MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW Z3 Hadir Kembali Dengan Model F30 Facelift

DEC 05, 2023@12:30 WIB | 243 Views

Selain sebagai mobil Bond dalam blockbuster 'Goldeneye' tahun 1996, Z3 Roadster telah mendapat tempat dalam memori penggemarnya karena desain neo-klasiknya. Namun, salah satu pemilik Z3 asal Indonesia ini haus akan sentuhan modernitas. Oleh karena itu, Z3 miliknya mengalami perubahan cukup besar dengan modifikasi visual yang ekstensif .

Z3 yang agak unik ini merupakan kreasi tuner Kupu-Kupu Malam di Yogyakarta, Indonesia, yang pernah menghadirkan konversi Mazda RX-8 dengan pintu gullwing dan lampu Mazda 6. Mirip dengan proyek mereka sebelumnya, Z3 menerima peningkatan dengan unit pencahayaan asli BMW yang diintegrasikan secara cermat ke dalam bodywork yang dibuat khusus.

Lampu depan dan lampu belakang bersumber dari BMW 3-Series F30 2012-2019 yang diperkenalkan 16 tahun setelah debut Z3. Begitu pula dengan bemper depan custom yang terinspirasi dari M3 dan M4 (F80/F82) pada era yang sama, dengan kidney gril khas yang terlihat mungil menurut standar masa kini.

Profilnya didominasi oleh ekstensi spatbor lebar bergaya 'rocket bunny', dihubungkan dengan side skirt yang lebih tebal dan dilengkapi dengan satu set velg tiga bagian yang baru. Splitter depan menampilkan tampilan serat karbon, sejajar dengan ekstensi serupa pada side skirt dan diffuser belakang.

Gill khas BMW Z3 tetap dipertahankan, meski gagang pintu aslinya telah diganti dengan unit yang lebih kontemporer. Menariknya, handle tersebut diposisikan dengan sudut yang sejajar dengan garis karakter custom yang berasal dari kap mesin. Fitur khas lainnya dari mobil ini adalah pintu gunting bermotor.

Saat beralih ke bagian belakang, sulit untuk tidak memperhatikan bahwa lampu belakang Seri 3 tampak agak kolosal di bagian belakang mungil Z3. Demikian pula, spoiler serat karbon berukuran besar yang menutupi seluruh pintu belakang. Bumper belakang menganut tema BMW M, menampilkan pipa knalpot quad pada diffuser dan ventilasi tambahan dengan ukuran yang baik.

Sebagai sentuhan akhir, roadster ini dicat dengan warna "Apple Red Candy", mirip dengan konsep BMW Z4 Zagato Coupe 2012. Meskipun interior BMW Z3 tidak mengalami transformasi drastis, mobil ini mendapat peningkatan dengan jok kulit baru berwarna merah, dasbor merah tua, dan aksen serat karbon halus yang tersebar di seluruh bagiannya.

Tidak disebutkan mengenai peningkatan kinerja, jadi dapat berasumsi bahwa Z3 tetap mempertahankan mesin bawaannya. Tergantung pada versinya, Z3 menghasilkan tenaga mulai dari mesin 1,8 liter entry-level yang bertenaga 114 hp (85 kW / 116 PS) hingga 320 hp (239 kW / 325 PS) dari mesin 3,2 liter inline-tuned M.

Baik penggemarnya atau bukan, memulai proyek khusus seperti ini memerlukan waktu dan upaya yang signifikan - mengesampingkan perdebatan tentang manfaat kreatifnya. Berdasarkan postingan Instagram Kupu-Kupu Malam, konversi ini berlangsung selama lebih dari satu tahun, dengan progres awal muncul pada tahun 2020 dan model akhir muncul pada tahun 2021. Pada akhirnya, yang paling penting adalah pemilik Z3 yang dimodernisasi ini puas dengan hasilnya. karena itulah satu-satunya hal yang penting pada akhirnya. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw z3,
#
bmw