MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda Civic FD, Street Racing Anti Mainstream

NOV 07, 2016@15:00 WIB | 17,394 Views

mengusung tema 'Street Racing Anti Mainstream,' tampilan yang terlihat standar kini Gahar

Jika sudah jatuh cinta dengan dunia modifikasi, mobil dalam keadaan standar akan segera dirombak begitu sampai di tangan.  Seperti itulah yang dilakukan oleh Renald Juanda sang pemilik Honda Civic FD, tak tanggung-tanggung mobil lansiran Jepang ini langsung mendapatkan perombakan yang cukup signifikan.

Menurut Renald dirinya mengaku cinta dengan Honda Civic ini karena bentuk bodinya terlihat sport yang cocok untuk dimodifikasi. "Selain bentuknya lebih sport, gua juga memang suka dengan mobil bergenre sedan. Untuk itu gua milih Honda Civic FD ini," buka perbincangan Renald kepada tim BX.

Dengan mengusung tema 'StreetRacingAntiMainstream,' tampilan yang terlihat standar kini tak ada lagi di mobil lansiran 2007. Modifikasi yang dilakukan meliputi bagian eksterior, interior maupun jantung pacu.

"Namanya udah cinta sama modifikasi, tampilan yang gitu-gitu aja pasti akan bosan. Karena dari dulu gua emang sudah suka dengan modifikasi. Tak hanya mobil, motor pun waktu dulu gua modifikasi," timpalnya.

Sebelum memulai proses modifikasi, Renald berseluncur terlebih dahulu di dunia maya untuk mencari referensi. Langkah ini menurutnya sangat penting, karena Renald tidak ingin mobilnya sama dengan modifikator lain, alias antimainstream. "Ketika gua cari di internet, nah yang cocok untuk mobil gua ini alirannya streetracing," sambungnya.

Baginya aliran streetracing cocok FD miliknya yang sudah terlihat sport banget. Tapi modifikasi yang dilakukan masih memperhatikan sisi kenyamanan, walaupun tampilan mobilnya agak sedikit racing. "Nyaman diajak ngebut namun tetap nyaman dari sisi safety-nya," tambahnya.

Ekterior

Honda Civic ini terlihat lebih 'galak' namun tidak meninggalkan sisi sporty yang terlihat begitu manis berkat seluruh body yang memakai bahan dari serat karbon mulai dari bodykit, fender, uppercarbody, hingga bagian atap. Di bagian belakang, wing merek Voltek style juga berbahan dasar serat karbon agar memperkental tampilan sport.

"Yang paling menarik bodykit gua usung punya Civic GT, karena model ini jarang banget yang pakai di jalanan. Kebanyakan orang pakai bodykit dengan model pada umumnya," katanya. Untuk desainnya sendiri, Renald menyontek dari salah satu rumah modifikasi yang ada di Thailand.

Renald melanjutkan, bodykit tersebut tidak mainstream, bahkan tidak banyak orang yang memakai body kita seperti ini. Udah gitu agar lebih manis lagi, bodykit ini berbahan serat dari serat carbon. "Mobil ini gua modif bukan untuk kontes saja, tetapi juga bisa buat harian dan ketika di jalan jarang orang yang punya. Mainstream, tapi ga lebay," tambahnya.

Interior

Sesuai dengan konsep utamanya streetracing.  Untuk itu, lanjut dia, Renald mengorbankan kaca anti matahari. "Karena kebanyakan setau gue kalau aliran mobil racing jarang sekali memakai kaca anti matahari," ungkapnya.

Kemudian jok depan yang orisinil juga dibongkar dan dipasangkan dengan merek Bridge lowmack bucket dua buah yang dipadukan dengan safetybelt Takata 4 titik. Tak hanya bagian eksterior yang mendapatkan sentuhan carbon, tapi beberapa komponen di bagian kabin seperti dashboard, shiftknob, doortrim dilapis dengan bahan serat karbon.

"Yang gua bilang sebelumnya mobil gua anti mainstream jadinya gua mau tampil beda dengan yang lain. Walaupun gua pasang dari serat karbon tapi gua tetap usung sistem keselamatan yang paling penting," kata dia lagi.

Lalu untuk menunjang kenyamanan, rollbar pun tak luput ia pasang sebanyak 6 titik. Untuk memasang rollbar tersebut ia juga harus mengorbankan jok belakang untuk dibuka semua. "Jok belakang gua buka dan kemudian gua tutup dari bahan serat karbon juga. Beberapa komponen lain seperti panel yang kecil pun gua beri nuansa karbon. Pokoknya harus bisa gua lapisi dengan karbon demi harmonisasi streetracing yang gua tuju," beber dia.

Audio

Karena gua suka banget dengan musik, sistem audio juga tak luput mendapatkan perhatian dengan meng-upgrade semua. Untuk headunit-nya dirinya mempercayakan merk Pioneer dualdin, 2 way by sound fabulous.

Kemudian di bagian belakang dipasangkan 2 subwoofer 12 inci P1 rockfordsgate.  "Agar bisa disesuaikan dengan musik musik nge-beat seperti RnB dan musik santai atau melow juga bisa," lugasnya.

Mesin

“Karena aliran gua streetracing otomatis mesin juga harus oke dong. Aliran yang gua tuju lebih ke arah NaturallyAspirated (NA). Yang tadi gua bilang gua orangnya anti mainstream untuk itu gua mengganti beberapa komponen mesin namun tetap mempertahankan mesin aliran NA," singkatnya.

Dirinya mengaku mengganti mesin standar dengan mesin Civic Type R berkode K20A yang dipadu dengan intake Type R, kemudian injector diganti dengan injector Type R, filter K&N dan K&N airbreather. Keunggulan modifikasi di sektor mesin berhasil dibuktikan dengan menjuarai kelas Naturally Aspirated di BlackAuto Battle Jabotabek 2016 dengan raihan tenaga 134,8 horse power. [ddy/timBX]

Spesifikasi Modifikasi

Mobil: Honda Civic Fd 2007

Konsep: Street Racing

Ekterior:Airbrush motif api, Custom body kit Civic GT, wide body, front carbon, hood carbon, fender carbon, door carbon, carbon roof, rear wing carbon

Interior: Lingkar kemudi karbon, dashboard panel carbon, sun visor, back mirror, panel door carbon, jok bridge lowmack bucket seat carbon, rollbar stainless 6 point

Audio: Head unit Pioneer dual din 2 subwoofer P1 rockfordfosgate, 2 wayby sound fabulous, spiderblitz analogpower and 5:1 channel.

Kaki kaki: Velg Rays Gramlights Ring 18 5x114 et 30 made in Japan, ban Toyo T1R 225/40/18.

Engine: Swap K20A Civic type R, intake type R, injector 310 type R, ThrottlebodyAccord Euro R cl9, K& N filter, custompipefilter, carbonfilter, fusecover & ecucover

Tags :

#
modifikasi honda civic fd,
#
street racing anti mainstream,
#
street racing,
#
modifikasi honda civic,
#
mobil modifikasi,
#
modifikasi mobil,
#
honda civic 2007