MENU
icon label
image label
blacklogo

8 Interior Mobil JDM Sports Klasik Terbaik (2 yang Terburuk)

DEC 31, 2020@12:00 WIB | 1,288 Views

Interior mobil Jepang selalu kurang jika tentang kemewahan dan lebih banyak tentang presisi dan efisiensi, tetapi beberapa memiliki cara yang sangat unik untuk sampai ke sana.

Mobil sport JDM sangat disegani, dan bahkan legendaris saat ini karena berbagai alasan. Efisiensi dan keterjangkauan adalah di antara alasan-alasan tersebut, kinerja adalah hal lain, tetapi kesejukan secara keseluruhan cenderung menyelimuti mesin kinerja yang diproduksi Jepang . Dari Supra hingga RX-7, kebanyakan gearhead saat ini memiliki setidaknya satu mobil sport Jepang yang mereka idolakan dan mereka kagumi.

Bagian dari daya tarik JDM adalah desain interior, bagaimanapun, di sinilah Anda menghabiskan paling banyak waktu dengan mobil Anda  - kecuali untuk ratu garasi. Sementara penumpang ekonomi seperti Toyota Corolla mungkin telah membuat permainan desain interior Jepang tampak membosankan dalam pendekatan fungsi-maju, banyak mobil sport JDM  menggunakan metodologi ini dan membuatnya keren, secara logis meletakkan semua kontrol yang Anda butuhkan dengan cara yang memprioritaskan sopir.

Meski begitu, tidak semuanya menjadi begitu hebat. Jadi, baca terus, untuk melihat 10 interior mobil sport Jepang terbaik, serta 2 yang tidak terlalu bagus.

10/10 Interior Terbaik: Nissan Fairlady Z (Datsun 240Z)

Sebuah mobil sport yang secara permanen mengubah citra impor di Amerika Utara, Datsun 240Z (disebut Fairlady Z di pasar Jepang) membawa kehalusan yang begitu baik dan sporty dengan harga yang terjangkau sehingga dengan cepat menjadi sukses besar, meningkatkan reputasi mobil Jepang harus mencapai level yang akan mengubah pasar mobil selamanya.

Memulai debutnya pada penjualan tahun 1969  , Fairlady Z - dinamai sesuai dengan pertunjukan Broadway  My Fair Lady,  adalah sensasi. Menggabungkan tampilan modern yang ramping dan sporty dengan performa luar biasa untuk dolar, Fairlady Z berada jauh di depan mobil-mobil Jepang pada masa itu, mengusung konstruksi yang halus dan andal, serta interior yang sungguh fantastis. Bagi penggemar Nissan, pengukur tiga kali lipat di bagian tengah dasbor kemungkinan besar sudah tidak asing lagi, karena desain ini menginspirasi gaya interior modern 350z dan 370Z. Secara keseluruhan interior yang dirancang dengan baik dan dibangun dengan baik, Fairlady Z asli adalah legenda untuk alasan yang baik, baik di dalam maupun di luar.

9/10 Interior Terbaik: Nissan Skyline 2000 GT-R

Nissan klasik lainnya yang mengubah permainan, Skyline 2000 GT-R, juga dikenal sebagai "Hakosuka", adalah pengenalan papan nama performa paling legendaris dari merek yang terus diproduksi hingga hari ini.

Tidak pernah dijual di Amerika Utara, Skyline 2000 GT-R adalah mobil balap sejati untuk jalan raya, yang menerapkan Skyline generasi C10 yang sederhana dengan penanganan dan kecepatan yang luar biasa. Memulai debutnya pada tahun 1969 , Hakosuka GT-R tampak luar biasa, dengan garis kotak yang bersih dan tajam yang terlihat agresif hingga hari ini. Di bagian dalam juga, silsilah balap Hakosuka GT-R segera terlihat. Sederhana, namun halus dan sporty, interior Hakosuka GT-R terlihat siap untuk balapan, tetapi juga cukup nyaman untuk meluncur di jalanan.

8/10 Interior Terbaik: Toyota 2000GT

Sebuah klasik menakjubkan yang membantu menempatkan Toyota di peta sebagai pembuat mobil sport yang disegani, Toyota 2000GT adalah salah satu model merek yang paling dikagumi, dan hari ini adalah barang kolektor bernilai tinggi yang dijual dengan harga hampir satu juta dolar di lelang.

