MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Lampu Veloz 2019-Pakai DRL dan Running Sign Light

MAY 22, 2019@12:30 WIB | 1,935 Views

Salah satu perbedaan yang dialami oleh New Avanza Veloz yaitu terletak pada sisi lampunya. Jika kalian lihat, lampu di bagian depan akan terbelah menjadi dua bagian, atas dan bawah. Begitu juga dibagian belakangnya. Nah, untuk lampu depannya sudah LED, dan merupakan satu kemajuan yang sangat baik untuk mobil sejuta umat ini.

Tapi sayangnya, meskipun sudah ada perubahan, tak selengkap kompetitornya yang sudah menggunakan lampu Daytime Running Light (DRL). Sayang sekali bukan? Oleh karena itu kami pun mencoba mencari bengkel di Jakarta, yang memiliki lampu DRL after market khusus Avanza Veloz 2019. Agak sulit mencari after marketnya, lantaran baru diluncurkan pada januari 2019.

Setelah mengulik agak lama, kami menemukan salah satu bengkel aftermarket di ujung utara Jakarta, tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Autotivo merupakan toko aksesoris dan part after market baik interior dan eksterior yang salah satunya adalah Toyota. Dalam instagramnya, ternyata bengkel satu ini sudah membuat lampu aftermarket yang kami inginkan, yaitu dengan menggunakan DRL light, bahkan dengan Running Sign Light. Ada akseseorisnya juga ternyata buat interior dan eksteriornya.

Kami disambut oleh Kang Adit, bagian Operasional Autotivo. Sembari mobil siap untuk “diobrak-abrik”, kami pun chit-chat dengan Kang Adit. Autotivo PIK ternyata sudah berdiri lebih dari satu tahun, dan tak hanya aksesoris, dan juga lampu, ternyata juga terdapat pembuatan jok kulit.

“Di Autotivo sendiri, kami memiliki aksesoris baik eksterior maupun interior. Selain itu juga ada lampu kustom DRL dan juga Running Sign Light,” ujar Adit.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengubah lampunya, karena memang ini target awal kami. Tak perlu lama, dua orang mekanik langsung membuka kap mesin, dan langsung membongkar bumpernya.  Sekitar 15 menit untuk membongkarnya, sebelum para mekanik mencabut kelistrikan dari lampu orisinal Toyota Avanza Veloz 2019.

“Sebenarnya untuk mengcustom kita butuh waktu 3-5 jam untuk merubah lampunya pakai DRL dan Sign Lightnya. Lampunya basic pakai platform yang ada, trus kita kustom,” lanjut Adit.

Disini kami sudah memesan lampu jadi satu paket, yaitu Running Light Sign dan DRL, yang sudah dipasang di kustom menggunakan lampu bawaan Veloz. Karena memang sudah di kustom awal dan partnya juga milik Toyota asli, pembongkaran dan pemasangannya hanya berlangsung lebih kurang setengah jam saja.

Teknisnya juga tidak sulit lantaran sistemnya hanya plug and play, dan tidak merusak kabel atau wiring bawaan Toyota itu sendiri. Dan memang, dari Autotivo sendiri mengutamakan untuk menggunakan sistem plug and play.

Kang Adit mengatakan untuk lampu ini sudah memiliki garansi toko selama tiga bulan sejak pemasangan. Untuk harganya sendiri, pria ramah ini mengatakan harga lampu kustom ini dimulai dari Rp 1 juta, dan dapat dikustom sesuai keinginan pelanggan.

Beralih ke bagian luar, kami pun ingin memasang beberapa aksen krom agar mempercantik sang Veloz 2019 ini.

“ Untuk aksesoris pemasangannya kita nggak butuh waktu lama karena hanya add on saja alias tempel saja. Tapi kalau seperti roof rail, kita lebihkan dengan sealant aja biar lebih kuat,” lanjut Kang Adit.

Nah biasanya, kalau part add on a la krom seperti ini sebagian mudah rusak. Namun Kang Adit menganjurkan untuk merawat part seperti ini, agar sebisa mungkin tidak mudah terkelupas.

“Untuk ketahanannya balik lagi bagaimana merawatnya, apakah dijemur atau gimana, tapi kalau perawatan mobilnya juga bagus, bisa dibilang ketahanan part ini bagus sekali,” lanjut pria brewokan tersebut.

Untuk aksesoris interior sedikit membutuhkan hal teknis yang agak lama. Untuk bagian doom lightnya, karena customize mirip seperti Innova Reborn, harus memasang spacer untuk tempat lampunya. Untuk part lainnya yaitu pemasangan trim carbon di dashboard dan pintu. Selain itu scuff plate dengan lampu turut mempercantik mobil sejuta umat ini, apabila dilihat ketika malam hari, dan menambah kesan mewah.

“Pemasangannya tidak sampai seharian sudah selesai. Kita hanya butuh waktu untuk pasang spacernya biar bisa fit ke plafon mobil. Sisanya kita punya trim karbon, dan scuff plate,” ujar Adit.

Untuk aksesoris keseluruhan memang menurutnya belum ada harga paket, tapi untuk harga satuannya aksesoris ini dimulai dari Rp 45.000 hingga Rp 1 juta. Untuk roof rail sendiri sepasang dihargai Rp 900 ribu.

“Karena beda barangnya, finishing, tentunya beda harga. Untuk roof rail harganya 900 ribu sepasang, dengan jenis warna hitam dan silver,” tutup Adit.

Nah, bagaimana BlackPals? Kalian ingin memodif Veloz kalian dengan harga miring, dan tentunya masih proper untuk digunakan? Kalian bisa langsung datang ke Autotivo PIK, Jl. Pantai Indah Selatan 1, Ruko Elang Laut Blok C no. 43-45, Pantai Indah Kapuk.[prm/timBX]

Tags :

#
automods,
#
jurnal,
#
toyota,
#
toyota indonesia,
#
toyota new veloz 2019,
#
upgrade,
#
new avanza veloz,
#
daytime running light,
#
running light sign,
#
aksesoris,
#
scuff plate,
#
carbon