MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Modifikasi Velg BMW Seri 5 (G30) Yang Tepat

JUL 04, 2018@13:00 WIB | 3,156 Views

Mengganti velg merupakan salah satu jenis modifikasi yang umum dilakukan pemilik mobil. Modifikasi tersebut dapat membuat mobil seakan memiliki wajah baru dan tampil lebih sporty. Namun mengganti velg bukanlah sekedar memilih motif, ada beberapa faktor penting lain yang perlu diperhitungkan.

Apalagi velg yang diganti dari mobil Seri 5 (G30) yang dikenal sebagai salah satu model mewah yang didatangkan PT BMW Indonesia dengan performa tinggi, dan juga salah satu model BMW yang telah berhasil melewati berbagai situasi-situasi dan  perubahan-perubahan di dunia. Dan konsumen tetap mencintai karya BMW yang satu ini.

Menurut Wibowo Santosa, punggawa Permaisuri Ban, ketika ingin mengganti velg BMW Seri 5 terbaru ini (G30) jangan asal ganti saja. Ada hal penting yang perlu diperhatikan yaitu kecocokan velg di mobil.

Pria yang berkantor di Jalan Mahakam, Jakarta Selatan ini menegaskan, velg yang cocok itu adalah velg yang benar-benar untuk mobilnya. Bukan velg yang diubah-ubah atau diakali sehingga masuk ke mobil. Apalagi PCD Seri 5 terbaru ini adalah 5x112, jadi berbeda dibanding Seri 5 sebelumnya (F10).



Lalu yang terpenting selanjutnya adalah mau dibuat gaya seperti apa. Wibowo mencontohkan, “Harus cobain di mobilnya, tes fitting. Sebab kadang-kadang ada yang dilihat di luar bagus, pas dipasang di mobil malah enggak bagus. Lalu kalau cuma disandingin doang, Anda enggak tahu seberapa keluarnya, seberapa masuknya itu pelek. Jadi perlu dicobain dipasang di mobilnya seperti yang diperagakan pada Auto Jurnal kali ini," tutur pria yang sehari-hari juga pengguna mobil Eropa ini.

Tak heran Bowo, sapaan akrabnya, menilai BMW Seri 5 terbaru (G30) akan terlihat lebih elegan dan menarik saat melaju di jalan dengan velg HRE Series RS3M dengan ukuran ring 21 inci. Apalagi celah dalam fender Seri 5 G30 memiliki jarak yang cukup lebar dan jarak antara ban dengan body pas dan sesuai (tidak terlalu ceper dan tidak terlalu jauh).

Dan menariknya velg HRE masuk kategori jenis velg forged. Velg jenis itu untuk saat ini masih menjadi jenis velg yang terbaik. Proses pembuatan velg forged seperti HRE ini juga lebih kompleks.

"Kalau velg forged itu dibuat dari solid dan dipotong. Jadi langsung dari bahan, seperti kayu jati yang solid dipotong langsung jadi meja. Tapi, buat bikin velg ini mahal dan waktunya lama, udah gitu banyak butuh pekerjaan tangan buat ngerapihin. Kalau velg forged, mereka kerok sekian milimeter supaya mencapai kebulatan. Lalu dikerok lagi dalamnya sehingga ini boleh dibilang bulat banget," jelas Bowo.

Nah biasanya, karena pembuatannya yang lebih kompleks dan materialnya juga lebih baik, velg forged dibanderol lebih mahal dibanding velg jenis lainnya. "Karena forged, mau semurah-murahya pun pasti masih tetap mahal.” "Kalau harga relatif. Seperti velg yang finishingnya Polished Dark Clear ini misalnya bisa di atas Rp 200 jutaan," tambahnya.

Alternatif lain velg ADV.1 MV.2 Series ukuran 21 inci ini memiliki warna Titanium yang dijamin dapat membuat mobil BMW Seri 5 terbaru Anda terlihat sangat sporty dan mantap saat melaju di jalan. Velg model 2 Piece ini juga memiliki ukuran PCD yang sesuai dan fit dengan Seri 5 G30. [bil/timBX]

Spesifikasi Velg:

HRE Series RS3M (RS309M Polished Dark Clear 21)

Diameter: 21 inci

Width: 9/10 ET:20/40 Hole/PCD:5x112

Finishing: Polished Dark Clear

Weight: 12.1 kg

ADV.1 MV.2 Series (ADV05 MV2 Advance Series 2Piece)

Diameter: 21 inci

Width: 9/10.5 ET:25/35 Hole/PCD: 5x112

Finishing: Titanium

Weight: 13kg/13.6kg

Kontak Permaisuri Ban:

Jalan Mahakam I No.5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130

Phone: (021) 7211239

Tags :

#
bmw,
#
5 series,
#
g30,
#
bmw indonesia,
#
permaisuri ban,
#
hre,
#
adv-1