MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Scirocco - Bukan Sembarang Project

APR 10, 2018@15:00 WIB | 1,436 Views

VW Scirocco atau yang biasa dipanggil Rocco ini merupakan sport compact coupe generasi ke-3 dari keluarga besar Scirocco semenjak pertama kali diproduksi oleh Volkswagen pada tahun 1974. Volkswagen sendiri selalu identik atau terinspirasi memberikan nama-nama terhadap bayi mobil yang lahir di pabrik mereka dengan nama angin (Jetta, Polo, Golf, dan lain-lain). Scirocco sendiri diambil dari nama angin di yang berhembus di daerah Mediterania.

Alasan itulah buat Aulia Mufti mobil ini terasa spesial. Tak heran, mobil ini dia jadikan sarana mewujudkan proyek modifikasi yang pertama kali ia lakukan. Bahkan penampilannya kali ini mampu mencuri banyak perhatian orang, bahkan tim Blackxperience sekalipun. Bisa dibilang mobilnya meski terlihat ekstrem, namun masih bisa digunakan untuk daily use.

Dengan profil desain yang ramping, atap rendah dan penuh kurva, VW Scirocco selalu terlihat up to date. Makanya saat Aulia bertandang ke Akasia Motor, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk Akasia merancang ubahan custom-nya. Bengkel modifikasi yang bermarkas di Jatibening, Bekasi itu, memutuskan untuk memberi nafas baru buat mobil sport tiga pintu itu.

Terinspirasi dari ajang reli dunia, Akasia membuat Scirocco makin gagah dengan wide body. Penampakan baru mobil ini pun jadi semakin bahenol, baik dilihat dari belakang mau pun bagian depan. Kesan ramping pun seketika hilang. Bersamaan dengan makin lebarnya sepatbor, Akasia mengubah bagian fascia depan dengan lubang udara yang besar agar udara panas dari mesin makin gampang keluar.

Karakteristik barunya juga didukung dengan side skirt yang dipadu dengan pelek sporty. Kesan bold di depan berlanjut sampai belakang. Di sini, Akasia benar-benar membuat Scirocco bak mobil balap. Terdapat sayap yang dipasang di bagian atas bagasi.



Sayap yang mengubah penampilan keseluruhan ini makin enak dilihat dengan fender depan Radius yang dilengkapi lubang udara carbon kevlar dan diffuser, plus lubang knalpot empat buah.

Interiornya pun tak kalah agresif dengan pemakaian bahan kulit Autoleder yang dijahit kuning, panel karbon, hingga penggunaan pedal set Osir.

Beberapa perangkat audio juga dimasukan hingga memenuhi bagian bagasi. Meliputi speaker 3way Cressendo di bagian depan, sedangkan pada bagasi dipasang speaker coaxial Cressendo di bagian belakang, power monoblock Ground Zero, power 4ch Cressendo, subwoofer Ground Zero dan headunit Kenwood sebesar 7 inci.

Satu yang pasti, mobil hatchback dan berbentuk bulat, pasti tampak manis dan sexy apabila di photo dari samping. Asalkan mobilnya sedikit membumi dan high hells-nya bagus. Bicara high hells. Wisnu sang modifikator dari Akasia terbilang seorang yang cukup unik menggabungkan antara JDM dengan Euro car. Mungkin karena bosan dan tak ingin dianggap sebagai follower dari trend pengguna velg Eropa yang sudah kelewat mainstream pada Scirocco, akhirnya diputuskan untuk menggunakan Ksport is-27 berdimensi 19 inci.

Ternyata selidik punya selidik sebelum memiliki velg ini, ternyata Aulia sang pemilik mendapatkannya dari sebuah mobil modifikasi yang lain. Tapi namanya sudah naksir, dia rela merogoh kantong lebih dalam agar sang empunya rela melepas velg itu dari mobilnya. Selebihnya, biar tak mentok aspal dan lebih nyaman saat melalui jalan berkelombang, dipakai air suspension Airgen 2ch.

Walau sudah terlahir sebagai high performance pocket rocket, tetapi sang pemilik yang juga masih pengantin muda itu, masih belum puas dan segera melakukan ubahan di dapur pacu. Standarnya, output totalnya mencapai 200 HP on wheels. Akhirnya, atas mandat sang pemilik,  Wisnu memutuskan untuk tetap mempertahankan turbo standar.

Hanya saja, blow off valve diganti HKS tipe high boost. “Jadi kini boost turbo dapat dinaikkan sampai 1,6 bar!” ungkap pria ramah ini. Demi mengatur performa yang sudah melonjak, ECU mesti di-reflash hingga stage 2. Mesin sedahsyat itu tentu perlu pendinginan maksimal pada perangkat turbonya. Makanya dipakai intercooler Apexi.

Mendukung performa mesin yang luar biasa, tentu pengereman dan kaki-kaki ikut dibenahi. Atas kalkulasi yang matang, seperangkat big brake kit AP Racing 6 kaliper ngumpet dengan manis di balik K-Sport yang ditebusnya dengan harga hampir Rp 75 juta. [bil/timBX]

Spesifikasi VW Scirocco:

Exterior

Bodykit customize full bumper (front,sideskirt,rear bumper)

Carbon kevlar full splitter

(Front,sideskirt, rear difusser)

Rear ducktail carbon kevlar

Side airflow carbon kevlar

Carbon kevlar side mirror

Custom paint chameleon 5color shifter by akasia custompaint

Front grill carbon kevlar by osir

Widebody custom pandem style

Radius fender

Interior :

Full retrim interior by

Autoleder combine suede alcantara

Custom rainbow stitch

Custom paint interior panel yellow

Carbon panel interior panel by osir

Custom reshape steering wheels

with alcantara & carbon kevlar

Shiftknob osir

Pedal set osir

Plafon suede alcantara

Custom floormat by autoleder catania

Kaki2 :

- Airgen airsuspension 2ch deluxe package

- Ksport is-27 forged wheels 19 10+11

Yokohama sdrive tyre 225/35 265/30

AP Racing cp9040 6pot front

AP Racing cp9200 4pot rear

Rear camberkit RBcustom

Front adjustable camber plate

Audio sysyem :

Headunit kenwood

Speaker 3way cressendo

Speaker coaxial cressendo

Subwoofer ground zero

Power monoblock ground zero

Power 4ch cressendo

Custom cosmetic audio cabin

Hardline & trunk setup

Mesin ;

Remap ecu stage 2

Intercooler apexi

Blow off hks

Open filter simotta

Tags :

#
vw scirocco,
#
volkswagen,
#
automods,
#
modifikasi