MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda Tiger - Maung Lugay Dari Tanah Sumatera

OCT 10, 2017@13:47 WIB | 6,141 Views

Memiliki impian untuk menunggangi sebuah motor bergaya sport memang sudah pasti akan menjadi dambaan bagi semua orang, khusus bagi yang masih berjiwa muda. Namun apa jadinya bila keinginan untuk memiliki motor sport sudah tidak terbendung lagi? Seperti pemilik Honda Tiger lansiran 2006 ini. Yap pria yang akrab disapa Fikri ini mampu mewujudkan keinginannya tersebut dengan Honda Tiger miliknya yang dirubah layaknya sebuah MotoGP.

Pria kelahiran asli Sumatera ini membawa Honda Tiger-nya langsung dia bawa ke rumah modifikasi DJ Custom yang berlokasi di sekitaran kota Bekasi. Dengan membawa konsep dari idenya sendiri yang memimpikan menunggangi motor MotoGP. DJ Custom pun menyanggupinya untuk merubah Honda Tiger ini menjadi sebuah motor bergaya layaknya MotoGP.

Tanpa banyak pertanyaan lagi, DJ Custom pun langsung mentelanjangi seluruh bagian dari motor ini. Dalam perubahan untuk pertama kalinya adalah kerangka (Chassis) motor dengan memotong bagian kerangka belakang. DJ Custom sendiri pun mengklaim bahwa dalam memodifikasi Honda Tiger ini bagian kerangka belakang lah yang paling sulit, lalu kenapa demikian?

DJ Custom menjelaskan, “Karena sasis dari Honda Tiger ini bawaan pabriknya agak datar, maka kami potong dan ada sedikit penambahan untuk menjadikan kerangka bagian belakang terangkat. Dan bukan Cuma itu, kesulitan lainnnya untuk Honda Tiger ini adalah karena ada pemotongan bagian belakang maka mau tidak mau seluruh bagiannya pun terbawa untuk dirubah contohnya dari swing-arm ini kita copot dan kita ganti dengan custom di bengkel kita sendiri. Dan karena konsepnya berkiblat pada Motor balap GP maka kita pakai monoshock.” Jok pun dibuat single seater.

Dalam bentuk akhirnya sendiri pun sangat jelas bahwa tidak ada lagi kesan dari Honda Tiger yang terlihat dan sudah masuk dalam kategori modifikasi ekstrem. Wujudnya sekarang memang sangat menyerupai sebuah motor bergaya MotoGP.

Di bagian depannya sendiri, Fairing custom berkesan sport nampak kokoh berteger di bagian depan. Fairingnya sendiri dikerjakan dengan tangan dari DJ Custom (handmade). Diketahui juga bahwa DJ Custom memang sangat ahli dalam mengerjakan beberapa proyek modifkasi bergenre Sport. Contohnya dari motor satu ini, seluruh bagian yang berbahan fiber mampu dicetak dan dikerjakan sendiri di bengkel modifikasinya. Masih di bagian depan, pencahayaannya sendiri memakai lampu milik Yamaha MX. Tetapi jika dilihat secara kasat mata, lampu depan tidak seperti memperlihatkan kesan lampu yang dimiliki Yamaha MX, namun dari hasil akhirnya lampu tersebut sangat cocok dengan fairing yang disematkannnya dan terdapat juga Airflow kembar pada kedua sisi fairing,

Untuk pencahayaan di bagian belakang lampu aftermarket juga disematkannya serta ada penambahan spion aftermarket. Untuk urusan suspensi depan, Fikri mengaku memakai shockbreaker depan milik Yamaha Byson. Diklaim, bahwa shock depan dari Yamaha Byson sangat cocok dalam modifikasi yang dilakukan di motornya, dikarenakan diameter dari shock Byson cukup besar jadi tidak perlu mencari dari ranah aftermarket.

Untuk urusan mesin, sang pemilik mengaku tidak ada perubahan sama sekali di area mesin yang artinya mesin masih memakai mesin Honda Tiger secara tulen. Sang pemilik hanya menempatkan knalpot custom di area pembuangan agar menambah daya dorong.

