MENU
icon label
image label
blacklogo

Broadtracker Yamaha XS650 - Angkat Eksotisme Indonesia

NOV 03, 2016@14:45 WIB | 3,133 Views

Bak sebuah motor yang dilahirkan dari salah satu istana kerajaan di Nusantara. Itulah kesan pertama yang kami dapat manakala sesi pemotretan untuk Automods BlackXperience kali ini.

Motor tersebut sejatinya merupakan karya dari Baru Motor Sport (BMS). Namun tuner yang bermarkas dibilangan Jakarta Barat itu coba keluar dari pakem modifikasi yang ada. Mereka menonjolkan nilai budaya bangsa Indonesia dalam sebuah wujud modifikasi motor bergaya broadtracker.

Yamaha XS 650 lansiran tahun 70-an ini telah dirombak total menjadi motor berkonsep broadtracker. Konsep yang booming ditahun 70-an sebagai embrio balap MotoGP. Dalam membangun motor tersebut, konsep digarap secara detail oleh bengkel yang dinahkodai oleh Ariawan Wijaya itu. Butuh waktu sekitar 8,5 bulan untuk membangun motor ini sampai finishing.

Pengerjaan relief atau grafis pada motor ini, Ari melibatkan seorang seniman grafir dari Yogyakarta.

"Konsep kami kirimkan lewat email kemudian semua detail grafir dikerjakan oleh sang seniman. Ada gambar Candi Borobudur dibagian tangki dan bagian blok mesin. Selebihnya grafir bermotif Bunga Padma dan Bunga Sulur dibagian buritan dan headlamp," tutur Bung Ari kepada Blackxperience.

Ia melanjutkan hampir tak ada yang tersisa dari Yamaha XS 650. Semua full custom, mulai dari rangka, sasis, tangki, jok, headlamp, stang dan handgrip, suspensi depan-belakang, buritan dan knalpot. Selain elemen metal, ada empat bagian yang menggunakan bahan kayu Gaharu. Yakni handgrip, footstep, dan tuas kopling.

Sementara keseluruhan bodi dilebur dengan mengkombinasikan warna gold dan putih. BMS mencoba keluar dari kiblat colouring modifikasi yang banyak menggunakan warna hitam dan merah. 

Selanjutnya proses pengerjaan bagian kaki-kaki yang menggunakan ban firestone menggunakan ring 21 inci. Sedangkan cakram depan dan belakang juga dibentuk custom. Kombinasi velg, ban dan cakram ini menambah sisi eksotis motor.  

Sisi mesin tidak banyak mengalami perubahan. Hanya aksesoris berupa balutan grafir dibagian corong karbu, tutup klep, blok mesin. Untuk bagian custom knalpot demi menambah suara mesin menggelegar. [Ahs/TimBx]

Spesifikasi:

Motor : Yamaha XS 650 1974
Tema : Broadtracker
Mesin : Bore x Strok 75 x 74mm, Compression Ratio 8.4:1, 2 karburator Mikuni, Transmission 5-Speed
Kaki-kaki : Suspensi depan Telescopic, suspensi belakang Swinging fork, disk brake 267mm 1 piston calipers, ban depan 3.50-19-21", ban belakang 4.00-18-21"
Sasis : Full Custom
Bodi : Full custom, grafir Borobudur, Bunga Padma, Bunga Sulur