MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: BMW Bandingkan Peluang di MotoGP dan World Superbike

JAN 01, 2020@18:00 WIB | 489 Views

Kepala divisi sepeda motor BMW meyakini bahwa proyek MotoGP tidak akan membenarkan upaya pabrikan seperti yang dapat dilakukan oleh tim World Superbike yang sudah ada.

BMW kembali ke WSBK dalam kapasitas pabrik secara penuh untuk pertama kalinya sejak 2013 dalam aliansi dengan Shaun Muir Racing, menjalankan sepasang motor S1000RR untuk Kawasaki yang dikendarai Tom Sykes dan Markus Reiterberger.

Hal itu menghasilkan posisi keempat di klasemen pabrikan, Sykes mencetak empat podium dan satu pole position di Donington Park.

Dalam sebuah wawancara, CEO BMW Motorrad Markus Schramm memperjelas bahwa marque Jerman berkomitmen di WSBK untuk jangka panjang, namun juga menekankan dia merasa melangkah ke MotoGP bukan hal yang diperlukan.

"Saya tidak pernah mempertanyakan apakah kita harus berani kembali ke World Superbike," kata Schramm. "Itu sangat jelas karena motorsport adalah bagian dari DNA BMW. Itu sebabnya kita perlu ada di sana.

"Poin pentingnya adalah kami berasal dari pelanggan. Pada musim lalu, 120 pelanggan yang ikut serta berpartisipasi dalam 25 kejuaraan dan meraih 250 podium, 90 kemenangan dan 9 kejuaraan. Ini merupakan dasar BMW.

"Di World Superbike, ada sinergi teknis yang lebih kuat dibandingkan dengan MotoGP. Saya pikir efek merek tambahan marjinal di MotoGP membuat kita tidak perlu melangkah ke arah sana.

"Bagi kami, pelanggan dan World Superbike tentu saja menjadi fokusnya."

Tahun pertama melampaui harapan

BMW mengakhiri musim WSBK dengan Sykes finis ke-8 di klasemen pebalap.

Schramm mengatakan musim 2019 berjalan lebih baik dari yang ia bayangkan dan menetapkan target sederhana untuk naik satu atau dua podium pada 2020.

"Setidaknya dari sudut pandang saya, kami melebihi harapan yang ditetapkan," kata Schramm. "Juga karena lead time yang singkat, kami mengatakan bahwa itu akan menjadi tahun pembelajaran.

"Kami tidak mengharapkan podium. Tentu saja tidak direncanakan meski p

ada akhirnya akan ada empat podium. Selain itu, kami berada di jalur podium di beberapa balapan lain, tetapi kemudian kami memiliki masalah teknis.

"Tujuan kami untuk musim berikutnya adalah untuk membangun kesuksesan 2019 dan untuk berkembang lebih lanjut. Jadi tujuan kami harus meraih satu atau dua podium tambahan. Dalam jangka panjang, tentu saja kami ingin berada di puncak."[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
bmw,
#
bmw s1000rr