MENU
icon label
image label
blacklogo

Brough Superior SS 100, Terpajang Orisinal di Motorworld Rusia

MAR 08, 2019@18:00 WIB | 587 Views

Brough Superior SS100 bagi penulis ini varian yang cukup jarang di dunia. Namun saking jarangnya, bisa menjadi motor yang pernah diproduksi paling terkenal di dunia. Brough Superior menjadi bagian dari Rolls Royce of Motorcycles, yang saat itu diklaim mampu melaju hingga 160 kph. Dan motor ini didapati di sebuah kota Samara di Rusia, tepatnya di Museum Motorworld V. Sheyanov.

Terlepas dari lingkungan yang ekstrim selama 5 bulan dalam setahun, dimana suhu rata-rata dibawah titik beku. Bila Anda belum mengetahui apa itu Motorworld, sebuah gedung megah dengan koleksi   pribadi motor vintage di Rusia.  Tak hanya SS100, museum Vyacheslav Sheyanov juga memiliki koleksi Brough Superior Austin Four seperti SS80, varian 11-50. Cukup lengkap bukan Black Pals.

Secara histori, SS100 menjadi motor custom pertama di dunia, dan beredarnya SS100 itu dibuat sesuai order, menurut spesifikasi pelanggan.  Setiap motor dibuat melalui proses hand made, dan komponen berkualitas high end, dari berbagai sumber.

Secara spesifikasi, transmisinya berasal dari Sturmey Archer, sedangkan bagian fork  berasal dari Castle Fork and Accessoru Co, yang dibangun sesuai desai George Brough.  Sedangkan mesinnya diambil dari John Alfred Prestwich (J.A.P) yang berpusat di London. Selain motor, J.A.P juga memproduksi mesin untuk pesawat terbang.

Siapa owner pertama SS100 ini? Mereka adalah Dunlop Tyres, yang dibeli sejak 1931 untuk memperingati ulang tahun ke-40, untuk keperluan iklan dan promosi, serta pengujian ban mereka.  Seperti dieranya, SS100 dibangun dengan sebuah sespan. Namun, saat perang dunia kedua tepatnya 1946, bagian sespan dan main frame rusak parah. Kemdian kembali dibangun dengan kerangka misterius dan bertahan hingga 50 tahun kemudian.

Tahun 2001 tepatnya, seseorang berjasa untuk merestorasi SS100 ini. Dibangun kembali dengan frame asli dari Brough Superior dan sanggup untuk berjalan sebagaimana motor pabrikan lainnya. Tujuh tahun kemudian, SS100 pindah ke pelukan Michaek FitzSimons, spesialis Brough Superior. FitzSimons bertanggung jawab untuk departemen motor di Sothebys dan Bonhams.

Tahun 2012 ini FitzSimons melelangnya, dan menjadi koleksi dari Motorworld, dengan tingkat keasliannya sudah diperiksa oleh pihak Brough Superior Club, Mike Leatherdale. Sheyanov memenangkan pelelangan, dan SS100 berpindah ke Samara.  Itu berarti Motorworld telah memiliki koleksi dari 4 mekanik dunia, salah satunya Brough Superior Club.

Meski tidak semuanya varian Brough dimiliki Motorworld, museum ini juga memiliki Moto Guzzi roda 3 dan sedang memulihkan motor FN M12a SM buatan Belgia. [Ahs/timBX]

Tags :

#
brough superior,
#
ss100,
#
motorworld,
#
rolls royce motorcycle,
#
motor of war