Bagian tangkinya pun dirubah seperti layaknya tangki yang dimiliki oleh motor lansiran Ducati. Dalam pengerjaannya tangki ini dibuat sendiri di bengkel modifikasi DJ Custom. Setang jepit aftermarket pun terpasang pada area kemudi ditambah dengan berbagai komponen aftermarket tambahan seperti, handle rem, kopling serta footstep aftermarket.

Modifikasi Honda Tiger ini makin sedap dipandang dikarenakan adanya dua buah fitur keselamatan, yaitu cakram aftermarket kembar yang terpampang pada bagian velg depan yang ditopang dengan kaliper rem aftermarket. Di bagian pengereman belakang pun tak luput dari penambahan cakram serta ditopang dengan rumah kaliper rem milik Nissin.

Pada bagian roda dan velg memakai velg custom aftermarket yang dicat dengan warna gold dan ditandem dengan ban depan berukuran 120x70x17 dan belakang berukuran 120x70x18 sementara itu, Fender depan belakang pun dicustom sendiri.

Saat diwawancarai oleh tim Blackxperience tentang kesukaannya dari hasil modifikasi ini, sang pemilik mengaku sangat suka pada bagian belakang, terutama pada bagian single seat, dirinya mengatakan, “Gue sangat suka pada area single seat, karena disini ada fitur ventilasi udara [Airflow] kembar yang terselip pada area single. Setahu gue sih motor-motor yang dicustom sport seperti ini kebanyakan tidak ada ventilasi pada area single seat pada motornya. Dan ini juga berguna untuk menyeimbangkan motor saat berpacu dalam kecepatan, kata lainnya sih seperti fitur aerodinamis. Dan itu kesukaan gue dari hasil modifikasi motor Honda Tiger ini.”

Dan terakhir motor ini mendapat guyuran cat berwarna biru, namun ada yang menarik nih Blackpals, sangat jelas kita melihat ada gambar binatang Harimau namun sang pemilik menyebutnya sebagai macan, kalimat macan pun terlihat jelas pada bagian kedua sisi samping motor. Secara kasat mata gambar Harimau ini sepertinya mirip dengan cutting sticker, tim Blackxperience sendiri pun sempat memegang gambar tersebut dan ternyata gambar tersebut terasa timbul di tangan. Namun ternyata bukan, gambar tersebut adalah hasil dari airbrush yang dibuat oleh DJ Custom. Bukan hanya Harimau, gambar dengan corak bulat-bulat dimotornya pun hasil dari air brush. Sang pemilik pun mengklaim bahwa gambar Harimau tersebut adalah untuk menunjukan bahwa basic dari modifikasi motor ini sendiri adalah dari Honda Tiger.

“Nah begini, kenapa gue taruh gambar macan, karena untuk mengidentifikasi motor tersebut adalah motor dari Honda Tiger. Lagi pula gue suka juga sama Harimau khususnya Harimau Sumatera karena gue juga kelahiran Sumatera” Tegas Fikri dengan senyuman. Nah Blackpals, itulah hasil modifikasi dari Honda Tiger tahun 2006 yang dimodifikasi layaknya MotoGP. Ikuti terus perkembangan dunia modifikasi hanya di Blackxperience.com [yus/timBX]

Spesifikasi Modifikasi:

Basic Motor: Honda Tiger 2006

Modifikasi: Sport

Fairing depan: Custom Handmade

Lampu-lampu: Depan Yamaha MX – Belakang Aftermarket – Sein Aftermarket

Velg dan Ban: Velg Variasi 17 inci – Ban 120x70x17 - 120x70x18

Mesin: Honda Tiger

Chassis: Custom

Footstep: Aftermarket

Cakram: Aftermarket

Rumah Kaliper Depan - Belakang: Nissin

Tags :

#
modifikasi honda tiger,
#
modifikasi motor,
#
modifikasi,
#
honda tiger,
#
automods,
#
motor modifikasi,
#
modifikasi motor sport