MENU
icon label
image label
blacklogo

860-E: Konsep Motor Elektrik dari Ducati yang Bergaya Retro

AUG 05, 2021@19:00 WIB | 148 Views

Pada tahun 1974 pabrikan sepeda motor Ducati menunjuk penata mobil Giorgetto Giugiaro dan perusahaannya Italdesign untuk menggambar model baru. Hasilnya adalah Ducati 860 GT, berkat desain tangki yang berbentuk angular dan casing mesin yang dirancang serupa, Ducati mendapatkan motor yang cukup berbeda.

 (Ducati 860 GT)

Penggemar "round case" Ducati 750 Twins masa awal, yang menampilkan casing mesin berbentuk bulat dengan gaya cafe racer yang lebih populer di industri otomotif, terkejut dengan gaya squared-off yang dihadirkan oleh Giugiaro, Tampilan baru dari 860 twins secara luas tidak terlalu dilirik oleh publik, dan penjualan pun anjlok, mendorong perusahaan untuk merombak 860 GT.

 (Ducati 860 GTS)

Dua tahun kemudian, model tersebut, berganti nama menjadi 860 GTS, menampilkan tangki bahan bakar yang lebih kecil dari GT, kursi tanpa duck-tail, setang yang lebih kecil, dan final drive ratio yang dikurangi. Dan dari sinilah tampilannya menyimpang lebih jauh dari gaya square-off originalnya, dan mengakhiri produksi model ini pada tahun 1979.

Kembali ke desain awal, Konsep Ducati 860-E yang dirancang ulang oleh Italdesign lima dekade kemudian masih mempertahankan beberapa garis ikonik dari yang asli, seperti tangki yang menjorok sampai ke bawah jok. Nuansa retro motor ini masih ada, bersama dengan garis dan juga skema warnanya.

Yang baru adalah sentuhan elektrik yang diberikan oleh perusahaan desain asal Italia tersebut. Mesin V-twin 90 derajat berpendingin udara diganti dengan modul baterai besar dan mesin listrik, serta lampu LED baru berbentuk lingkaran yang terlihat lebih terang dari pendahulunya.

Konsep ini mungkin terdengar dan kelihatan keren, Italdesign mengatakan bahwa itu hanya "sekadar uji coba" untuk merayakan karya seni Italia dari tahun 70-an. Seperti yang bisa ditebak, belum ada rencana untuk memproduksi motor ini di masa depan, but, who knows?. [era/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ducati,
#
ducati 860-e,
#
electric bike,
#
motor elektrik,
#
konsep motor