MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW S1000RR Cetakan Komponen 3D Langsung di Sirkuit

OCT 15, 2020@10:30 WIB | 188 Views

BMW Group menerapkan percetakan 3D untuk prosedur produksi di banyak area. Kini giliran BMW Motorrad Motorsport yang juga mengandalkan teknologi inovatif ini, dengan Tim BMW Motorrad WorldSBK. Ini memungkinkan produksi komponen prototipe baru yang cepat, tepat dan efisien di sirkuit. Ini dapat diuji pada BMW S1000RR sebelum produksi tahap akhir di Munich atau di lokasi pemasok.

Proses umumnya ialah insinyur mengembangkan komponen baru, yang disimulasikan pada komputer. Kemudian diproduksi dalam logam atau karbon, dipasang pada sepeda motor, lalu diuji di arena balap.

Namun kemampuan pencetakan 3D memungkinkan untuk mengembangkan dan menguji komponen baru selama operasi balapan. BMW Motorrad Motorsport memiliki printer 3D portabel yang berjalan di setiap sirkuit di dalam truk. Juga ada di area pit BMW Motorrad WorldSBK Tim pada akhir pekan balapan di FIM Superkibe World Championship (WorldSBK). Ini berarti bahwa suku cadang lebih kecil yang sering tidak mengalami tekanan yang kuat dapat dibuat di tempat dan digunakan langsung dalam balapan.

“Teknologi ini memungkinkan kami melakukan perbaikan pada RR dengan cepat dan efisien. Pengembangan sepeda WorldSBK merupakan proses yang berkelanjutan dan seringkali detail kecillah yang membuat sepeda motor menjadi lebih baik,” kata Direktur BMW Motorrad Motorsport, Marc Bongers.

Data dan analisis ini kemudian digabungkan dengan komentar dari pengemudi atau saran dari mekanik yang mengerjakan motor, yang kemudian menghasilkan masukan bagi tim pengembangan. Ini lalu memunculkan ide-ide yang dapat diimplementasikan langsung dalam konstruksi komponen.

“Komponen baru dicetak dalam bentuk plastik, dengan fungsi serta kemudahan pemasangannya diperiksa pada motor. Proses ini sekarang jauh lebih cepat daripada ketika kami harus menunggu sampai suku cadang diproduksi baik secara internal maupun eksternal, dan tersedia untuk evaluasi di arena pacuan kuda. Juga lebih mudah untuk mengevaluasi potensi sentuhan dengan bagian di sekitarnya atau akses terbatas daripada yang terlihat di layar,” tambah Marc Bongers.

Selain kecepatan dan efisiensi, keuntungan lain dengan pencetakan komponen 3D adalah penyesuaian. Seringkali hal ini dapat dilakukan pada bagian plastik dan diimplementasikan pada CAD. Proses ini dapat diulang dengan cepat sesering yang diperlukan sampai bagian itu sepenuhnya memenuhi persyaratan.

“Pencetakan 3D memungkinkan kami membuat suku cadang dengan cepat dan hemat biaya, dan mengoptimalkannya selama proses sedang berlangsung,” tutup Bongers.

Tentunya, inovasi dari BMW Group ini pada akhirnya meningkatkan produksi secara signifikan dengan hemat biaya dan waktu sekaligus. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw s1000rr,
#
bmw motorrad motorsport,
#
teknologi inovatif,
#
inovasi teknologi,
#
komponen 3d bmw