MENU
icon label
image label
blacklogo

Ada Yang Punya Tombol Nuklir! Ini Dia Mobil Para Pemimpin Dunia DI KTT G20

NOV 16, 2022@11:00 WIB | 571 Views

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 saat ini sedang berlangsung di Bali. Konferensi yang mempertemukan 20 negara yang jadi kekuatan utama ekonomi dunia ini berlangsung dari tanggal 10 hingga 17 November 2022.

Dikutip dari situs web bi.go.id, G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Pada KTT G20 di Bali ini, sebagai tuan rumah, pemerintah Indonesia sebenarnya sudah mempersiapkan berbagai macam kendaraan listrik untuk memperlancar operasional KTT ini. Namun, beberapa negara tampak membawa mobil operasionalnya sendiri. 

Berikut ini beberapa mobil operasional beberapa pemimpin negara yang terlihat di KTT G20:

1. Mercedes-Benz G-Guard

Presiden termuda dalam sejarah Prancis, Emmanuel Macron tampaknya lebih memilih SUV Mercedes-Benz G-Guard sebagai kendaraan operasionalnya di Bali dibandingkan para pemimpin negara lainnya yang lebih memilih mobil jenis sedan atau limosin.

SUV anti peluru yang mengambil basis dari G-Class punya level perlindungan balistik VR7. SUV yang punya kemampuan off-road ini mengusung mesin V8 5.500 cc yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 480 hp.

2. Mercedes-Maybach S600 Guard

Mercedes-Maybach S600 bisa dikatakan adalah mobil yang jadi langganan pemimpin dunia untuk menjadi mobil operasional kenegaraan. Sedan mewah ini tampak dipakai oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan di Bali.

Sedan ini sudah mencapai level perlindungan balistik tertinggi, yakni VR10. fitur perlindungan untuk Mercedes-Maybach S600 Guard sendiri juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan pelanggannya.

3. Toyota Land Cruiser GXR

Selain mobil buatan Eropa, beberapa pemimpin negara G20 juga mengandalkan mobil buatan Jepang sebagai mobil operasionalnya, salah satunya adalah Toyota Land Cruiser GXR. SUV yang berbasis dari Land Cruiser 200 series ini dibekali dengan mesin berkapasitas 5.700 cc dan fitur perlindungan anti peluru di bagian bodi, kaca dan tangki bahan bakar.

Toyota Land Cruiser GXR sendiri terlihat digunakan oleh Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat penjemputan di bandara.

4. Hongqi N701

Presiden Tiongkok, Xi Jinping, terlihat membawa mobil kepresidenan sendiri yang dinamakan Hongqi N701. Hongqi adalah produsen mobil mewah tertua di Tiongkok yang sudah beroperasi sejak tahun 1959. Kode N701 merupakan kode yang menandakan mobil kepresidenan.

Spesifikasi dari Hongqi N701 sendiri dirahasiakan oleh pemerintah Tiongkok. Walau demikian, serupa dengan mobil-mobil kepresidenan lainnya, mobil ini pastinya sudah dilengkapi dengan fitur anti peluru dan anti ledakan.

5. The Beast

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memboyong mobil kepresidenannya langsung dari Amerika Serikat. Dijuluki “The Beast” mobil kepresidenan ini punya bentuk serupa limosin dan dirancang atas permintaan Secret Service. Limosin ini dibangun di atas sasis mobil truk GMC Top Kick.

Dengan berat sekitar 9 ton, The Beast dibekali dengan fitur perlindungan seperti kaca anti peluru dengan ketebalan 5 inci, plat anti ledakan di bagian bawah mobil, dan berbagai perlengkapan khusus, mulai dari telepon satelit, pasokan oksigen, hingga tombol nuklir. [fdlh/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
ktt g20,
#
mercedes-benz,
#
toyota,
#
the beast,
#
mercedes-maybach,
#
hongqi,
#
mobil