dampaknya juga? (yus/timBX)

Tags :

#
honda jazz 2013,
#
honda accord 2013,
#
honda city 2013,
#
recall,
#
blackauto,
#
autonews