MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Mesin Datsun Cross - Mesin Tetap Standar, Tarikan Seperti Semi Sport

JUN 13, 2018@11:30 WIB | 701 Views

Datsun Cross lansiran 2018 merupakan  mobil compact crossover dengan kapasitas 1.2 liter, DOHC 3 silinder inline, dengan output maksmial 78 kW  untuk versi CVT dan 68  kW untuk manual. Nah kali ini, tim Blackxperience.com akan menawarkan formula untuk menambahkan performance mobil menjadi lebih garang tanpa menambah part khusus seperti open udara, pipa cold air intake, header, knalpot, kabel busi dan mengganti part-part pengapian seperti coil dan busi menambah turbocharger atau supercharger.

Untuk mewujudkan performance mesin yang galak dan konsumsi BBM yang irit, Anda bisa datang ke Provis Auto Lab yang berlokasi di Pondok Ranji, Bintaro. Menurut Akmaluddin, mobil Datsun Cross ini memberikan getaran mesin yang lumayan terasa, karena menggunakan mesin 3 silinder dan tarikan mesin lebih lamban saat pedal throttle diinjak lebih dalam. Melalui check lab di Provis, dengan tuning provis akan meningkatkan torsi dan performa, getaran mesin jadi  lebih halus dan irit terhadap bahan bakar.

Performa mesin 1200 cc bisa ditingkatkan dari versi pabrikan, tarikan throttle jadi lebih bertenaga di tarikan awal dan menengah.  Pengerjaan mesin ini disebut sebagai tuneProvis. Menurut Akmaluddin, setiap mobil yang masuk ke Provis Auto Lab, akan mengalami beberapa langkah pengerjaan. Pertama, mekanik akan membuka silinder head. Dari proses tersebut kemudian dilakukan pengerjaan yang berbasis lab, dengan sedikit formulasi, dan mesin tetap dalam keadaan standar namun kinerjanya dibuat lebih sehat.

Secara benefit akan meningkatkan kinerja mesin, seperti halnya mesin yang mengandalkan naturally aspirated  (N/A).  Secara teknis pengerjaan tuneProvis dengan memperbaiki kembali efisiensi volumetric dan kecepatan udara melewati lubang intake dan exhaust. Porsi udara yang masuk ke mesin diperlancar, begitu juga dengan aliran bahan bakar yang masuk.

Block silinder mesin yang sudah dibelah kembali dihaluskan permukaannya dan diukur kembali dengan tingkat toleransi 0,36 mm. Sedangkan bagian silinder head dibersihkan dari kerak-kerak, sehingga efisiensi volumetric mesin pabrikan yang awalnya hanya 70 persen, bisa meningkat menjadi 80-85 persen.  Intinya, aliran udara dan bahan bakar yang masuk menjadi lancar, tenaga mesin pun menjadi lebih besar dan pembakaran lebih sempurna. Mesin berasa seperti tune up semi sport, padahal semunya dilakukan dalam keadaan standar. 

Hasilnya  pengguna mobil bisa downgrade bahan bakar, yang tadinya menggunakan Pertamax misalnya, bisa menggunakan premium atau pertalite, kecuali untuk mesin dengan turbo atau kompresor. Mobil Datsun ini akan mengalami efisiensi bahan bakar meningkat dan dorongan mesin saat tarikan throttle berasa cukup panjang. Bila diasumsikan kualitas gas buang sudah menjadi bagus dan suara mesin lebih halus. Kinerja meningkat terbukti dengan naiknya torsi sampai 40%, dan daya mesin meningkat sekitar 10-20% dari angka horse power yang dihasilkan sebelumnya.

Dengan hasil tersebut, mobil secara signifikan mulai berangsur-angsur irit 10-15% bergantung mesin, akselarasi juga bakal meningkat. Saat tanjakan bertenaga, power band lebar. Keuntungan lainnya, catalytic converter  dan busi lebih awet, karena pembakaran sempurna dan gas buang yang bagus.  Engine mounting lebih awet karena, getaran mesin 3 silinder mulai berkurang.

BlackPals dalam tuneProvis itu  bakal melewati beberapa tahapan scanning melalui X-Tools, antara lain meliputi, scanning pertama untuk melakukan cek emisi gas buang normal atau tidak. Kedua untuk scanning kebocoran pada saluran pendingin air (radiator). Ketiga untuk melakukan cek kompresi before Provis lab dan after provis lab. Keempat dilakukan cek kerataan antara head silinder dengan block mesin.

Proses tuneProvis ini memakan waktu sekitar 5-7 hari kerja. Dengan budget ditarif berdasarkan silinder unit setiap jenis mesin. Untuk mesin 3 silinder seperti Datsun Cross dikenai biaya Rp7-8 juta. Sedangkan mesin dengan 6 silinder inline ditarif Rp 8-9 jutaan. Bagi pemilik mesin V engine, akan dikenai biaya sebesar Rp13 jutaan.  Provis memberikan garansi 2 minggu setelah tuning.

Catatan BlackPals, setiap customer yang telah melakukan tuneProvis, penggunaan mobil sejauh 200 km setelah servis, dianjurkan untuk kembali ke Provis Auto Lab. Pengecekan ini sifatnya gratis, dimana  tim mekanis akan menscan kembali mobil untuk mengukur kadar gas buang, air pendingin, serta engine oil apakah terjadi kebocoran atau tidak, serta electrical check sesuai dengan merk kendaraan.  [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto mods,
#
datsun,
#
datsun cross,
#
modifikasi mesin,
#
tune provis,
#
provis auto lab