MENU
icon label
image label
blacklogo

Tech Pro Exhaust : Suara Lebih Merdu Tenaga Naik Signifikan

DEC 01, 2021@21:29 WIB | 2,266 Views

Workshop satu ini punya kelebihan membuat sistem exhaust dengan teknologi valvetronic yang selalu dikembangkan dengan basic riset.  Hasinya tenaga meningkat, suara lebih keren ala sport sound.  Knalpot ini dikembangkan berdasar teknologi valvetronic, teknologi yang  mengatur komposisi udara racing atau lebih silent.  Katup bekerja on  membuka udara menghasilkan suara racing atau menutup udara dengan suara knalpot lebih silent. 

Sistem elektronik dibantu dengan dinamo sementara sistem konvensional dengan sistem vakum. Sistem vakum  bekerja secara teknis dengan menghisap udara, katup bakal terbuka, sedangkan ketika udara dilepas, katup akan menutup.  Sistem valvetronic dilengkapi dengan tombol, modul dan solenoid.  Secara   basic material menggunakan stainless  tipe 304, dengan material lebih mahal dan tahan karat.

Dikonfirmasi soal hubungan suara knalpot dan performance increase. Hans selaku salah satu punggawa Tech Pro, mengembangkan  sendiri part performance menjadi line bisnis yang menjanjikan. 

"Suara dan performance saling berhubungan, karena kita mendesain knalpot pada setiap mobil berbeda. Suara yang kencang sesuai dengan kapabilitas mobilnya. Jadi basic engine  menjadi penentu hasil suara knalpot itu sendiri, tidak mungkin mengejar hasil suara supercar V8," ungkap Hans Nobel, Owner dan teknisi Tech Pro Pro Valvetronnic. Instalasi di Tech Pro diberikan garansi selama 1 tahun tenaga naik 12 hp untuk mesin N/A dan 18-20 hp untuk turbo. 

Semua bahan knalpot yang dikembangkan oleh Tech Pro digunakan bahan stainless steel pada pipa.  Untuk bahan knalpot sendiri menggunakan tipe stainless 304.  Karena secara materi tahan karat, garansi yang diberikan Tech Pro lebih ke ranah  modul valvetronik dan exhaust. Sedangkan exhaust jika ada kendala, tetap masih diberikan garansi meski kemungkinan kecil.

Mobil-mobil mid class ala eropa seperti BMW dan Mercedes, menjadi pelanggan utama dari Tech Pro. Hans menjelaskan, riset awal valvetronic dimulai dari riset mobil BMW.  Sementara secara teknis, Tech Pro bisa mengembangkan untuk semua mobil, LCGC  seperti Agya dan Ayla sekalipun.
"Lebih klarifikasi, sebenarnya Tech Pro menerima mobil apa saja. Dari mid class hingga low class," tandasnya.

Hans menjelaskan tenaga untuk sebuah engine BMW F30  dengan instalasi header hingga exhaust, dirinya menyebut Turbo Back exhaust system.  "Tenaga meningkat sekitaran 18-20 hp untuk mesin 4 silinder segaris dan turbo.  Pengetesan berdasarkan mesin dyno.  Sementara mesin non turbo N/A seperti E39 528i bisa meningkat maksimal sekitar 12 hp," aku Hans.

Harga instalasi exhaust system di range Rp8  jutaan hingga Rp24 jutaan, karena bergantung dengan kesulitan setiap mobil.  Untuk premium car bisa mencapai Rp24 jutaan. 

Project Flagship yang pernah dikerjakan Tech Pro seperti BMW X4 M Competition,  yang hanya 1 unit di Indonesia, keren kan Black Pals. "Dengan basic mesin yang sama antara X4 dengan M4 atau M2 biasanya knalpot aftermarket tidak menghasilkan suara yang baik, cenderung cempreng.  Dengan mobil harga miliyaran, maka pengerjaannya juga dimulai dari riset,  kami menemukan sebuah desain knalpot yang tidak cempreng. Meskipun itu susah, tapi challenge tersebut akhirnya tercapai sesuai keinginan customer," ungkap Kevin punggawa Tech Pro lainnya.

Kelebihan service yang diberikan Tech Pro dengan garansinya, suara knalpot masih bisa direvisi karena terlalu ngebass atau garing. Soal biasa dicontek oleh bengkel lain, Kevin mengaku tidak terlalu gusar. Pasalnya setiap 6 bulan sekali direvisi dan bahkan tiap model mobil dibuat berbeda. 
"Desain pipa, ketebalan pipa, kontruksi pipa tengahnya juga tidak mungkin semuanya dicontek. Contoh ketika ada mobil baru dateng, kita sendiri yang mendevelop desain,  seperti X4 M Competition  semua varian knalpot dibikin permodel," tutup Kevin.

Kerjasama dengan MBCCI di dunia balap, juga telah dibuktikan Tech Pro mensponsori dunia balap. Jadi selain knalpot daily proven juga race proven. Teknologi valvetronik ini dikembangkan awalnya menyiasati harga knalpot aftermarket yang tiga kali lipat harganya. Simak update informasi tentang revolusi sistem knalpot, di instagram @techproexhaust.[Ahs/timBX]


 

 
  


 

Tags :

#
tech pro performance valvetronic exhaust,
#
modifikasi knalpot mobil,
#
knalpot sport sound,
#
knalpot valvetronic,
#
beyond d garage