MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi RX King - Tiga Konsep Melebur jadi Satu

AUG 11, 2017@23:15 WIB | 11,334 Views

Dunia modifikasi memang tak luput dari pemikiran-pemikian jenius dari para modifikator, Yap, kali ini tim Blackxperience akan mengangkat tema modifikasi dari pemikiran jenius yang patut diacungi jempol, pasalnya modifikasi yang di aplikasikan di motor RX King ini mempunyai tiga konsep sekaligus yang melebur menjadi satu.

Kali ini, tim Blackxperience akan mengangkat tema tersebut bersama sang punggawa dari bengkel modifikasi Lawless Jakarta Garage, Yusuf Abdul Jamil. Seperti diketahui, bahwa motor RX King adalah salah satu motor bermesin 2tak yang pernah berjaya sejak dekade 1980-an sampai pada 1990-an ini mendapatkan sentuhan modifikasi yang sangat menarik.

Yusuf Abdul Jamil yang biasa di panggil Ucup Lawless ini memberikan sentuhan modifikasi yang cukup unik yang diaplikasikan pada motor RX King satu ini, namun banyak orang bilang bahwa motor ini mendapatkan sentuhan modifikasi Vintage Flattrack, Vintage Enduro dan ada juga yang bilang Scrambler. Namun menurut pengakuan Ucup sendiri, motor ini memang ada sentuhan dari Vintage Flattrack seperti pada bagian depan, Ucup memasang tameng Flattrack, dari sisi scrambler juga terlihat pada sektor knalpot, serta pada bagian tangki yang mengusung nafas Vintage Enduro.

Namun Ucup Lawless menolak bila motor yang digarapnya mendapatkan sentuhan vintage flattrack, dikarenakan motor ini memakai monoshock yang memperlihatkan kesan berbeda dan swimarm pun disematkan agar motor terlihat panjang. Dari modelnya sendiri, Ucup menyatakan meski terlihat ada beberapa sentuhan modifikasi yang berbeda namun sang punggawa ini lebih suka bila motor ini mendapatkan sentuhan Scrambler secara keseluruhan.

Dari sektor tunggangan, motor ini mendapatkan sentuhan modifikasi dari tangki yang dibuat layaknya Vintage Enduro dan tangki ini dibuat layaknya tangki Yamaha DT 75, kursi pengendara pun dibuat backside. Dari sektor sasis kerangkanya sendiri, Ucup merubah pada bagian frame dirubah agar menyesuaikan dudukan kursi pengendara [jok] dan memotong pada sasis bagian belakang, fender depan - belakang custom, footstep custom, untuk sektor kemudi, Ucup memakai setang Yamaha DT.

Urusan suspensi, Ucup hanya merubah pada bagian shock belakang yang dirubah menjadi monoshock yang ditandem dengan swimarm. Pada bagian depan sendiri, Ucup tetap mempertahankan suspensi bawaan aslinya. Velg-nya sendiri, Ucup memasang ring 18  depan-belakang dengan rincian depan 215/18 dan belakang 250/18 yang dibalut dengan ban sinko semi trail ukuran 18.

Dalam urusan mesin, Ucup sudah memodifikasi sedemikian rupa dalam upaya menyesuaikan motornya dengan pemakaian ban yang semi trail agar kecepatan motor menjadi maksimal. Dalam pengerjaannya sendiri, Ucup mengakui adanya kesulitan dalam proyek ini dan salah satunya ada pada sektor knalpot, Ucup mengatakan, "Paling lama di pengerjaan ada di knalpot, karena sewaktu pembuatan, knalpotnya di tengkin satu-satu supaya bisa dikrom karena kalau tidak pasti bekas las-nya kelihatan jadi gak enak aja pas udah dikrom ternyata masih ada bekas lassan yang terlihat. Waktu itu juga sempet gagal dan kita buat ulang jadi akhirnya seperti yang kita lihat ini."

So..Jadi gimana BlackPals, masih kurang puaskah? kalian juga bisa lihat galeri foto dan videonya di atas, semoga dari tema ini bisa membangkitkan gairah kalian untuk bisa membangun motor RX King yang kalian punya. [yus/timBX]

Spesifikasi :
Basic : Yamaha RX King
Tangki: Vintage Enduro, Yamaha DT 75
Setang : Yamaha DT
Jok : BackSide
Velg : Custom Ring 18 rear-front
Ban: Sinko Semi Trail
Fender: Custom Rear-Front
Lampu: Variasi
Tameng: Flattrack
Mesin: Bore-Up
FootStep: Custom
Knalpot: Handmade Custom

Tags :

#
modifikasi rx king,
#
modifikasi,
#
automods,
#
modifikasi motor,
#
motor modifikasi