MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW E34, Sexy With Camber Style

OCT 16, 2020@09:00 WIB | 837 Views

Jauh di tahun-tahun sebelumnya, gaya modifikasi mobil dengan kaki-kaki ala camber pun bermunculan. Menitikberatkan pada suspensi dan roda yang miring ke dalam di bagian atasnya, memenuhi ruang fender si mobil ini. Sepintas jika dilihat, gaya mobil seperti ini sangat sulit untuk memacu kendaraan di jalan. Akan tetapi, ternyata jika dimodifikasi lebih lanjut, maka mobil dengan gaya camber pun bisa memacu berkecepatan tinggi.

Hal itu jugalah yang mendasari keinginan Kevin, sang pemilik BMW E34 dengan gaya cambernya. Membeli mobil yang dikhususkan untuk “mainan” dan berkonsep awal dengan gaya stance, ternyata ia tak sengaja membuat mobilnya menjadi camber, namun malah semakin cantik.

“Saya dulu punya BMW Z3 dengan gaya camber. Mobil itu saya jual dan akhirnya saya beli mobil seri 5 ini," ujar Kevin membuka obrolan.

Z3 yang ia punya dan sudah dimodifikasi pun “dititipkan” ke temannya yang ternyata memiliki Seri 5 tahun 1992. Kuncinya hanya satu dari kevin, yaitu mesin harus V6 karena suara yang dihasilkan akan “merdu”. Karena kebetulan, ia dan rekannya memiliki bengkel knalpot techpro Exhaust di daerah Gading Serpong. Setelah tiba di rumah, ia langsung memodifikasi bagian kaki-kaki terutama di suspensinya.

“Dari awal saya main mobil modifikasi, saya suka dengan konsep clean yang artinya tidak ada corak atau stiker dan fitment yang pas,” lanjutnya.

Kevin kemudian membeli velg dahulu untuk mobilnya yaitu Work Equip 05 10.5-12jj 5x120. Lebar velgnya sudah sangat lebar menurut pria satu ini untuk disematkan ke mobilnya. Namun, karena terpikir kolong fender E34 sangat besar, maka ia melebarkan velgnya dengan ukuran 10.5 di depan, dan di belakang 12. Modifikasi velg pun dilakukan oleh Godwheels di daerah Yogyakarta. Selain itu, agar lebih bagus, ia juga menggunakan air suspension K-Sport. Setelah dilakukan, kemudian inilah yang terjadi;

“Ketika sudah di modifikasi dan dipasang di bengkel Cleaners Autoparts, ternyata ukurannya terlalu lebar dan akhirnya kembali ke konsep Camber. Untuk membuat keotentikan, maka ujung fender kita buat lebih menjepit di ujung velg. Walaupun begitu, modifikasi yang dibuat harus mengutamakan fungsionalitas. Karena percuma kalau di modifikasi, tapi tidak bisa digunakan,” kata Kevin yang juga pemilik Techpro Exhaust ini.

Bumper dan side skirt yang dipakai juga berasal dari Mtech, yang pencariannya juga dirasa cukup sulit. Hal unik lainnya adalah trunk yang rata, namun ada spoilernya. Bukan main, ternyata barang ini merupakan orisinil part aftermarket dari Jerman yang cukup langka untuk mobil ini.

Setelah dimodifikasi, Kevin mengatakan sangat nyaman menggunakan mobil ini, meskipun BMW E34 ini lebih diperuntukkan untuk kontes atau kumpul dengan temannya. Untuk sehari-hari, Kevin juga menggunakan BMW, meskipun modifikasinya tidak semewah BMW E34 520iS miliknya.[prm/timBX]

BMW E34 520iS

Exterior

Blue Apple Candy By Autowerke

Mtech Front Bumper

Mtech Rear Bumper

Mtech Side Skirt

Original Rear Trunk made in Germany by Euro Junk Yard

Kaki-kaki

Ksport Airsuspension Wheels spec by Cleaners Autoparts

Work Equip 05 : Front 10.5”

Work Equip 05 : Rear 12jj

PCD 5x120 by GodWheels

Engine

Original M3 S50B30 Euro Headers

Techpro Catback Valvetronic exhaust by Tech Pro

Interior

Original Fabric Blue

Tags :

#
autonews,
#
drive it modification,
#
drive it,
#
bmw e34,
#
cambergang,
#
camber