MENU
icon label
image label
blacklogo

80 Tahun RUF Automobile, Catatkan RUF CTR Sebagai 10 Mobil Tercepat di Dunia

MAY 06, 2020@21:00 WIB | 478 Views



Eksistensi RUF Automobile didunia modifikasi dunia patut menjadi patron.  Jay Leno  kolektor mobil langka dan terkenal di dunia setidaknya pentingnya eksistensi RUF di dunia otomotif dengan tiga koleksi mobilnya.  Mobil-mobil RUF adalah mahakarya konversi terbaik untuk varian Porsche. Sayang sekali nama RUF Automobile tidak menggaung sebegitu nama tuner beken lainnya,  Alpine, Mopar,  Italdesign. Seberapa besar historis RUF Automobile itu bisa dibuktikan dengan pemutaran film dokumenter Love at the Red Line, melalui akun youtubenya rufsince1939.



RUF Automobile  bermarkas di Pfaffebhausen,  Jerman  menjadi bagian penting dari produsen Supercar dunia.  Berbasis bisnis keluarga akhirnya berkembang menjadi builder dunia setelah melewati ujian waktu dengan karakteristik yang sama hampir tidak mengalami perubahan.



Alois  dan istri Estonia Ruf adalah owner sebagai generasi kedua yang menjalani bisnis ini.  Sang ayah Alois adalah pekerja di Porsche,  namun mobil Porsche yang ia kendarai menabrak bus dan masuk ke selokan.  Hingga dengan modifikasi sedikit,  penyok pada bumper berhasil diperbarui dan dijual kembali. Dari pengalaman inilah pengalaman RUF dalam memodifikasi mobil berkembang dari mulut ke mulut.
 

RUF Sr memulai bisnis sejak 1939, dimulai dengan membangun bis sendiri.  Mengjnjak tahun 60-an, mobil yang dibangun mulai khusus pada Porsche, atau lebih tepatnya konversi Porsche.  Sementara Alois Jr mengambil alih bisnis pada tahun 70-an.  Porsche CTR menjadi konversi paling berhasil,  minimalis, purity, serta performance.  Bagi Freeman Thomas, sang desainer  RUF body  Porsche yang ia ciptakan cukup punya karakter.  



Selain body,  performance mesin juga menjadi bagian yang dikerjakan RUF, sehingga tahun 2001, RUF CTR dinobatkan sebagai 10 mobil tercepat didunia. Porsche 959 Sport menjadi yang tercepat di rentang akselerasi 0-98 kpj hanya dengan 3,6 detik,  sementara Koenig/RS hanya mampu di 4 detik. Porsche RUF hanya butuh  11,6 detik untuk berlari di kecepatan  214 kpj, mirip saat pengujian 1/4 mile hanya 11.7 detik, dan kecepatan tertingginya 200 mph atau 321 kpj.  Catatan ini diuji dan ditulis langsung oleh majalah Roads and Track. 



Saking cepatnya RUF CTR masuk dijajaran  mobil Gran Turismo game PC era 1998. Tak ayal bila sejumlah nama seperti Freeman Thomas (perancang),  Rod Emory (modifikator Porsche), Kazunori Yamauchi (produser Gran Turismo)  dan kolektor serta owner RUF Bruce Meyer adalah orang yang mengoleksi RUF CTR selain Jay Leno.



"Selama bertahun-tahun, RUF telah menandai momen penting dalam sejarah otomotif dunia, " tutur Alois Ruf Jr,  sang sutradara.  "Film ini  telah menarik tirai RUF dan sharing dunia otomotif  yang membutuhkan ratusan orang bekerja dan memancing banyak hasrat petrolheads untuk datang dan memesan.  Mereka para karyawan,  pelanggan dan enthusiast  telah membantu  kami merubah visi kami menjadi kenyataan, " tutup Alois.  [Ahs/timBX]

Tags :

#
ruf automobile,
#
modifikator mobil,
#
modifikasi porsche,
#
80 tahun ruf automobile,
#
alois ruf,
#
porsche 911,
#
love at the redline,
#
film dokumenter