Memulainya bukan sebagai Toyota tetapi sebagai Yamaha, desain 2000GT tidak berhasil diusulkan ke Nissan, tetapi diadopsi oleh Toyota yang bersedia mengambil risiko dan memasuki pasar mobil sport. Sementara Sports 800 adalah mobil sport pertama Toyota , itu adalah mesin mungil seperti mobil Kei. 2000GT memulai debutnya pada tahun 1967, dan merupakan salah satu mobil sport paling halus dan mewah pada masanya, dengan penanganan yang tepat dan kecepatan yang relatif tinggi. Bagian dalam yang tertata apik, interior 2000GT sama spektakulernya dengan mobil sport Eropa pada masanya, dihiasi dengan kayu dan kulit dengan desain yang tetap menawan hingga hari ini.

7/10 Interior Terbaik: Toyota Supra (Mk4)

Mungkin yang paling legendaris dari semua mobil sport Jepang, Mk4 Toyota Supra telah menjadi ikon klasik, terkenal karena kemampuannya disetel dengan figur tenaga yang konyol, dan dipuja karena tampilan eksteriornya yang sangat ramping.

Tetapi keinginan MK4 Supra tidak hanya berakhir dengan kekuatan dan tampilan luarnya, karena interiornya sama legendarisnya dengan desain sporty yang unik. Meskipun dicemooh karena tata letaknya yang "sederhana" , interior MK4 Supra dikenang hari ini sebagai salah satu kokpit mobil sport paling murni di luar sana. Kokpit lebih dari sekedar sinonim untuk interior di sini, karena desain Supra meniru kokpit jet tempur, membungkus pengemudi dengan pengukur dan tombol yang mudah diakses dengan cara terbaik.

6/10 Interior Terbaik: Toyota MR2 (AW11)

Produk yang jelas pada masanya, interior MR2 generasi AW11 sebagian besar terbuat dari plastik, dan sekitar tahun 80-an sebagai interior. Tapi, ekspresi murni dari desain tahun 80-an itu sangat keren, dan hari ini adalah contoh utama dari gaya bersudut, kotak — luar dalam.

Diperkenalkan pada tahun 1984 , MR2 mengambil tata letak RWD mesin tengah yang ditemukan hampir secara eksklusif di supercar dolar tinggi, dan membuatnya terjangkau untuk umum. Lincah dan relatif cepat, MR2 sukses berkat formula uniknya, dengan Pontiac Fiero yang bernasib malang menjadi satu-satunya mobil yang mencoba dan meniru tujuan MR2. Sama seperti Supra, interior AW11 MR2 benar-benar fokus pada pengemudi, tetapi tidak seperti sampul gaya jet tempur yang mulus, interiornya menggunakan gaya kotak-kotak. Sementara banyak contoh dari gaya plastik tahun 80-an ini telah menua dengan buruk, AW11 MR2 belum, terlihat sangat keren hingga hari ini.

5/10 Interior Terburuk: Toyota MR2 (W30)

Melihat interior AW11 yang luar biasa unik membuatnya semakin buruk. Dijual sebagai versi terakhir dari MR2 tercinta, generasi W30 (juga dikenal sebagai MR-S di Jepang) membuang sebagian besar keunikan papan nama di bagian dalam, alih-alih menggantikan interior yang terlihat seperti renungan.

Sementara generasi yang mengikuti AW11 secara signifikan kurang unik di bagian dalam, namun tetap sporty dan fokus pada pengemudi. W30 MR2 masih merupakan MR2 terus menerus, menawarkan pengalaman mesin tengah yang segar dan menyenangkan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tapi interiornya memungkiri pengalaman sporty yang luar biasa itu. Didesain secara ergonomis dan ditata secara fungsional, interior W30 MR2 bagus dalam artian logis, tetapi terlihat dan terasa seperti akan lebih cocok untuk salah satu komuter ekonomi Toyota daripada mobil sport yang unik dan keren.

