MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Ungkap Filosofi Desain Interior Baru

APR 28, 2021@10:00 WIB | 317 Views

Baru-baru ini Honda mengungkapkan bahasa desain baru yang akan membentuk interior model masa depan melalui video yang diposting online. Di antara detail dan perjalanan menyusuri jalur memori, sekilas nampak terlihat kabin yang kemungkinan besar milik Civic generasi kesebelas, berkat sketsa pra-produksi.

Di dunia kendaraan bermotor, Honda adalah perusahaan yang relatif muda, meluncurkan sepeda motor pertama yang diproduksi secara massal pada tahun 1949 dan menjadi mobil penumpang pertama 14 tahun kemudian. Sejak itu, dengan cepat tumbuh menjadi salah satu pabrikan terpenting di industri, merevolusi mesin balap dan kendaraan jalan raya.

Ketika kita berpikir tentang mobil Honda, hal pertama yang mungkin terlintas di benak kita adalah VTEC (variable valve timing dan lift electronic control), sebuah teknologi yang mengubah desain mesin secara fundamental. Namun, bertahun-tahun sebelum VTEC muncul, perusahaan Jepang ini memperkenalkan desain inovatif lainnya yang mengubah industri otomotif. Salah satu yang paling penting namun sering dilupakan adalah kunci universal.

Di awal tahun 70-an, semua mobil membutuhkan dua kunci: satu untuk kunci kontak dan satu lagi untuk pintu, bagasi, dan tutup bensin. Honda mengubahnya dengan memperkenalkan satu kunci yang bisa digunakan untuk membuka segalanya dan menyalakan mobil. Apalagi, itu dua arah, yang membuatnya lebih mudah untuk dimasukkan, terutama di malam hari. Desain inovatif ini jadi inspirasi bagi seluruh industri yang mengadopsinya sebagai standar di tahun-tahun berikutnya.

Ide inspiratif lain yang akhirnya diterjemahkan ke banyak pembuat mobil adalah filosofi "Man Maximum / Machine Minimum" dari perusahaan. Pendekatan ini meningkatkan ruang kabin pada Honda kompak awal dengan mengurangi ruang yang dibutuhkan untuk elemen mekanis.

Seiring dengan kemajuan teknis dalam beberapa dekade terakhir, desain interior kendaraan berkembang secara dramatis. Di mana kini telah ada fitur canggih yang tak terhitung jumlahnya yang dapat diakses dengan menekan atau menyentuh tombol, namun dalam beberapa kasus, tata letaknya dapat mengganggu.

Untuk membuat hal-hal sesederhana mungkin bagi pengemudi dan penumpang kendaraan masa depan mereka, pembuat mobil tersebut telah mengungkapkan filosofi desain baru yang berjudul "simplicity/kesederhanaan" dan "something/sesuatu", yang diilhami oleh pendekatan yang berpusat pada manusia yang dipopulerkan oleh model klasik.

Dalam video yang diposting di situs web perusahaan, Johnathan Norman, pimpinan kreatif untuk desain interior Honda di AS, menjelaskan bahwa konsep "simplicity" akan menjadi fokus utama generasi interior Honda berikutnya, sedangkan sudut pandang "sesuatu" akan tentukan kepribadian unik dan daya tarik masing-masing model.

Bahasa desain baru ini akan memulai debutnya pada Honda Civic generasi kesebelas. Gambar resmi pertama eksteriornya telah terungkap baru-baru ini, dan dalam video yang disebutkan di atas. kami melihat sekilas tentang apa yang kemungkinan adalah kabin Civic 2022 yang telah dirubah.

Seperti yang bisa kita lihat pada sketsa yang terungkap, setiap elemen telah dirampingkan untuk memberikan kesan lapang tanpa mengorbankan keanggunan semuanya. Roda kemudi tampak lebih tipis dari model sebelumnya, sedangkan tuas persneling tradisional belum digantikan oleh kontrol transmisi tombol tekan yang ditemukan pada beberapa model lain.

Selain itu, tampilan infotainmen berada di atas dasbor, tetapi ditempatkan pada posisi yang tampaknya ideal sehingga tidak menghalangi bidang pandang pengemudi. Itu akan datang dengan satu kenop volume fisik, sesuatu yang hilang dari model saat ini. Di bawah layar, desainer memasang elemen sarang lebah ramping yang membentang di sepanjang dasbor, menggantikan ventilasi konvensional.

Secara keseluruhan, interior Civic yang akan datang merupakan peningkatan besar yang dengan sempurna mencerminkan filosofi desain baru. [asl/timBX]

Tags :

#
filosofi desain interior mobil,
#
filosofi desain interior honda,
#
honda,
#
desain baru interior