MENU
icon label
image label
blacklogo

Maksimalkan Kinerja Mesin All New Fortuner TRD Sportivo Melalui Tune Provis

AUG 29, 2018@11:45 WIB | 1,316 Views

Tenaga mesin meningkat hingga 30-40 persen

All New Fortuner, rupanya menjadi runner up SUV Toyota  terlaris, selama kuartal pertama 2018. Alasannya mesin diesel 2400 cc ini selain kaya fitur, juga memiliki daya 150 Hp dan torsi 400 Nm, dilengkapi paddle shifter dan transmisi yang ringan serta mengusung gaya offroad 4x2. Data Gaikindo menunjukkan all New Fortuner telah dipinang oleh customer sebanyak 6.383 unit  selama kurun Januari hingga April 2018. Tingginya penjualan SUV ini di Indonesia kemudian tidak hanya membuat Toyota mati langkah dalam pengembangan produknya. Tak lama kemudian, dirilislah All New Fortuner TRD Sportivo dengan daya 150 Hp dan torsi 400 Nm. 

Perlu diketahui BlackPals, All New Toyota Fortuner TRD Sportivo sudah tidak lagi menggunakan mesin diesel lamanya. Ini terbukti kode mesin GD telah menggantikan mesin lama yang berkode KD. Mesin diesel 2.4 liter, 4 silinder inline, DOHC, VNT intercooler mampu memberikan dorongan tenaga 150 hp pada putaran mesin 3400 rpm. Sedangkan torsi 400 Nm pada putaran 1600-2000 rpm. Artinya tenaganya cukup besar di putaran rendah dan cukup berguna di jalanan menanjak atau medan offroad sekalipun.

Nah BlackPals, segmen Auto Jurnal kali ini akan  membahas bagaimana tune up mobil diesel, sehingga mampu menambahkan power dan tingkat efisiensi kinerja mesin. Bersama narasumber Ayatullah dari Provis Auto Lab, tim Blackxperience.com akan mengupas bagaimana proses tuning mesin diesel Toyota Fortuner ini.

All New Fortuner TRD Sportivo sebagai SUV gaya adventure tentunya siap menghadapi segala macam medan yang sulit sekalipun. Permasalahannya ketika explore suatu daerah banyak pengguna yang tidak mendapati BBM seperti pertamina Dex, Dex Lite di daerah. Kondisi ini menyebabkan mereka mengisi Bio Solar sebagai penggantinya. Image bagi pengguna selanjutnya, mobilnya berasa kurang power saat throttle diinjak, atau saat menghadapi tanjakan curam.

Melalui Tune Up Provis yang dilakukan bengkel Provis di Rengas, Ciputat Timur. Tim Blackxperience.com mencoba menggali informasi terkait tuning mobil Fortuner, untuk meningkatkan performa mesinnya, meski hanya menggunakan bio solar sekalipun. Karena yang perlu BlackPals ketahui, Provis memiliki divisi khusus kemudian dibentuk setiap varian brand, apakah itu eropa atau asia bahkan USA.

"Tune Up Provis itu upaya peningkatan kinerja mesin, melalui teknis mekanikal, dengan membuka silinder head, dan diterapkan formula tuning. Secara kinerja pekerjaan kita memang bukan porting and polish, namun dikerjakan dengan formula khusus," tutur Dayat sapaan akrab Ayatullah, 38 tahun tersebut kepada Blackxperience.com.

Jadi BlackPals tidak perlu lagi khawatir dengan jika menggunakan Bio Solar menyebabkan kandungan sulfur tinggi dan bau tajam dari pembuangan knalpot."Kadar emisi mobil diesel seperti Fortuner tidak berubah, performance tetap, bahkan bertambah sekitar 30-40 persen. Karena itu kami punya formula khusus tanpa menambahkan part, dan tetap bisa menggunakan BBM biasa. Hasilnya efisiensi kinerja mesin bertambah dan konsumsi bahan bakar irit, bila dibanding sebelum di tuning," jelas Dayat yang membutuhkan waktu 7 hari pengerjaan.

Dengan budget yang diperlukan sekitar Rp4-20 jutaan. Tenaga mesin yang telah ditune Provis meningkat hingga 30-40 persen. Performa mesin meningkat secara merata dari putaran bawah  hingga putaran atas.

Nah lebih detailnya, ketika BlackPals  datang dengan Fortuner Diesel. Pihak Provis Auto Lab akan melakukan pengecekan/flash pada saluran radiatornya, apakah terjadi kebocoran. Karena mesin diesel tidak bisa diukur dengan alat penghitung kandungan karbon. Kemudian bagian busi dibuka, dan busi pemanasnya. Dari titik ini pihak engineer bisa bisa mengukur kompresi. 

Step selanjutnya baru, dilakukan pembukaan pada silinder head. Silinder head dicuci hingga bersih, kemudian baru proses formulasi tune provis di lab. Setelah itu, silinder dikembalikan secara original dan part originalnya. Beranjak ke proses selanjutnya pada pengecekan kompresi dan mesin dinyalakan hingga beberapa jam. Tim Provis mengecek kembali secara manual apakah ada kebocoran, sirkulasi air apakah berkurang, dan temperatur mesin. 

Prose selanjutnya, All New Fortuner TRD Sportivo baru masuk tahap reset melalui x-tool, sebagai tahap akhir. "Langkah ini untuk mendeteksi apakah komponen yang dibuka, socket dan meski lampu engine dalam keadaan normal sekalipun. Hal ini dilakukan juga untuk menghilangkan jejak rekam pada memori dan tentunya menjaga garansi mesin Anda," tutur Dayat.

BlackPals, mobil All New Fortuner Anda telah siap digunakan. Dayat juga menganjurkan penggunaan Dastek untuk menambah kinerja mesin saat tanjakan curam misalnya. Ranah Tune Provis disini lebih ke mekanikal, dan penggunaan dastek menurut Dayat lebih membantu ke kinerja elektrikal. Setelah itu mobil Fortuner diesel Anda bisa digunakan hingga jarak 200 km, dan seperti biasa setelah penggunaan tersebut, harus dicek ulang kondisi mesinnya.

Bengkel Provis telah running belasan tahun. Stevanus Jasin sang pendiri Provis Auto Lab menyampaikan penemuan formula tuning ala Provis telah dipatenkan ke Dirjen HAKI.  Formula tersebut bisa digunakan secara general ke semua merek mesin yang berbasis 4 silinder.  "Setiap varian produk kami memiliki teknisi khusus. Seperti brand Range Rover misalnya untuk tuning sudah bisa menggunakan chemical, dengan memasukan cairan tersebut ke ruang bakar, baru kemudian di scan dan hasilnya luar bisa," tutup Lutfi mengiyakan adanya produk-produk seperti Ravenol dari Jerman dan Prodigy dari USA yang sesuai dan mendukung pola tuneProvis.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
auto mods,
#
auto jurnal,
#
all new fortuner diesel,
#
trd sportivo,
#
provis auto lab