MENU
icon label
image label
blacklogo

Automaker Asal Republik Ceko Bangkitkan Mobil Sport dengan Nuansa Horor

AUG 26, 2021@10:00 WIB | 146 Views

Automaker asal Republik Ceko, Skoda, ingin membangkitkan mobil sport dengan nuansa horor seperti Ferat Vampire-Mobile.

Dengan Skoda menjadi salah satu produsen mobil tertua, siapapun dapat membayangkan ada beberapa cerita menarik tentang merek dari Republik Ceko itu.

Salah satu kisahnya adalah 110 Super Sport, mobil sport yang diperkenalkan di Brussels Motor Show 1972. Dengan berat hanya 900 kilogram (1.984 pon), mesin bermesin tengah dengan desain sudut dan kanopi itu memiliki enam lampu depan pop-up dan 16 lampu belakang. Rencana awalnya adalah menempatkan mesin OHC 1,5 liter yang lebih besar yang sedang dikembangkan pada waktu itu, tetapi karena ‘alasan politik’, akhirnya dibatalkan.

Baca juga: Keunikan Mobil Sport Honda S2000 CR 2008

Skoda menginginkan produksi terbatas untuk 110 Super Sport, yang juga tidak terjadi karena keadaan di Cekoslowakia sekitar tahun 1970-an. Prototipenya kemudian menjadi bintang dalam sebuah film berjudul “Ferat Vampire 1981” yang dimodifikasi agar terlihat seperti ‘vampir mobile’.

Dengan warna hitam, mobil sport ini memiliki lampu depan persegi panjang dan lampu belakang berbeda yang bersumber dari Skoda 120, yang sedang dalam pengembangan saat itu.

Baca juga: GM Designer Hadirkan Rendering Mobil Sport Pesaing Ariel Atom

Sayap belakang yang lebih besar juga dipasang, bersama dengan roda mesh emas BBS 15 inci. Dengan demikian, mobil yang dibangun memiliki penampilan ‘Ferat Vampire RSR’ selama pemotretan, tetapi Skoda memutuskan untuk mempertahankan tampilan horor karena hal itu cukup populer.

Singkatnya pada Agustus 2021, mobil yang dimaksud telah menerima perubahan futuristik sebagai bagian dari seri ‘Skoda's Icons Get a Makeover’, yang juga mencakup kebangkitan hipotesis 1203 van. Sedangkan terkait upaya internal, mobil itu dibuat oleh desainer Perancis Baptiste de Brugiere dari tim desain perusahaan. Meskipun masih berupa desain, diharapkan mobil ini bisa ditampilkan secara nyata dalam acara Prague Comic Con pada bulan Oktober mendatang.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
automaker,
#
mobil sport,
#
automaker asal republik ceko,
#
mobil sport terbaru