MENU
icon label
image label
blacklogo

Chevrolet Corvette 1957 Tampil Muda di SEMA

NOV 03, 2017@13:00 WIB | 322 Views

Coba perhatikan foto-foto ini. Nah, ini adalah Corvette 1957 - di dalam pikiran kita, penampilan terbaik yang pernah muncul dari sebuah mobil kreasi Chevrolet. Dan itu juga bukan ucapan kosong; Corvette 1956-57 pantas mendapat tempat di pemerhati otomotif untuk penampilannya saja. Dan, pada tahun 1957, Corvette mengupgrade dari gearbox manual tiga percepatan ke kecepatan empat percepatan dan mendapatkan injeksi bahan bakar.

Meski mereka sudah jadi sesepuh sekarang, mereka tetap jadi tolok ukur performa yang sangat serius di tahun 50-an. Untuk meningkatkan potensi performa, Corvette khusus ini hadir dengan opsi 579E yang dibanggakan, yang tentu saja Anda kenali langsung sebagai alat induksi udara dingin untuk mesin V8 4,6 liter.

Sebagai orang yang cukup tua untuk memulai sebuah kalimat dengan, "Dulu di jaman saya..." akan memberi tahu Anda, asupan mesin dulu sangat sederhana - saringan udara besar yang melingkar berada di atas karburator (atau beberapa karburator, jika Anda benar-benar mewah), dengan pipa kecil menyembul ke kap mesin. Masalahnya dengan gagasan ini adalah udara di bawah kap mesin menjadi agak panas, dan udara panas tidak sepadat udara dingin. Itu berarti ada sedikit partikel udara dalam volume udara tertentu, yang berarti pembakaran yang tidak efisien dan sedikit tenaga.

Jadi, asupan udara dingin 579E – hanya dipasang pada 43 unit Corvette dari 6.000 unit yang dibuat Chevy pada tahun 1957 - berarti mesin V8 yang disuntikkan bahan bakar baru bisa menghasilkan tak lebih dari 280 hp dari kapasitas 4,6 liter.

Corvette khusus ini (dan sangat cantik) juga mendapat angka 684. Dan, rem (drum) diperbesar, dengan ducting dan ventilasi unik untuk menjaga hal-hal tetap dingin di bawah pengereman keras yang berulang-ulang. Untuk memastikan semua hitungan 1.300 kg, 280 hp dalam kondisi prima, paket 684 juga mencakup suspensi keras, sistim kemudi yang lebih cepat dan batang sway yang lebih tebal.

Jadi, mengapa kita berbicara tentang Corvette tua yang langka? Nah, ini menjadi alasan yang tepat untuk mengolok-olok mobil Amerika terbaik sepanjang masa, dan karena Chevrolet telah menaruhnya pada SEMA 2017. Dan ternyata teknisi di Chevrolet menggunakannya sebagai teaser untuk meluncurkan sistem asupan udara dingin baru yang akan tersedia awal tahun depan. Tapi lihatlah foto-foto ini lagi. Apakah kita membutuhkan sistim itu? [bil/timBX]

Tags :

#
chevrolet corvette,
#
blackauto,
#
autonews,
#
chevrolet,
#
sema 2017