MENU
icon label
image label
blacklogo

4 Tuner Ternama BMW, Sudah Tau Belum Sejarahnya? Ini Dia

DEC 26, 2023@12:00 WIB | 873 Views

Halo Blackpals, siapa yang tak kenal dengan mobil bertampang depan dengan ciri khas dua buah grill besar? Ya, mobil tersebut adalah BMW.

Tapi sudah tau belum. BMW adalah singkatan dari Bayerische Motoren Werke, atau dalam bahasa Inggris Bavarian Motor Works  yang berasal dari Jerman.

Tapi kali ini kita bukan mau bahas soal BMW secara general, melainkan bahas sejarah beberapa rumah modifikasi alias tuner yang melekat pada berbagai variant dari sebuah BMW.

Hayo ngaku, tuner BMW apa aja yang Blackpals tau? Jangan cuma Alpina saja ya hehe.

Nih tim BlackXperience.com spill dikit alias kasih bocorannya, ada beberapa tuner BMW namun kami akan mengulas hanya empat saja dulu nih. Ya yang pertama ada tuner Alpina.

Ya, mungkin lo sering banget lihat disebuah BMW ada emblem Alpina atau tulisan pada berbagai partnya. Misal saja bumper depan, spoiler, velg, atau beberapa part interior.

Tapi tau gak nih sob, Alpina punya sejarah panjang yang konon ternyata berasal dari perusahaan pembuat mesin ketik. Sang pendiri Burkard Bovensiepen mengembangankan perusahaan Alpina ini menjadi bisnis tuning BMW.

Produk tuning dari Alpina ini pertama kali adala menciptakan teknologi dual karburator pada BMW, dual karburator pada tahun 1962. Variant pertamanya yaitu BMW 1500. Tuner satu ini terkenal dengan aksen Luxurynya dan velg jari-jari berkelir silvernya.

Yang kedua adalah BMW M. Mungkin tuner satu ini masih hits terdengar sampai sekarang, pasti kamu tau seri BMW M5, M3, M6, M4 hinga X5 M dan X6 M. Nah inilah tunernya.

Menurut sejarah, Ford memiliki andil dalam terciptanya tuner BMW M.  Hal itu disebabkan BMW pada tahun 1972 menarik sang tuner Jochen Neerpasch yang saat itu menjabat kepala divisi motorsport Ford untuk menjadi former BMW Mracing director.

Ada beberapa variant hasil dari Jochen Neerpasch untuk BMW W, seperti merubah BMW 2800cs jadi BMW 3.0 csl, dan dua buah BMW yang melegendaris dan ikonik sampai sekarang yaitu BMW E28 M5 dan BMW E30 M3.

Ketika ada AC Shnitzer, tuner satu ini didirikan pada tahun 1987. AC Shnitzer adalah salah satu tuner yang paling terkenal dan terbesar diseluruh dunia untuk merek BMW. Filosofy AC Shnitzer adalah high performance, driving performance dan safety & reliability

Yang terakhir ada nama tuner BMW yang mungkin jarang lo denger, yaitu GPower. GPower adalah salah satu tuner atau modifikator asal Jerman yang didirikan oleh Jochen Grommisch pada tahun 1983.

Tuner GPower ini memiliki spesialisasi pada modifikasi berbagai mobil BMW dan menciptakan kendaraan spesial. Nah ini belum selesai dan lengkap ya sejarah tuner BMWnya.

Langsung aja tonton Sejarah tuner BMW di Blackstory Youtubenya BlackXperience.com, [Ziz/timBX].

Tags :

#
tuner bmw,
#
sejarah tuner bmw,
#
alpina,
#
msport,
#
gpower