MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Velg Honda HR-V - Menambah Performance Handling and Fashion

SEP 05, 2018@13:06 WIB | 1,218 Views

Auto Jurnal kali ini akan membahas modifikasi velg untuk Honda HR-V-Mugen. Honda HR-V yang dibekali dengan dua varian mesin 1,5 liter standar dan untuk varian Mugen mengusung kubikasi mesin 1,8 liter. Nah, pilihan velg apa yang mampu menambah prestige HR-V Mugen ini, pastinya ada pola tersendiri, selain meningkatkan kelas, sisi confortable juga perlu diperhatikan loh Black Pals.

Bersama bro Wiro Sukmono dari Permaisuri BSD, Black Pals akan di-guidance bagaimana memasang velg yang sesuai, dengan tujuan fashion, performance handling dan penampilannya sosok HR-V.

"Mobil HR-V merupakan SUV dengan gaya sporty, namun karena marketnya di Indonesia, mobil ini juga untuk digunakan keluarga. Akhirnya pilihan saya lebih aman menggunakan velg dengan ring 18 inci, tentunya juga nyaman untuk keluarga," tutur Wiro Sukmono dari Permaisuri BSD. 

Seperti kita ketahui, HR-V memiliki ukuran velg standar 215/55/R-17. Nah, untuk upgrade kaki-kaki seyogyanya bagaimana memilih velg yang tepat dan tidak mengakibatkan berkurangnya tampilan HR-V, karena sedikit over fender. Berikut ini ada dua pilihan velg beserta bannya. 

Velg pertama yang menjadi pilihan adalah OZ Racing 150, buatan Italia. Velg ini cukup istimewa karena sektor warna yang dipesan secara khusus. Velg OZ Racing 150 menggunakan warna bronze, dengan face diamond cut dan windownya berwarna bronze. Velg OZ Racing ini menjadi velg istimewa karena dipesan khusus dari Italia hanya 10 set untuk Permaisuri Ban. Karena website OZ Racing sendiri tidak mendisplay varian warna ini dalam situs resminya.

"OZ Racing tipe ini sebelumnya berwarna gun metal, dan banyak di pasaran. Khusus untuk Permaisuri dipesankan warna khusus bronze. Saya rasa velg dengan warna khusus ini cukup menarik karena special order dan jarang yang menyamai (limited edition)," jelas bro Mono. 

Velg OZ Racing 150 Italia,  bakal dikawinkan dengan ban Michelin ukuran 235/50 R18. Artinya bro Mono hanya menaikkan ukuran velg satu inci menjadi 18 inci dari ukuran standar ban 215/55 R17. Tampilan OZ Racing yang sporty, namun bro Mono tetap ingin mempertahankan sisi kenyamanan saat berakselerasi Black Pals. 

Velg kedua, Facewheels FF74 ring 18 yang secara kualitas dicetak secara teknik flow forming, kemudian dalam kondisi panas ditarik pada ukuran tertentu. Jadinya lebih ringan dari velg biasa. Dengan membawa warna matt black, lebih match dengan warna merah HR-V Mugen. Selain Facewheels dengan warna matt black, ada juga pilihan warna lain gun metal.

Velg Facewheels dipadukan dengan ban Continental. Dengan ukuran yang sama, ban ini terlihat lebih sporty dan lebih gemuk. Mengapa? Memang secara kontruksinya lebih tebal, bila dibandingkan dengan Michelin. Padahal ukuran ban keduanya sama, dan tergantung kepada Black Pals, seleranya mana yang lebih cocok.

Antara velg Facewheels memiliki inset 42, dan OZ Racing memiliki inset 45, dengan lebar keduanya 8 inci. Meski ukurannya cukup jarang, kedua velg ini memiliki size yang pas HR-V Mugen. Sedangkan velg yang biasanya memiliki inset -38 cenderung over fender, bro Mono tidak mengajurkan upgrade yang seperti ini.

Harga yang ditawarkan untuk velg OZ Racing berkisar Rp38 jutaan. Bila digabungkan dengan ban Michelin satu set sekitar Rp40 jutaan lebih. Untuk paket kedua velg Facewheel dihargai Rp22 jutaan per set. Bila Facewheel dipaketkan dengan paket ban Continental Max Contact MC6  mencapai Rp30 jutaan per set.

Nah setelah kita ketahui kedua merek tersebut, Black Pals akan kami ajak untuk membedah secara materialnya. Untuk velg Facewheel yang bergaya sporty ini teknik pembuatannya secara casting kemudian flow forming, sehingga secara material lebih ringan, dan membantu performa kendaraan dalam berakselerasi. Sedangkan untuk merek OZ Racing, cara pembuatannya secara casting (cetak) murni. Meski secara cetak, gaya velg ini cukup bagus dan tetap ringan. Antara kedua velg tersebut terbuat dari bahan alloy yakni campuran besi dan alumunium. 

"Secara teknik bahan Flow Form dengan material setengah kemudian dipanasin dan ditarik. Sedangkan casting materailnya dengan material penuh yang dicetak," jelas bro Mono. 

Perpadunan antara velg lebar dari standar dan ban yang menggigit tentunya performance handling-nya lebih enak. "Setelah upgrade ban dan velg, kenyamanan dan handling lebih tercapai. Hal ini akan semakin bagus bila, Black Pals mengupgrade coil over, agar memberikan handling yang lebih nyaman dan bisa di-adjustable," tambahnya. 

Ketika kami konfirmasi soal traksi, ban Michelin Primacy 3 ST (silent tone) merupakan pilihan yang nyaman dan tidak berisik serta memiliki cushion guard, yang membikin ban tidak cepat aus. Untuk ban Continental sudah menggunakan silica compound, lebih tebal dan tingkat kebisingannya tidak terlalu bagus dari Michelin. Dan yang perlu diketahui Black Pals, bahwa setiap ban memiliki spesifikasi loading dex dan speed rating. 

Nah, bagi Black Pals yang tertarik untuk upgrade kaki-kaki di Permaisuri BSD. Ada program cicilan 0% dari 3-24 bulan. Tidak perlu khawatir dengan konektivitas perbankan, karena sistem Permaisuri telah terhubung 15 bank, dan Black Pals akan mendapatkan layanan spooring, balancing, nitrogen gratis selamanya, di semua cabang Permaisuri.[Ahs/timBX]

  
Paket Velg : 


1.Velg OZ Racing 150 Italia  Matt Bronze Diamond Cut 18 inci dan Ban Michelin 3X3 235/50 R18 harga Rp40 jutaan lebih
2. Velg Facewheels FF74 18 inci dan Ban Continentals 235/50 R18 harga Rp30 jutaan.

Bengkel : Permaisuri BSD.

Tags :

#
automods,
#
auto jurnal,
#
modifikasi,
#
honda hr-v mugen