MENU
icon label
image label
blacklogo

Kaleidoskop 6 Mobil Modifikasi Terbaik 2019

JAN 08, 2020@18:30 WIB | 3,186 Views

Tahun 2020 datang seiring dengan target pertumbuhan otomotif diangka 1,1 juta unit dirasa cukup rasional untuk saling berbagi kue diberbagai kelas oleh beberapa manufaktur. Namun sektor dunia modifikasi adalah industri turunan sebagai second layer dibalik renyahnya market otomotif roda empat di tanah air. Selama tahun 2019 kemarin, tim Blackxperience.com berhasil mengumpulkan 24 mobil modifikasi yang telah kami liput. Dan kami berhasil merangkumnya menjadi 6 pilihan mobil dengan modifikasi terbaik.

6. Mitsubishi EVO-MR VIII – 500 Hp

Mitsubishi Evolution VIII lansiran tahun 2004 dimiliki oleh bro Dimas. Gaya street racing dipilih Dimas  karena memang inline dengan genetika EVO sendiri. Selain gaya sektor performance cukup penting baginya. Mesin  4G63 berkubikasi 2000 cc menghasilkan 276 hp tak cukup gahar untuk dilintasan. Dimas mengupgrade internal mesin dari piston, poros engkol, crankshaft hingga stang piston dari brand Cosworth Inggris.

Tenaga yang dihasilkan melonjak menjadi 500 hp didukung dengan turbo Owen GTX35 dikombinasikan dengan header full race dan exhaust JIC Magic Titanium membuat mobil suara yang dihasilkan cukup ekstrim. Modifikasi yang dikejar Dimas adalah modifikasi yang proper, meski speknya buat rally, namun tetap masih layak dibuat untuk daily. “Karena Mobil dengan kemampuan dual alam itu penting,” menurut Dimas dengan total modifikasinya mencapai Rp500 jutaan.

5.  Audi A4 RS5 – 530 HP

Tidak mudah bagi Leonardo mewujudkan cita-citanya. Audi A4 miliknya butuh 3 tahun untuk memasang mesin RS5, butuh tenaga ahli dari luar negeri untuk memasang mesin RS5 plus penggerak four wheel drive. “Spend a lot of money  just to swap RS5, but this modification is some thing different,” tutur Leonard menirukan gaya teknisi Audi.  Pekerjaan paling berat baginya adalah memasang kaki-kaki dan part performance yang membutuhkan waktu hingga 10 hari, termasuk mengganti transmisi dan axle untuk mendukung four wheel drive.

Selain mesin dan kaki-kaki, pengerjaan Audi A4 milik Leonardo mengusung tema street racing yang cukup mewah. Hampir semua eksterior difinishing karbon mulai dari lips, grille, hood, roof hingga ke ducktail. Begitu juga dengan interior, yang semuanya mengadopsi milik Audi RS5.  Nuansa sporty juga didukung penggunaan jok Recaro Sportster Special Edition. Belum lagi modifikasi audionya bertema Sound Quality menggunakan part dari Ground Zero menghabiskan kocek ratusan juta. Keoptimisan Leonardo membawanya ke arena BlackAuto Battle yang digelar di GBK Jakarta pada 5-6 Oktober 2019 kemarin, dan menyabet sebagai First Runner Up Champ.

4. Ford Falcon Akasia Motor -  230 wHP

Mobil modifkasi kali ini bertema muscle car. Ya sebuah Ford Falcon yang  telah diswap engine  menggunakan mesin V8 Smallblock 5000cc garapan bengkel Akasia Motor. Mobil ini telah dua kali mengikuti final BlackAuto Battle 2018 di Surabaya sebagai First Runnerup The Master, dan final BlackAuto Battle 2019 di Yogyakarta menyabet sebagai The Champ dan The Master. Pasalnya modifikasinya berhasil melakukan rubahan hingga 90 persen.

Perubahan dari hood, over fender, air scoop, roof dibikin lebih fastback, hingga ke kaki-kaki. Bagian intake mesin menggukan Edelbroke 8 barrel, dengan transmisi khusus C4AT dan penggunaan gardan C4 untuk kompetisi. Performa mesin diwakili menggunakan knalpot kustom dengan pola 4-1-2 yang cukup garang. Sedangkan pilihan cat cameleon berbahan House of Colors cukup serasi dengan warna velg 19 dan 20 inci yang sama-sama dipesan khusus dari Amerika Serikat. Gaya Hotrod dan Muscle Car dipertajam dengan penggunaan roolbar 4 titik.

