MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Audio Honda Brio: More Creative, More Energic

SEP 18, 2019@13:00 WIB | 2,050 Views

Semakin kesini, sebenarnya setiap mobil yang dirilis memiliki audio yang lebih baik. Tak dipungkiri, yang biasanya hanya dua buah speaker di pintu depan, kemudian bertambah ke baris ke dua, ketiga, bahkan ada yang menambah tweeter. Terlihat keren dan bertambah pula tingkat “kenikmatan” dalam mendengarkan audionya. Begitu pula all new honda brio yang sudah memiliki kemajuan dalam tingkat audionya.

All New Honda Brio RS menggunakan head unit model 2DIN, namun sudah memiliki layar 6.2 dengan teknologi layar sentuh, USB Port, AM/FM Radio, kompatible dengan iPhone/iPod, kompatible dengan rear cam, dan dapat memutar CD/DVD, serta telah dilengkapi dengan kontrol audio pada bagian roda kemudi, koneksi AUX-IN, Bluetooth  dan Hands Free Telephone. Speaker sendiri sudah terdapat di keempat pintu plus dua tweeter di pintu bagian depan.

Kami rasa kemajuan ini sudah cukup bagus, sampai kami berpikir untuk meningkatkan kualitas audionya. All New Honda Brio kami rasa cocok jika audionya ditingkatkan, karena mobil ini prefer ke lifestyle anak muda. Nah, dalam hal audio, kami pun mengulik medsos Instagram buat mencari bengkel audio dan akhirnya menemukan Dynamic Autosound. Beralamat di kawasan BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, bengkel ini merupakan cabang dari beberapa bengkel audio Dynamic Autosound lainnya, yang berada di Kelapa Gading dan Kemayoran.

Yudhi, Owner Dynamic Autosound di BSD ini mengatakan kalau upgrade Audio berguna dan cukup penting bagi pengendara yang setiap hari beraktivitas.

“Upgrade audio di mobil ini cukup penting ya karena bisa menghibur jika macet dan tidak membuat emosi kalau mendengar alunan musik yang pas. Kalau ada musik yang baik, kita bisa lebih kreatif dan lebih energik,” ujar Yudhi.

Jelasnya, untuk memperoleh kualitas audio yang maksimal, mengupgrade sepaket audio ini butuh tenaga installer yang profesional. Karena tidak semua pihak yang bisa memasang barang audio otomatis bisa dikatakan sebagai installer. Banyak juga toko variasi audio yang memiliki banyak jenis audio, namun pemasangannya tidak sebaik installer profesional.

Ada tiga hal penting menurut Om Yudhi yang harus dimiliki sebelum melakukan tuning audio, seperti kabel yang digunakan, acoustic treatment, dan masalah peredaman.

“Sebelum pemasangan dan finishing audio berupa tuning nantinya, harus ada fondasi yang kuat. Fondasi disini maksudnya adalah part-part yang dibutuhkan dalam pemasangan audio ini seperti kabel, masalah peredaman, akustik treatment. Jadi kalau ketiga hal ini sudah baik, pemilihan barang pun lebih mudah, dan tuningnya pun jauh lebih mudah,” lanjut Yudhi.

Untuk audio sendiri kata Yudhi ada tiga paket yang bisa jadi pilihan bagi penikmat alunan musik di mobil, yaitu dari Crescendo 1.0 dengan paket; Power Beat 4 channel, Speaker Beat 2 way, dan Subwoofer Beat 10 inci. Kedua yaitu Crescendo 2.0; Power Amplifier 4 channel, Speaker 2 way Evolution 1.0, dan subwoofer 10 inci dari Evolution 1.0. Terakhir paket Crescendo 5.0 dengan paket; Power Evolution 3.0 4channel, speaker 2 way Evolution 3.0, subwoofer 12 inci Evolution 3.0. Keseluruhan paket ini menurutnya menggunakan Kabel Harmonic.

Untuk All New Honda Brio dikatakan prefer menggunakan paket kedua, yaitu Crescendo 2.0 karena sudah sangat memadai, disamping paket dan harganya. Dalam waktu penginstalannya sendiri, ini membutuhkan waktu 2-3 hari, dengan tenaga pekerja dua orang. Pemasangannya sendiri tidak rumit karena menurut Yudhi, pihaknya sudah berpengalaman dalam menginstall audio, terlebih ke dalam mobil bermerk Honda.

“Proses instalasi sendiri dikatakan bergantung pada komplesitas barang dan kendaraannya. Untuk sesimpel sistem di Honda Brio bisa memakan waktu 2-3 hari maksimalnya,” kata Yudhi.

Harga paket audio yang dipasang di All New Honda Brio ini yaitu Rp 13,7 juta, dengan tambahan harga ini sudah termasuk biaya pemasangan, box dan kabel dari harmonic. Garansi barang ini berlangsung selama satu tahun, namun untuk instalasi dan tuning diberikan garansi seumur hidup dengan catatan, jika audio yang dipasang, belum pernah “disentuh” oleh pihak lain kecuali dari Dynamic Autosound sendiri.

(Tuning tools)

Ada tambahan sebenarnya menurut Yudhi dalam memaksimalkan audio sebuah mobil, yaitu mengganti headunit. Headunit sendiri berfungsi membaca multimedia player, yang mana harus kita pastikan head unit tersebut dapat membacanya dengan bagus. Headunit nya sendiri bagi Yudhi menggunakan kenwood seri 7 sudah cukup maksimal, karena sudah build in processor.

Build in processor ini memiliki crossover, yang membagi frekuensi ke masing-masing speaker seperti midbass dan subwoofer. Selanjutnya ada equalizer untuk menyamakan kekencangan tiap frekuensi masing-masing. Ada juga time correction, yaitu fitur yang mampu menyamakan waktu datangnya suara sesuai tempat duduk kita.

“Dari upgrade audio di All New Honda Brio ini, yang bisa kita langsung rasakan adalah pada bass-nya, lalu dari sisi treble dan mid juga mengikuti. Selain itu, suara yang dihasilkan juga lebih detail baik dari segi vokal dan suara musiknya,” tutup Yudhi.[prm/timBX]

Tags :

#
automods,
#
autojurnal,
#
all new honda brio,
#
pt honda prospect motor,
#
audio,
#
dynamic autosound,
#
crescendo,
#
crc 2.0,
#
mid bass,
#
tweeter,
#
subwoofer,
#
evolution