MENU
icon label
image label
blacklogo

Ahli Suspensi Australia Rancang Sepeda Motor Trail Hybrid, Suspensi Ganda

AUG 18, 2020@15:30 WIB | 384 Views

Kawasaki KX450F dengan ujung depan ala Hossack mendukung satu set garpu teleskopik biasa. Tuner suspensi sepeda motor Australia Laurie "Suspension" Smith telah menciptakan jigger yang tampak menantang, dan mengklaim itu dapat membuat kendaraan yang lebih baik.

Suspensi TwoEvo, demikian sebutannya, menambahkan lapisan suspensi ekstra ke ujung depan motor, menangguhkan klem tripel dan sumbu kemudi yang menahan garpu cakram, dan secara radikal mengubah sudut garpu. Jika sepeda motor standar menawarkan travel suspensi roda depan 304,8 mm (12 in.), Sistem TwoEvo memberi Anda 375 mm (14,8 in).

Karena ada dua sistem suspensi yang beroperasi sekaligus, pada sudut yang berbeda, jalur perjalanan roda depan bisa jadi cukup rumit. Alih-alih lurus ke atas dan ke bawah seperti yang Anda lakukan pada sepeda tele-garpu biasa, sistem ini memberikan berbagai bentuk tonjolan "ideal" yang dapat ditangani.

Teori Smith adalah bahwa garpu itu sendiri mungkin lebih efektif dalam menangani komponen vertical, lekukan pada sudut yang lebih curam tempat mereka dipasang, serta sedikit terbenam di bawah rem. Sementara suspensi tambahan melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk komponen horizontal dan gaya.

Dalam sebuah wawancara dengan Australian Dirt Bike Magazine, Smith mengakui bahwa sistem tersebut menambah bobot sekitar 3 kg (6,6 lb). Memerlukan beberapa modifikasi rangka yang cukup besar, menambah kompleksitas yang berpotensi rapuh dan memberikan "tampilan yang agak aneh." Ini juga menambah kompleksitas yang signifikan pada proses penyetelan suspensi, karena guncangan Fox yang dapat disetel menambahkan kemungkinan penyesuaian ke sistem yang rumit dan dinamis.

Namun, ketika penguji berkendara ADBM, Mitch Lees, membawanya untuk berkendara, dia terkesan. Ia mencatat bahwa "Itu membuat gundukan kecil yang berombak terasa lebih halus dan hentakan besar tidak terlalu keras. Sungguh luar biasa! Sistem tegak lurus dari garpu membantunya terasa mewah, sementara shock MTB memungkinkan stabilitas superior seperti sepeda motor kebanyakan dengan kecepatan seolah-olah itu digaruk. Saat pengereman tidak menukik, yang saya tahu itu bukan karena sudut rake, sungguh mengejutkan. Dengan garpu yang tegak, aku mengira bekas roda berkecepatan tinggi akan menjadi bencana, tetapi ternyata tidak."

Smith melihat sistem ini sebagai sesuatu yang idealnya akan menjadi rumah pada sepeda OEM, karena kit aftermarket atau menempatkan sistem pada sepeda secara individual tidak sederhana atau murah. Tapi kami memuji setiap upaya untuk melampaui garpu teleskopik, dan perangkat ini adalah hasil dari beberapa tahun uji coba sekaligus pendekatan unik untuk masalah tersebut. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
ahli suspensi australia,
#
sepeda motor trail hybrid,
#
sepeda motor hybrid,
#
suspensi ganda

RELATED ARTICLE