"Dengan tampilan simple dan minimalis dibangun cukup hati-hati untuk masuk ke gaya retro dan hotrod, serta menjaga tampilan mobil tetap good looking.Itu yang paling sulit, karena perlu diskusi panjang dengan tim Akasia Motor," ujar Indra salah satu punggawa Akasia Motor.

3. Nissan GTR-R34 Z Tune -  500 hp

Selain Audi A4 Swap to RS5, tim BlackXperience.com juga sempat meliput sebuah Nissan R34 menggunakan mesin hasil tuning Nismo yang cukup jarang di dunia. Tercatat mesin Nismo R2 adalah mesin yang diproduksi hanya belasan unit saja di dunia oleh Omori  dan bengkel modifikasi performance Nismo dibawah bendera Nissan sebagai induknya.

Mesin Nismo R2 menghasilkan tenaga hingga 500 hp, hasil penembangan mesin Z2 yang sudah diregenerasi menjadi R2, dengan mengganti camshaft, valve dan piston dengan spek khusus Nismo. Sedangkan transmisinya mengadopsi BNR34 GT-R 6 percepatan. Sektor kenyamanan dibekali suspense Ohlins DPV adjustable 2 way. Penggunaan velg Nismo LM GT4 Omori Spec berpadu dengan caliper Brembo. Hampir semua partnya telah diupgrade ke Nismo, termasuk bumper depan. Kecintaan Dimas akan dunia modifikasi ditunjukkan dengan budget modifikasi yang sudah seharga mobil R-34. Dimas sang owner cukup puas dengan modifikasi untuk R-34 miliknya, yang digawangi langsung oleh bengkel XS Automotive.

2. Civic FD 2011 Mugen Look

Terlepas dari tampilan mobil-mobil dengan modifikasi gahar.  Tim Blackxperience.com juga pernah menanyangkan modifikasi bodykit Honda Civic FD yang kental dengan nuansa karbon. Byan sang owner bukan sosok modifikator. Namun dalam perjalannya, ia telah memproduksi beberapa part bodykit berbahan karbon yang diproduksi dibawah payung 8mentgarage. Gaya Civic FD yang JDM tampil seperti dengan gaya street racing look. Byan mengaku, konsep yang ingin dibangun adalah daily proper, namun semangat untuk membangun mobil cukup diacungi jempol, hanya berkat kemampuan menggunakan program 3D guna menghasilkan part yang benar-benar presisi.

1.Toyota Hilux VNT 250 Hp

Toyota Hilux banyak diminati sebagai mobil tangguh di medan offroad. Modifikasi yang dianut adalah baja offroad sebuah kompetisi offroad di luar negeri yang bisa memakan waktu berjam-jam bahkan seharian. Memadukan speed dan kemampuan bermain di berbagai medan, atas dasar itulah bengkel aksesoris Banteng Mas memodifikasi Toyota Hilux ini.

Sektor mesin tak banyak di modifikasi kecuali remap ECU dan planning untuk menambahkan GTurbo. Tenaganya diperkirakan sudah mencapai 250 hp, tapi sayang kami tidak mendapati kemampuan offroad di medan yang sesuai. Namun secara spesifikasi undercarriage, sebenarnya sudah memenuhi spek kompetisi. Penggunaan suspensi Old Man Emu BP-51 satu dari suspense di ajang balap offroad. Ditambah dengan arm merek Total Chaos, velg special order, dan crank bumper dari Rival. Selain itu telah ditambahkan sidestep elektrik buatan TRD, winch dan lampu tembak dari Rigid Industri. Ikuti terus perkembangan modifikasi tanah air hanya di automods Blackxperience.com.[Ahs/timBX]

Tags :

#
automods,
#
modifikasi mobil,
#
nissan gtr-r34,
#
audi a4-rs5,
#
ford falcon,
#
hilux offroad,
#
honda civic fd,
#
mitsubishi evo mr viii