MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Ringan untuk Sound Quality Audi A3 Sportback yang Lebih Ciamik

AUG 01, 2018@12:00 WIB | 496 Views

Audi A3  Sportback memang tidak memiliki grade audio yang sebaik Audi A4, Audi A6 atau versi yang lebih tinggi Audi A8.  Nah BlackPals tetap memiliki celah modifikasi Audio,  agar grade dan kualitasnya suaranya lebih mantab.  Head unit yang telah terintegrasi dengan sistem utama di dashboard jadi tidak memungkinkan untuk meengganti head unitnya.

Kali ini kami bertandang ke Final Inspection (FI) Auto Boutique, beralamat di jalan Guntur No.80 Jakarta Selatan. Bersama Andhika Rusly sebagai pemain audio yang telah berpengalaman mengupgrade audio dari beberapa varian Audi. 

Beberapa part yang bisa mendukung dengan menginstal sebuah modul yang berfungsi sebagai perantara antara  head unit dengan perangkat aftermarket dari FI Audio. Modul ini sifatnya plug and play, jadi kualitas suaranya lebih bagus dan tanpa harus bongkar pasang pada dashboard

"Pilihannya ada dua macam, pertama bisa pasang speaker tambahan. Kedua bisa menambahkan amplifier, prosesor plus subwoofer. Jadi pilihan upgrade audio lebih terbuka dengan alat ini," tutur Andika punggawa FI Audio.

Idiom yang beredar saat ini, bahwa modifkasi audio harus dengan produk manufaktur bisa ditanggalkan. BlackPals tetap memiliki celah modifikasi untuk mobil sekelas Audi A3 sportback sekalipun. "Saat ini aftermarket sudah banyak merespon kebutuhan audio tanpa harus bongkar pasar. Kebetulan part-part pendukung ini diproduksi di Jerman," tegas Bro Andika, yang sedang menangani modifikasi audio Audi RS4 dengan finishing karbon.

Part speaker yang ditawarkan FI Audio bermerk Ground Zero, sebuah brand Jerman dengan harga yang lumayan dan kualitas yang menunjang. 

Untuk modifikasi audio basic, bisa menambahkan prosesor Helix DSP Pro MK2, atau dengan tipe yang berbeda Helix tipe Match yang menggabungkan prosesor plus amplifier dalam satu produk. Nah kemudian baru perlu penambahan speaker. Perlu BlackPals ketahui Audi A3 memiliki kontruksi 3 way speaker depan dan 2 way di belakang yang mereknya Ground Zero.

"Untuk kebutuhan mobil harian, cukup menggunakan subwoofer ground zero satu piece. Atau dengan menggunakan subwoofer merek Crescendo yang lebih slim. Jadi untuk instalasinya bisa memanfaatkan space ban serep Audi A3 sportback. Subwoofer ini merupakan produk baru Crescendo yang baru akan launching di GIIAS pada awal Agustus ini," terang pria berkacamata ini.

Staging audio bakal tercover dengan memasang prosesor Helix. Kita sudah bisa kontrol tata ruang, komposisi suara cukup melalui prosesor ini. "Lebih fleksible settingnya, cukup dengan menggunakan bantuan laptop, dan setingannya bisa saving melalui memori yang tersimpan. Jadi untuk merubah setingan tinggal switch ke setingan lain," tegas punggawa FI Audio ini.

Menurutnya Helix baru pertama kali ini mengeluarkan paket plug and play. artinya dengan socket yang sama tinggal mencabut dan menggantikan prosesor ke socket head unit.  Pengalaman mengoprek audio milik Audi sudah dari varian A3 hingga A8, dan itu lebih mempercayakan ke konsumen untuk menyuplai part-part berkualitas Jerman.

Kultur pengguna Audi menurutnya karakternya lebih menyukai kualitas suara yang tinggi namun seperti original. "Part-part ini karakternya lebih semi plug and play, namun tetap sinkron dengan part original mereka. Tinggal dibuatkan custom ring, outing, dan setelah terinstal akan terlihat sebagai part OEM," tuturnya, meski dibagasi terlihat satu amplifier namun seperti tidak ada perubahan karena tidak mengedepankan kosmetik.

Untuk instalasi basic upgrade seperti speaker Helix dan speaker 3 way didepan.  "Untuk pengguna mobil yang biasa duduk didepan, disarankan mengganti soeaker depan, karena efek suaranya lebih tepat ke telinga. Sebaliknya, bila  lebih banyak duduk di belakang bisa mengganti speaker 2 way."

Sedikit gambaran dengan penggunaan brand Jerman seperti Helix, Ground Zero dan  Crescendo, kualitas suaranya akan meningkat. Efek bass, presisi suara dan tata panggung bisa dibedakan secara jelas antara suara penyanyi dan alat musiknya."Basic instalasinya lebih mendukung Sound Quality (SQ). Beberapa diantaranya bisa merambah ke SQL, namun itu jarang," jelasnya.

Waktu penginstalan paket basic hanya membutuhkan penginstalan 1 hari kerja. Namun bila step selanjutnya ada penambahan amplifier dan subwoofer serta kesulitannya. Untuk paket basic, bisa mencapai Rp40-50 juta. namun batas maksimalnya tidak terkira. Seperti paket lengkap untuk kebutuhan kontes, seperti Helix DSP Pro, Subwoofer, Midrange  dan speaker bisa mencapai Rp100 jutaan lebih tergantung kombinasi amplifier berapa channel yang dibutuhkan ketika menghendaki speaker full pasif, atau aktif.

Okay BlackPals, bila Anda membutuhkan konsultasi kebutuhan upgrade audio Audi A3 Anda, bisa datang langsung ke Bro Andhika Rusly, FI Audio yang beralamat di jalan Guntur no.80 Jakarta Selatan. Simak terus automods Jurnal Audi A3 Sportback selanjutnya.[Ahs/timBX]

Tags :

#
automods,
#
audi a3 sportback,
#
auto jurnal,
#
modifikasi,
#
cressendo,
#
helix,
#
ground zero,
#
fi audio