MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Audio Toyota Veloz - Harga Murah, Kualitas Oke

APR 24, 2019@17:08 WIB | 572 Views

Jujur BlackPals, mengendarai Toyota Veloz terbaru ini seharian pun masih sangat menyenangkan. Bantingan suspensi yang lebih baik, membuat saya ketagihan mengendarainya. Tak hanya itu, sistem audio yang terbaru juga sangat membuat kami terkejut sudah ada equalizer dengan 13 band, sehingga kita bisa puas mengatur equalizernya. Selain punya equalizer 13 band, sistem audio Toyota Veloz 2019 ini juga punya pengaturan posisi/DTA, keseimbangan, offset volume, dan efek suara. Pilihan settingan audio yang banyak sekali untuk mobil seperti ini.

Yah, meskipun begitu karena kami bukan orang audio, menikmati alunan musik pun masih kurang enak didengar karena kami tidak bisa menyetel setting audionya, jujur saja. Maka dari itu, kita search bengkel audio mana yang bisa menyetel audio dengan baik, sekaligus lirik sana, lirik sini mana tau ada paketan audio yang bagus nan murah meriah BlackPals!

Akhirnya kami menemukan salah satu bengkel audio di daerah Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat. Mega Audio yang sangat dekat dengan Halte Transjakarta Kedoya Green Garden ini dikomandoi oleh Om Johny Chandra. Ketika kami datang, benar saja banyak ‘pasien’ yang mengantri di bengkelnya. Om Johny langsung menyambut tim, dan mempersilahkan kami untuk bersiap, sembari dirinya masih sibuk mengurus mobil – mobil yang mengantri untuk mengganti audionya.

(Paket pertama dari Om Johny, Mega Audio)

 Awalnya kami bertanya apakah Om Johny sudah pernah mendengar suara audio dari Toyota Veloz 2019 ini, ternyata belum. Biar lebih mengetahui spesifikasi sistem audio yang akan diganti, kami mengajak Om Johny untuk mendengarkan sejenak mengenai suara audionya.

“Ini menurut saya, untuk suaranya sudah lumayan, tapi bassnya sedikit kurang, dan midnya yang agak tipis. Kualitas lainnya sudah cukup bagus. Pemecahan permasalahannya yaitu perlu di upgrade,” ujar pria berkacamata ini.

(Paket kedua upgrade audionya)

Upgrade sistem audio ini menurut Om Johny ada dua. Pertama yaitu jika ingin mengubah speaker, diperhatikan dulu di satu set bagian mana yang diubah, plus penambahan subwoofer aktif untuk audionya. Yang kedua, agar lebih bagus, untuk speaker bagian depan wajib di upgrade dan ditambah amplifier. Menurut Johny Chandra, upgrade seperti ini lebih mendukung untuk menghasilkan suara yang lebih mendukung pula.

“Kalau sudah diupgrade begitu, biasanya kualitas suara akan meningkat lebih kurang 60%,” lanjut Johny.

Lanjutnya, subwoofer yang digunakan tidak memerlukan box lagi, lantaran sudah memiliki box sendiri, dan sudah memiliki power sendiri. Pemasangannya pun cukup simpel, hanya diletakkan dibawah jok dan penyambungan kabel. Namun, kalau ada pengaplikasian lain, subwoofer bisa dipasang di bagian belakang mobil. Pemasangan part ini memakan waktu setidaknya kurang lebih 2-3 jam. Tak hanya itu, Om Johny Chandra mengatakan ada garansi 1 tahun untuk tiap part tersebut.

Untuk speaker yang digunakan di paket pertama, Om Johny menggunakan speaker MG Audio, two way, twitter dan mid bass plus subwoofer aktif merk concept slim. Untuk paket kedua, speaker yang digunakan merk morel two way, penambahan power merk zapco, dan subwoofer aktif merk concept slim.

“Ganti mid bass sama tweeter itu nggak boleh satuan, harus satu set penggantian. Menggunakan part audio ini (upgrade) sudah dirasa cukup lah dengan harga minim, suara juga sudah bagus. Untuk lebih bagus lagi, tentu menggunakan part audio yang lebih mahal lagi,” tutup Om Johny Chandra.[prm/timBX]

Tags :

#
automods,
#
toyota indonesia,
#
toyota avanza veloz,
#
toyota veloz,
#
upgrade audio,
#
audio,
#
mega audio,
#
mg audio