MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Triumph Bonneville Berwajah Scrambler

MAR 07, 2017@14:48 WIB | 1,174 Views

Berawal dari bengkel sepeda khusus merakit body frame pada tahun 2010, Bule pemilik bengkel Galeri Motor (Gator) terus menekuni keahlian-nya. Seiring waktu berjalan, ia mulai mencoba meng-custom motor milik konsumen-nya yang ingin dirubahnya sedemikian rupa.

Tak tanggung-tanggung motor yang dicustom-nya itu milik, Agus Kuncoro aktris ternama yang sering ‘nongol’ di layar tv nasional. “Gue pertama kali meng-custom motor Agus Kuncoro dengan basic Yamaha menjadi café racer.  Itu pertama kali gue meng-custom motor,” buka perbincangan Bule kepada BlackXperience.com pada saat disambi di bengkelnya.

Gator, kata Bule, awal mulanya bukan ‘Galeri Motor’ tapi ‘Galeri Bike’, namun kebanyakan konsumen-nya mayoritas motor. Untuk itu Bule merubahnya dengan nama ‘Galeri Motor’. Nama Gator sendiri adalah sebuah ide yang telah diciptakan oleh, Tora Sudiro, karena menurut pria bertato ini nama ‘Gator’ lebih singkat dan mudah ingat oleh pelanggan.

Bengkel yang berlokasi di jalan raya Ir. H. Djuanda, Ciputat, Tangerang Selatan memang banyak merubah kendaraan roda dua miliki artis ternama agar tampilan-nya semakin apik. Berbagai jenis motor banyak terparkir di bengkelnya itu seperti motor asal Amerika Serikat, Eropa maupun Jepang yang akan diubahnya sesuai permintaan pelanggan.

Salah satunya motor yang baru saja ia selesaikan adalah Triumph Bonneville. Motor asal Inggris kini sudah tak terlihat wajah asli. Dengan mengusung konsep ‘Scrambler’, Triumph Bonnivelli Newchurch telah mendapatkan ubahan diberbagai sektor agar tampilan-nya sesuai dengan di inginkan.

Langka pertama Bule and Crew lakukan adalah mengganti perangkat bagian depan upside down bermerk Ohlins, lampu depan custom, setang rizoma, handgrip, kaca spion custom, side cover sebelah kanan custom by Gator, knalpot custom by Gator  dan sistem pengeram mengunakan Brembo serta master rem juga menggunakan Brembo.

Selain itu melangkah kebagian belakang perubahan juga terjadi seperti jok ia custom dengan ciri khas Gator, lampu sein dan lampu rem belakang aftermarket.

Menariknya meskipun shock belakang sudah dirubahnya dengan merek Ohlins, namun kata Bule,Ohlins ia pakai memiliki perbedaan dari Ohlins pada umumnya, karena shock ini memiliki tabung yang terpisah.

“Kenapa gua pilih shock ini? Karena gua mau tampil beda aja, dan berbeda daripada Ohlins pada umumnya.” Tegas pria kelahiran asal Jakarta ini.

Kemudian foot step verseneling dan footstep belakang ia rubah dengan menggunakan alumunium. Untuk semakin kental dengan gaya Scrambler, Bule merubah bagian kaki kaki dengan menggunakan velg jari-jari bermerk TK Racing berukuran 17x300 inci bagian depan dan 17x500 inci bagian belakang. Kedua velg ini dibungkus dengan ban pacul bermerek Pirelli Mt60.

Namun sayang pada bagian tangki, Bule masih mempertahankan tangki aslinya. Karena menurut dia motor ini harus mempertahankan wajah klasik dari Triumph. “Tangki emang sengaja tidak gua rubah dan warna cat juga ga dirubahnya. Karena biar orang tau motor ini adalah Triumph Bonneville tipe  Newchurch,” kekeh Bule.

Untuk kesulitan-nya sendiri, Bule menjelaskan ada pada bagian belakang. Karena sejatinya motor ini aslinya dibekali dengan velg racing. Untuk merubahnya dengan menggunakan velg jari jari, Bule harus merubah sedikit dudukan agar besar yang memiliki diameter ini masuk ke arm belakang. [ddy/timBX]

Spesifikasi:
Modifikasi: Triumph Bonnevelle tipe Newchurch berkonsep Scrambler
Footstep: Custom berbahan alumunium
Lampu utama: Custom
Setang: Rizoma
Lampu Sein: Aftermarket
Suspensi depan: Upside down Ohlins
Suspensi belakang: Ohlins 
Velg depan dan belakang: TK Racing 17/300 dan 17/500
Knalpot: Custome by Gator
Jok: Custome by Gator
Ban: Pirelli Mt60 
Handle Rem: Brembo
Master Rem: Brembo
Kaliper Rem: Brembo