4/10 Interior Terbaik: Mazda Eunos Cosmo (JC)

Sebuah mobil sport yang sangat maju pada masanya, yang saat ini adalah salah satu mobil sport JDM yang paling diremehkan, Mazda Eunos Cosmo melanjutkan papan nama Cosmo dengan kemewahan luar biasa, janji teknologi tinggi, dan daya putar yang unik.

Memulai debutnya pada tahun 1990, generasi JC Eunos Cosmo  dimaksudkan untuk menjadi mobil putar terbaik yang pernah dibuat perusahaan . Didukung oleh mesin rotary Wankel 3-rotor twin-turbocharged yang unik, Eunos Cosmo menghasilkan tenaga 300 hp. Dibangun lebih sebagai grand tourer mewah, Eunos Cosmo dilengkapi dengan interior kulit mewah dihiasi dengan teknologi mobil terbaik tahun 1990 yang ditawarkan Jepang. Desain ramping dan futuristik, interior Eunos Cosmo sangat memukau dan hingga saat ini jauh lebih modern daripada sebagian besar interior mobil Jepang tahun 90-an.

3/10 Interior Terbaik: Honda S2000

Sebuah mobil sport kecil dengan interior yang jarang tidak selalu berarti buruk. Membuktikan hal tersebut, Honda S2000 membuat tanda sebagai mobil sport murni yang gesit dan menyenangkan, dengan interior yang lebih murni berfokus pada pengemudi.

Mulai dijual untuk perayaan 50 tahun Honda - pada tahun 1999, S2000 adalah versi modern dari mobil sport kecil bersejarah Honda seperti S800. Dan betapa luar biasanya, mengirimkan hingga 247 hp (dalam bentuk JDM) melalui roda belakang dengan redline 8.000 rpm yang menjerit, S2000 masih dicintai oleh penggemar hingga hari ini karena pengalaman berkendara yang menggembirakan. Meskipun sangat sederhana, interior S2000 sama legendarisnya dengan karakteristik pengemudiannya, dengan takometer digital yang sangat unik, dan tata letak kontrol yang menyelimuti pengemudi, membuat hubungan antara manusia dan mesin menjadi lebih baik.

2/10 Interior Terbaik: Honda NSX

Dijual sebagai Acura NSX di Amerika Utara, Honda NSX legendaris mengubah permainan saat dirilis, mengubah gagasan tentang apa yang bisa dan seharusnya menjadi supercar.

Sebelum NSX hadir, mengendarai supercar adalah pengalaman yang sebagian besar tidak menyenangkan di luar kinerja dan gaya, dengan ergonomi, kenyamanan, dan keandalan menjadi yang terbaik sebagai renungan, dan yang terburuk merupakan gagasan ofensif bagi para Italian greats. Dibangun dengan fokus pada penawaran performa kompetitif, sambil menunjukkan bahwa mobil seperti itu memang bisa menjadi pengalaman yang layak huni, NSX memulai debutnya pada tahun 1990 dan dengan sangat cepat membuktikan maksudnya. Fokus utama dari pengalaman yang menyenangkan itu, interior NSX bukanlah tampilan yang paling mengasyikkan tetapi dengan pas membungkus pengemudi dengan semua kontrol yang diperlukan yang ditata secara logis. Selain itu, NSX tidak memiliki plastik murah khas Honda di bagian dalamnya, melainkan membawa tingkat kehalusan yang luar biasa.

1/10 Interior Terburuk: Honda Beat

Salah satu segmen paling unik untuk mobil sport, Honda Beat adalah apa yang dikenal sebagai mobil Kei - kelas kendaraan mikroskopis di Jepang yang dirancang untuk jalanan kota yang sempit.

Banyak hal yang diharapkan dengan mobil Kei. Ukuran yang sangat kecil, mesin kecil yang berputar tinggi, dan banyak penonton yang bingung (jika Anda mengimpornya) adalah di antara hal-hal itu, tetapi interior berkualitas tinggi itu tidak termasuk. Sangat sempit, keras, dan seluruhnya terbuat dari plastik, interior Honda Beat merupakan kompromi terbaik. Selain itu, membuat hal-hal menjadi sangat aneh, kursi dan karpet bermotif zebra standar jelas unik, tetapi membutuhkan jenis selera otomotif yang sangat spesifik untuk dihargai. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
interior mobil,
#
interior mobil jdm sports klasik terbaik,
#
interior mobil terbaik