MENU
icon label
image label
blacklogo

25 Jaguar D-Type Dibangun Ulang Untuk Well-Heeled Enthusiasts

FEB 08, 2018@17:00 WIB | 156 Views

Setelah Bentley 1927 replica scale yang bakal dilelang di Retromobile, Paris. Automaker Jaguar tidak mau kalah dengan membangun mobil balap legendarisnya, Jaguar Tipe D. Mobil tersebut pernah memenangkan  balapan 24 Hours of Le Mans selama tiga tahun berturut-turut dari 1955 hingga 1957. Pihak Jaguar sedang memburu menyelesaikan 25 unit Tipe D.

Sebelumnya, kita disuguhkan rencana Jaguar membangun 18 mobil Jaguar tipe E, namun rencana tersebut hanya berhenti di angan-angan. Pembatalan tanpa sebab akhirnya diganti dengan membangun 9 XKSS road cars, yang merupakan penerus D-type, namun akhirnya terjadi kebakaran.

Timeline pembangunan mobil legendaris Jaguar berlangsung sejak tahun 2014. Dengan susah payah membangun model versi baru E-Type dan XKSS yang cukup otentik, dengan memberikan nomor seri pabrik, dari beberapa yang hilang.

“Jaguar D-Type bagi kami merupakan mobil balap paling ikonik dan paling indah sepanjang masa. Selain itu D-Type pernah merebut catatan sebagai mobil balap paling berat.  Dan kisah-kisah itu sama spektakulernya hingga hari ini,” tutur Tim Hannig, Jaguar Land Rover Classic Director dalam keterangan rilisnya.

Sebelumnya, Jaguar berencana membangun 100 tipe dalam satu periode. Namun rencana tersebut berubah menjadi 75 mobil saja. Dan kini realisasinya hanya akan membangun 25 mobil di Conventry Factory.

“Bagi kami, success story D-Type adalah kesempatan besar. Ini merupakan sekali dalam seumur hidup yang melibatkan tenaga ahli yang world class experts di Jaguar Land Rover Classic dengan penuh kebanggaan.”

D-Type akan tersedia dalam spesifikasi  Shortnose 1955 dan Longnose 1956, yang diputuskan setelah permintaan individual kepada Jaguar. Nah, yang akan tampil di Retromobile, versi Longnose  yang telah menjadi first engineering prototype dan siap mejeng di depan publik.

Belum ada informasi harga yang tersedia. Sementara mobil-mobil iconic yang lain tidak pernah menembus harga USD9 juta saat lelang kolektor mobil di Scottsdale. Penulis sendiri berharap D-Type akan tembus di harga tersebut, agar Retromobile mencatatkan rekor baru.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
jaguar,
#
jaguar d-type,
#
24 hours of le mans,
#
rebuilt,
#
retromobile