MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Setir Toyota Veloz, Bikin Makin Bergaya dan Sporty

MAY 08, 2019@14:28 WIB | 1,389 Views

New Toyota Veloz 2019 memang menyenangkan untuk dikendarai BlackPals. Lebih lanjut, kalau mungkin kalian yang sudah pernah mengendarai mobil ini, Veloz 2019 ini sudah menggunakan setir dengan balutan kulit. Cukup nyaman ketika memegang setirnya, meskipun hanya ada lekukan sedikit untuk jari, alias bulat seperti biasa. Nyaman memang, namun kembali lagi namanya jiwa lelaki, pengennya yang rada dikit ngejreng, agar lebih beda, lebih laki, atau lebih ngganteng.

Akhirnya kami search bengkel mana yang memiliki modifikasi setir di Jakarta ini, dan dapatlah bengkel RBG Auto, didaerah Kemayoran, tepatnya di Mall MGK. Kami pun janjian untuk bertemu, sekaligus memilih setir yang cocok untuk Veloz 2019 ini.

Sebelum ngebahas lebih jauh, sebenarnya apa sih yang membuat orang ingin mengganti setir? Ternyata beberapa pengguna setir “baru” tersebut mengatakan bahwa mereka hanya ingin mengganti model saja, seperti memiliki bahan kayu, atau pakai setir yang sudah ada kulitnya, sepertinya akan lebih naik kelas, mungkin. Kami sendiri dengan Toyota Veloz 2019, sebenarnya ingin mengganti setir mobil sejuta umat ini dengan menggunakan setir Mitsubishi Pajero Sport, emang bisa BlackPals? Simak terus ulasan jurnal kali ini.

Kembali lagi, setelah mendapatkan bengkel yang akan dituju, kami pun janjian dengan pemilik bengkel, Om Yanto, yang beralamat Mega Glodok Kemayoran Lt.6 Blok A-18 No.2, Kemayoran. Enaknya dari bengkel ini ketika sudah janjian, maka space parkiran sudah disiapkan untuk mobil yang akan di modif. Singkat cerita ketika sudah tiba di lokasi, kami banyak menemukan beragam setir dari merk lain, sebut saja Toyota, Honda, Nissan, Mitsubishi, Daihatsu dan lainnya. Tentu saja bukan hanya setir terkini saja, melainkan setir jadul seperti Datsun tua pun ada.

Dari percakapan sebelumnya, kami ingin menggunakan setir Mitsubishi Pajero Sport. Namun ternyata, Om Yanto mengatakan untuk penggantian setir tidak boleh menggunakan beda merk, karena posisi setir, baik lubang, kabel, dan sebagainya itu berbeda.

“Intinya sih kalau ingin mengupgrade setir dari Toyota, wajib menggunakan setir buatan Toyota juga, biar tidak membongkar lebih dalam,” ujar Yanto

Akhirnya kami memilih setir dari Toyota Innova Reborn, namun dengan gagang setir yang sudah menggunakan karbon, agar sedikit lebih beda. Dan setirnya ini sendiri kami sudah memiliki sebutan tersendiri, yaitu “setir berotot”. Berotot, karena kami melihat banyaknya lekukan-lekukan yang proper buat meletakkan jari kami ketika berkendara, sehingga lebih safety.

By the way BlackPals, Om Yanto sendiri baru berkecimpung di dunia modifikasi setir setidaknya satu tahunan saja. Sebelumnya memang, lelaki tinggi ini pernah bekerja sebagai juru pasang alias mekanik penggantian setir di salah satu bengkel modifikasi di Jakarta. Selain punya bengkel setir, ia juga punya toko lainnya seperti audio.

Lanjutnya, mengenai tombol telepon, itu akan aktif jika headunitnya support dengan pilihan telepon. Namun, karena bisa dibilang, mobil ini tergolong mobil menengah ke bawah, tombol di sebelah kanan tidak akan aktif, lantaran tidak ada MID lengkap, dan cruise controlnya. Sayang sekali memang, namun agar mempercantik setirnya, tombol disebelah kanan bisa ditutup dengan cover setir yang sama.

“Kalau tombol sebelah kiri di setir ini otomatis aktif ya, karena memang Toyota Veloz sudah ada tombol entertaintmentnya, tapi belum ada tombol buat bluetoothnya. Untuk setir bawaan Veloz sendiri memang warna tombolnya oranye, kalau Inova Reborn ini warnanya blue ice, jadi lebih segar begitu,” ujar pria berkumis tipis ini.

Pemasangan pun tidak berlangsung lama, cukup 30 menitan saja, dan dikerjakan oleh dua mekanik. Diawali dengan meluruskan kemudi dan tentunya posisi roda. Pembongkaran kemudian membuka cover klakson, yang tentunya dengan sangat hati-hati karena banyaknya kabel-kabel, baik audio, klakson, dan juga airbag. Kemudian membuka baut pengunci setir, dan untuk hal ini tidak terlalu sulit karena sudah ada alatnya. Kemudian mencabut setir bawaan inilah yang dirasa teknis yang lumayan sulit. Butuh 5-8 menit untuk mencabut setir bawaan dari tempatnya.

Pemasangan setir baru pun dimulai, dengan menyambungkan kabel bawaan kendaraan. Perlu diingat! Penggantian setir ini tidak membutuhkan pemotongan kabel atau sambung kabel dan sejenisnya, karena ini murni plug and play, kecuali jika mobilnya tidak memiliki support kabel buat audio, mungkin ada penyambungan kabel dan waktu pemasangan bisa sampai 1 jam lebih.  Jadi tidak perlu khawatir adanya kerusakan, dan yang terpenting faktor keselamatan di setir itu sendiri, yaitu airbag wajib ada ya BlackPals. Lanjut, pemasangannya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menitan, dan jadilah Toyota Veloz bergaya setir Innova Reborn dengan karbon.

Ada hal yang menggelitik ketika kami coba berkeliling MGK dengan menggunakan setir baru. Rasa-rasanya setir baru ini seperti lebih berotot dan lebih sporty karena banyak lekukan dan juga hiasan karbonnya. Lampu tombol yang berwarna blue ice ini pun menambah keanggunan setir. Tombol semua bekerja dengan baik, hanya di bagian entertaintment saja.

Bagaimana harganya? Om Yanto mengatakan untuk setir Innova Venturer/Reborn berbalut karbon, itu bisa menghabiskan biaya hingga Rp 8 jutaan, dan orisinil tanpa tambahan lainnya sekitar Rp 4,5 jutaan, dengan model kayu.

Bagaimana? Berencana ganti setir mobil kalian BlackPals?[prm/timBX]

Tags :

#
automods,
#
autojurnal,
#
toyota,
#
toyota indonesia,
#
toyota new veloz 2019,
#
upgrade setir,
#
innova reborn,
#
innova venturer,
#
sporty,
#
karbon,
#
mgk kemayoran